Hide Menu

Bingung Pilih Pajero atau Fortuner Bekas? Lebih Bagus Mana? Ini Dia 3 Aspek Perbedaannya!

Komparasi Lengkap dari Pajero atau Fortuner Bekas Berdasarkan Performa, Kemudahan Perawatan, dan Harganya

Artikel Pilih Pajero atau Fortuner Bekas ini diposting diperbarui
82 Pembaca
Like
Pilih Pajero atau Fortuner Bekas 2024
© freepik.com

Pajero Sport vs Fortuner, Pilihan Mobil SUV Bekas Terbaik di Indonesia

Pajero Sport vs Fortuner, Pilihan Mobil SUV Bekas Terbaik di Indonesia
freepik.com

Segmen mobil SUV bekas di Indonesia memang selalu diminati oleh banyak pecinta otomotif. Hal ini wajar mengingat performa mobil bermesin diesel ini andal, mulai dari spesifikasi yang mumpuni, mesin bertenaga, dimensi besar, ground clearance pas, kemampuan jelajah yang besar, hingga jok nyaman.

Di samping itu, mobil bekas dari segmen Sport Utility Vehicle (SUV) atau mobil dakar banyak sekali pilihannya. Namun jika berbicara tentang mobil SUV, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner adalah dua merk yang paling banyak dicari oleh orang-orang Indonesia di pasar mobil bekas. Apakah Anda adalah salah satunya?

Nah, jika Otopaps sedang mencari mobil dakar second dan bingung pilih Pajero atau Fortuner bekas, maka artikel ini akan membantu Anda. Lewat artikel singkat ini, tim Otopapa akan menunjukkan perbedaan mobil SUV Pajero dan Fortuner bekas berdasarkan performa, kemudahan perawatan, dan harga. Yuk, simak!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Pilih Pajero atau Fortuner Bekas - Terbaru 2024

Dijelaskan oleh RK Anjasmara (2019) pada penelitiannya bahwa mobil SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil penumpang dengan performa tinggi berkat penerapan ground clearance yang tinggi dan sistem roda penggerak yang cakap. Itulah alasan yang mendasari SUV mampu melibas semua kondisi jalanan, baik yang mulus maupun jalanan offroad.

Fakta di atas menjadi alasan kuat kenapa mobil dakar bekas itu masih sangat dicari di pasar mobil Indonesia. Nah, dari semua merk dan model mobil SUV yang tersedia, Pajero Sport dan Fortuner adalah dua nama yang paling banyak peminatnya. Lantas kira-kira, apa saja perbedaan Pajero Sport vs Fortuner bekas? Temukan jawabannya dengan cek poin-poin di bawah.

1
Performa

Tidak Jauh Berbeda, Performa Keduanya Tergantung dari Tahun Keluaran dan Tahun Pemakaian

Performa

2
Kemudahan Perawatan

Lebih Unggul Toyota Fortuner Bekas, Mudah dan Murah Perawatannya

Kemudahan Perawatan

3
Harga

Tidak Jauh Berbeda, Harga Bekas Kedua Mobil SUV Ini Hanya Selisih 5-30 Juta Rupiah Saja

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tidak Jauh Berbeda, Performa Keduanya Tergantung dari Tahun Keluaran dan Tahun Pemakaian
© freepik.com
1
Tidak Jauh Berbeda, Performa Keduanya Tergantung dari Tahun Keluaran dan Tahun Pemakaian

Performa

Rekomendasi kami

Dalam segi performa, kira-kira bagus mana Pajero atau Fortuner bekas? Jawabannya tergantung dari tahun keluarannya dan berapa tahun pemakaian mobil dakar tersebut. Perlu untuk Anda ketahui, Toyota Fortuner keluar pertama kali pada tahun 2005 sementara Mitsubishi Pajero Sport baru keluar pada tahun 2009.

Nah, jika dilihat dari tahun keluarannya, performa mobil SUV Fortuner bekas diklaim lebih bagus ketimbang mobil dakar Pajero Sport bekas. Aspek performa yang tim Otopapa maksud di sini contohnya adalah desain yang tangguh, mesin diesel yang mumpuni, interior yang nyaman, dan irit BBM.

Sementara jika dibandingkan berdasarkan tahun pemakaian mobil, bisa dibilang bahwa performa mobil bekas Pajero Sport lebih unggul daripada Fortuner bekas. Hal ini karena mobil SUV buatan Mitsubishi ini menawarkan lebih banyak keunggulan ketimbang mobil Toyota Fortuner.

Lebih Unggul Toyota Fortuner Bekas, Mudah dan Murah Perawatannya
© freepik.com
2
Lebih Unggul Toyota Fortuner Bekas, Mudah dan Murah Perawatannya

Kemudahan Perawatan

Aspek kedua yang menjadi perbandingan pilih Pajero atau Fortuner bekas ada pada kemudahan perawatannya. Berbicara tentang perawatan, banyak konsumen yang mengatakan bahwa mobil Fortuner bekas lebih mudah dan murah perawatannya ketimbang mobil Pajero Sport bekas.

Jadi, jika Otopaps lagi nyari mobil dakar bekas yang perawatannya mudah dan murah, maka Fortuner bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski begitu, hal ini bukan berarti bahwa mobil bekas Pajero Sport tidak lebih baik daripada mobil bekas Fortuner. Hanya saja, Anda mungkin harus lebih rutin merawatnya.

Tidak Jauh Berbeda, Harga Bekas Kedua Mobil SUV Ini Hanya Selisih 5-30 Juta Rupiah Saja
© freepik.com
3
Tidak Jauh Berbeda, Harga Bekas Kedua Mobil SUV Ini Hanya Selisih 5-30 Juta Rupiah Saja

Harga

Rekomendasi kami

Lanjut ke komparasi Pajero atau Fortuner bekas yang terakhir yaitu berdasarkan harga. Pada aspek ini, kedua mobil dakar tersebut punya harga bekas yang hampir mirip, sekitar 5 juta rupiah sampai 30 juta saja. Berikut adalah perbandingan harga Pajero atau Fortuner bekas berdasarkan tahun keluarannya.

Perbandingan Harga Bekas dari Pajero Sport dan Fortuner

TahunMitsubishi Pajero Sport BekasToyota Fortuner Bekas
2015Rp 230 juta – 290 jutaRp 230 juta – 295 juta
2016Rp 340 juta – 420 jutaRp 320 juta – 370 juta
2017Rp 365 juta – 440 jutaRp 330 juta – 400 juta
2018Rp 365 juta – 440 jutaRp 350 juta – 440 juta
2019Rp 375 juta – 470 jutaRp 360 juta – 470 juta
2020Rp 380 juta – 500 jutaRp 380 juta – 470 juta

Dari tabel di atas, bisa disimpulkan bahwa harga bekas dari mobil dakar Pajero Sport lebih mahal ketimbang harga bekas dari mobil SUV Fortuner. Jadi, jika Anda sedang mencari mobil bekas di harga yang murah, maka mobil Fortuner bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda butuh mobil bekas dengan fitur yang lengkap dan tidak masalah dengan harga yang lebih mahal 5 sampai 30 juta, maka Pajero Sport sangat pantas untuk Anda pertimbangkan. Semua kembali ke diri Anda. Silakan pilih yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Tanya Jawab Seputar Pilih Pajero atau Fortuner Bekas

Perjalanan Anda masih belum selesai Otopaps! Sebelum Anda sampai di akhir artikel dan memutuskan untuk membeli salah satu, baca dulu pertanyaan yang banyak ditanyakan orang-orang tentang komparasi pilih Pajero atau Fortuner bekas. Berikut daftar yang harus Anda tahu:

Yang mana lebih mahal Pajero atau Fortuner?

Kalau berbicara tentang harga baru atau new dari dua merk mobil SUV ini, maka jawabannya adalah Pajero Sport. Di varian tertingginya, harga Pajero Sport bisa menyentuh angka 745 juta rupiah. Sementara varian tertinggi dari mobil SUV Fortuner harganya sekitar 735 juta rupiah.

Berapa pajak kendaraan mobil Pajero Sport?

Pajak kendaraan dari mobil Pajero Sport ini berbeda-beda tergantung dari model dan varian mobil yang Anda gunakan. Semakin tinggi variannya, maka semakin mahal pula biaya pajak yang harus Anda keluarkan. Umumnya, biaya pajak kendaraan mobil Pajero Sport sekitar 7 juta sampai 9 juta rupiah.

Berapa Harga Pajero Sport 2024?

Untuk harga New Pajero Sport 2024 berkisar sekitar 560 juta rupiah sampai 745 juta rupiah.

Pajero pertama kali tahun berapa?

Merk mobil Mitsubishi pertama kali merilis mobil Pajero di Indonesia pada tahun 2009.

Kesimpulan: Pilih Pajero atau Fortuner Bekas

Sebagai penutup, Toyota Fortuner merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang sedang mencari mobil SUV bekas dengan harga yang murah namun performa tetap mumpuni. Sementara itu, jika Anda butuh mobil andal dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, maka Anda bisa memilih Mitsubishi Pajero Sport.

Jadi, setelah Otopaps membaca artikel ini sampai akhir, menurut Anda lebih bagus Pajero atau Fortuner bekas? Jika Anda sudah mengetahui jawabannya, maka segera siapkan budget dan carilah mobil SUV pilihan Anda. Anda bisa mencarinya di situs jual beli mobil bekas terpercaya seperti OLX, Carmudi, dan masih banyak lagi. 

Tetap perhatikan kualitas saat mencari barang second agar Anda tidak tertipu oleh pihak yang nakal. Pastikan bodi dan keadaannya masih sangat bagus untuk Anda gunakan. Jadi, pilihan Otopaps yang mana antara Pajero dan Fortuner? Manapun itu, cepat cari produknya offline atau online dan miliki sekarang! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo