Hide Menu

Toyota Fortuner Manual vs Automatic Bagus Mana? Temukan 5 Perbandingannya di Sini!

Pembahasan Tentang Perbandingan Toyota Fortuner Manual vs Automatic Berdasarkan 5 Aspek. Yuk, Simak!

Artikel Toyota Fortuner Manual vs Automatic ini diposting diperbarui
7 Pembaca
Like
Toyota Fortuner Manual vs Automatic 2024
© freepik.com

Toyota Fortuner Manual vs Automatic, Bagus Mana?

Toyota Fortuner Manual vs Automatic, Bagus Mana?
freepik.com

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil yang menghadirkan berbagai segmen mobil di pasar otomotif Indonesia dari SUV, MPV, Hatchback, Sedan, dan Commercial. Produk mobil dari Toyota ini contohnya Kijang Innova Reborn, Kijang Inova Zenix HEV, Vellfire, Rush GR Sport, Rush TRD Sportivo, Land Cruiser, dan banyak lagi.

Setahun belakangan, pabrikan mobil Toyota meluncurkan mobil dari segmen SUV alias Sport Utility Vehicle bernama All New Fortuner. Mobil SUV New Fortuner ini pun tersedia menjadi tiga model, yaitu G Type, VRZ Type, sampai GR Sport Type. Nah, dari ketiga model ini terbagi lagi menjadi 7 varian, di antaranya:

Model Toyota Fortuner Terbaru

G TypeVRZ TypeGR Sport Type
  • 4×2 2.4 G MT DSL
  • 4×2 2.4 G AT DSL
  • 4×2 2.8 VRZ AT DSL
  • 4×2 2.7 GR Sport AT
  • 4×2 2.8 GR Sport AT
  • 4×4 2.8 GR Sport AT
  • 4×4 2.8 GR Sport AT (Two Tone)

Semua model mobil SUV dari 3 varian Fortuner ini menggunakan jenis transmisi otomatis alias matic. Hanya model Fortuner G Type yang tersedia dalam transmisi otomatis dan transmisi manual. Lantas, apa perbedaan antara Toyota Fortuner manual vs automatic dari model G Type? Artikel ini akan menunjukkannya pada Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Toyota Fortuner Manual vs Automatic - Terbaru 2024

Sebelum Anda mengetahui perbedaan Toyota Fortuner Manual vs Automatic, ada satu hal yang harus Anda ketahui. Pada dasarnya, beda Fortuner G matic dengan manual hanya terletak pada jenis transmisinya saja. Selain itu, dua mobil buatan Toyota ini punya banyak kesamaan, mulai dari spesifikasi, ukuran dimensi, tipe mesin, kubikasi, sistem penggerak, sampai kapasitas tangki bahan bakar.

Adapun perbedaan antara dua mobil SUV ini terletak pada aspek kenyamanan, akselerasi, sistem pengereman, konsumsi bahan bakar, dan harga. Berikut adalah penjelasannya!

1
Kenyamanan

Toyota Fortuner Otomatis atau Matic Lebih Mudah Digunakan, Gak Perlu Pindah-Pindah Kopling

Kenyamanan

2
Akselerasi

Akselerasi Toyota Fortuner Manual Lebih Andal

Akselerasi

3
Sistem Pengereman

Tidak Jauh Berbeda, Dua-duanya Punya Performa Pengereman yang Bagus

Sistem Pengereman

4
Konsumsi Bahan Bakar

Fortuner Manual Lebih Hemat Bahan Bakar daripada Fortuner Matic

Konsumsi Bahan Bakar

5
Harga

Lebih Mahal Toyota Fortuner Matic, Fortuner Manual adalah Pilihan yang Lebih Murah

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Toyota Fortuner Otomatis atau Matic Lebih Mudah Digunakan, Gak Perlu Pindah-Pindah Kopling
© freepik.com
1
Toyota Fortuner Otomatis atau Matic Lebih Mudah Digunakan, Gak Perlu Pindah-Pindah Kopling

Kenyamanan

Rekomendasi kami

Bicara tentang kenyamanan, Fortuner G matic dan manual sebenarnya sama-sama nyaman digunakan untuk melintasi berbagai jalanan kota. Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Puja. P (2016) bahwa mobil Toyota Fortuner sangat mengutamakan aspek kenyamanan untuk penggunaan di jalan perkotaan.

Hanya saja, jika Anda baru bisa mengemudikan mobil, Fortuner matic adalah pilihan yang paling tepat. Pasalnya, sistem transmisi otomatis dari mobil ini dapat memudahkan Anda mengemudikan dan mengendalikan mobil Fortuner di jalanan perkotaan yang padat lalu lintas.

Dalam kata lain, dengan mobil Toyota All New Fortuner matic, Anda tidak perlu repot-repot menginjak ataupun melepas tuas kopling untuk meningkatkan maupun menurunkan kecepatan mobil.

Di samping aspek kenyamanan penggunaan, Fortuner G AT dan MT sama-sama memberikan kenyamanan lewat aspek interior dan eksterior. Terlebih lagi, keduanya tidak memiliki perbedaan dalam hal interior dan eksterior. Berikut adalah detail interior dan eksterior dari Fortuner G matic dan Fortuner G manual.

Desain Interior dan Eksterior Fortuner G AT dan MT

PerbandinganFortuner G ATFortuner G MT
Panjang4,795 mm4,795 mm
Lebar1,855 mm1,855 mm
Tinggi1,835 mm1,835 mm
Jarak Sumbu / Wheelbase2,745 mm2,745 mm
LED HeadlampAdaAda
Lampu KabutAdaAda
Head Unit Display9-inch9-inch
Akselerasi Toyota Fortuner Manual Lebih Andal
© freepik.com
2
Akselerasi Toyota Fortuner Manual Lebih Andal

Akselerasi

Lanjut ke perbedaan Toyota Fortuner manual vs automatic yang kedua yaitu akselerasi. Dalam aspek akselerasi, bisa dikatakan bahwa Fortuner manual itu lebih unggul daripada Fortuner automatic. Hal ini karena adanya perpindahan kopling dari mobil Fortuner manual membuatnya andal untuk melewati berbagai medan jalanan, terutama jalanan menanjak.

Kendati demikian, baik Fortuner AT maupun Fortuner MT keduanya dibekali dengan tipe mesin dangan isi silinder yang sama, yaitu 2 GD FTV 4 Silinder Segaris dengan VNT Intercooler 2,393 cc. Bahkan, daya dan torsi maksimum dari kedua mobil SUV ini juga sama seperti yang ditunjukkan tabel di bawah.

Mesin Toyota Fortuner AT dan MT

MesinToyota Fortuner ATToyota Fortuner MT
Tipe Mesin2 GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler2 GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler
CC Fortuner / Isi Silinder2,393 cc2,393 cc
Daya Maksimum (ps/rpm)149.6/3,400149.6/3,400
Torsi Maksimum (kgm/rpm)40.8/1,600-2,00040.8/1,600-2,000
Tidak Jauh Berbeda, Dua-duanya Punya Performa Pengereman yang Bagus
© freepik.com
3
Tidak Jauh Berbeda, Dua-duanya Punya Performa Pengereman yang Bagus

Sistem Pengereman

Karena penggunaan transmisi yang berbeda, otomatis Fortuner G AT dan G MT juga memiliki perbedaan dalam aspek sistem pengereman. Jika dilihat dari aspek ini, tim Otopapa bisa simpulkan bahwa performa pengereman Toyota Fortuner G dengan transmisi manual lebih unggul daripada Fortuner matic.

Meski begitu, pabrikan Toyota telah membekali Fortuner G AT dengan berbagai sistem pengereman canggih untuk memaksimalkan performa pengereman dari mobil SUV matic ini. Dengan kata lain, mau itu manual atau matic, Fortuner G Type sama-sama punya sistem pengereman yang bagus.

Tidak hanya fitur pengereman, dua mobil SUV ini juga sama-sama dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan yang canggih. Berikut adalah fitur-fiturnya.

Fitur Keselamatan Toyota Fortuner G AT dan MT

  • Hill Start Assist (HSA)
  • Emergency Brake Signal (EBS)
  • Traction Control (TRC)
  • Vehicle Stability Control (VSC)
  • Trailer Sway Control
  • Automatic Traction Control (A-TRC)
  • Airbag Penumpang Depan
  • Crash Sensor
  • Sensor Parkir

Fitur Kenyamanan Toyota Fortuner G AT dan MT

  • Adaptable Auto A/C with Dual Zone
  • Progressive 9″ Head Unit Display
  • Advanced Odometer with Integrated MID
  • Automatic Climate Control
  • Drive Mode System
  • Electro-chromic Rearview Mirror
Fortuner Manual Lebih Hemat Bahan Bakar daripada Fortuner Matic
© freepik.com
4
Fortuner Manual Lebih Hemat Bahan Bakar daripada Fortuner Matic

Konsumsi Bahan Bakar

Rekomendasi kami

Konsumsi bahan bakar menjadi aspek keempat yang membedakan Toyota Fortuner manual vs automatic. Sama seperti kendaraan matic lainnya, konsumsi bahan bakar dari Fortuner matic alias AT umumnya lebih boros daripada Fortuner MT atau manual.

Meski begitu, kedua mobil SUV buatan Toyota ini sama-sama menggunakan jenis bahan bakar, sistem bahan bakar, dan kapasitas tangki yang sama. Berikut adalah detailnya.

Bahan Bakar Toyota Fortuner G AT dan MT

PerbandinganToyota Fortuner G ATToyota Fortuner G MT
Jenis BBM FortunerDieselDiesel
Sistem Bahan BakarCommon Rail Fuel InjectionCommon Rail Fuel Injection
Kapasitas Tangki Bahan Bakar80 L80 L
Lebih Mahal Toyota Fortuner Matic, Fortuner Manual adalah Pilihan yang Lebih Murah
© freepik.com
5
Lebih Mahal Toyota Fortuner Matic, Fortuner Manual adalah Pilihan yang Lebih Murah

Harga

Perbedaan terakhir antara Toyota Fortuner manual vs automatic ada pada harganya. Dalam hal ini, Fortuner automatic alias matic punya harga yang jauh lebih mahal ketimbang Fortuner manual sekitar 10 sampai 20 juta rupiah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah harga All New Fortuner G MT dan AT.

ModelHarga
Toyota Fortuner G Type MTRp. 570.200.000,00
Toyota Fortuner G Type ATRp. 587.800.000,00

Perlu untuk Anda ketahui bahwa harga di atas adalah harga terbaru dari Fortuner G MT dan AT di tahun 2024. Sementara untuk harga Fortuner G-Type keluaran tahun 2021, 2022, dan 2023 biasanya lebih murah, sekitar 300 juta rupiah sampai 400 juta rupiah.

Tanya Jawab Seputar Toyota Fortuner Manual vs Automatic

Di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan populer tentang perbedaan Toyota Fortuner manual vs automatic. Silakan cek!

Fortuner apakah matic atau manual?

Ada tiga varian Toyota Fortuner yang bisa Anda pilih, yaitu G Type, VRZ Type, dan GR Sport Type. Untuk varian VRZ Type dan GR Sport Type, semua model mobilnya menggunakan transmisi otomatis alias matic. Sementara itu, untuk varian G Type, model yang tersedia adalah matic dan manual.

Apakah Fortuner kuat nanjak?

Sangat kuat. Sebagai mobil dari segmen SUV, Toyota Fortuner sangat andal untuk bergerak di berbagai medan jalanan, termasuk jalanan tanjakan.

Apakah Fortuner menggunakan transmisi CVT?

Jawabannya iya. Kebanyakan model Toyota Fortuner terbaru sudah menggunakan transmisi CVT alias otomatis. Namun di pada beberapa varian, Fortuner tersedia dalam transmisi manual.

Fortuner 2.4 pakai mesin apa?

Semua varian Toyota Fortuner 2.4 G AT dan MT menggunakan mesin 2GD FTV, In-Line 4 Cylinders, 4 Valve, DOHC, dan VNT Intercooler.

Fortuner 2.8 pake mesin apa?

Di varian terbaru dari Toyota Fortuner 2.8, mesin yang digunakan adalah 1GD FTV, In-Line 4 Cylinders, 4 Valve, DOHC, dan VNT Intercooler.

Berapa cc Fortuner?

Tergantung dari modelnya, cc mobil Fortuner itu berbeda-beda. Untuk varian G Type, cc Fortuner adalah 2,393 cc. Sementara untuk cc mobil Fortuner pada varian VRZ dan GR Sport adalah 2,755 cc.

Fortuner tipe apa yang ada sunroof?

Tipe Fortuner yang dilengkapi dengan sunroof hanya ada pada varian VRZ dan GR Sport. Sementara mobil Fortuner G tidak memiliki sunroof.

Fortuner gen pertama tahun berapa?

Generasi pertama dari Toyota Fortuner ini rilis pada tahun 2005, 2012, sampai 2014. Sementara untuk Fortuner gen 2 hadir di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2016 yang masih eksis bahkan pada tahun 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, dan 2023.

Kesimpulan: Toyota Fortuner Manual vs Automatic

Demikian akhir pembahasan tim Otopapa tentang perbedaan Toyota Fortuner manual vs automatic. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara Fortuner dengan transmisi manual dan Fortuner dengan transmisi matic. Pasalnya, dua model mobil ini memiliki spesifikasi yang sama persis.

Meski begitu, Toyota Fortuner manual dan matic memiliki perbedaan dalam aspek kenyamanan, akselerasi, sistem pengereman, konsumsi bahan bakar, dan harga. Di antara dua model mobil Fortuner ini, manakah yang akan Otopaps pilih? Apakah itu Fortuner matic atau Fortuner manual? Coba kasih tahu tim Otopapa dengan komen di bawah, ya.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo