Hide Menu

Mending Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula? Cari Tahu Dulu 3 Kelebihannya di Sini!

Pembahasan Seputar Mobil Matic dan Manual, Mulai dari Perbedaan Hingga Kelebihannya. Simak Terus untuk Mengetahuinya!

Artikel Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula ini diposting diperbarui
9 Pembaca
Like
Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula 2024
© freepik.com/azerbaijan-stockers

Mobil Manual vs Mobil Matic, Lebih Bagus Mana?

Mobil Manual vs Mobil Matic, Lebih Bagus Mana?
freepik.com/standret

Halo sobat Otopaps, bagaimana kabar Anda sekalian? Di kesempatan kali ini, tim Otopapa akan membahas seputar mobil manual dan mobil matic. Apakah sobat Otopaps baru punya kesempatan untuk memiliki mobil? Bingung lebih baik pilih mobil matic atau manual untuk pemula?

Bagaimanapun, baik mobil manual maupun mobil matic memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, supaya Anda tidak salah pilih dan menyesal, maka sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan aspek kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mobil ini saat memilih mobil.

Sekarang pertanyaannya, apa saja kelebihan dan kekurangan dari mobil manual dan mobil matic? Lalu, apa saja aspek yang membedakan kedua tipe mobil ini? Kalau Anda penasaran, simak terus artikel ini. Tim Otopapa akan menampilkan perbedaan dari mobil matic dan manual beserta mana di antara dua tipe mobil ini yang cocok untuk pemula. 

Apa Itu Mobil Manual?

Apa Itu Mobil Manual?
freepik.com/azerbaijan-stockers

Pertama-tama, mari melihat dari segi definisinya. Sebagaimana namanya, mobil manual merupakan jenis mobil yang menggunakan sistem transmisi manual. Di setiap tipe mobil manual, Anda akan mendapati satu tuas persneling atau stik gigi dan satu pedal kopling, satu pedal gas, dan satu pedal rem yang harus Anda operasikan secara manual.

Di samping itu, jenis transmisi manual umumnya bekerja berdasarkan rasio dari roda gigi, mulai dari gigi 1 sampai gigi 5. Dalam kata lain, saat Anda mengubah rasio roda gigi, entah itu menaikkan atau menurunkannya, maka mobil manual akan mengalami perbedaan kecepatan.

Secara garis besar, untuk rasio roda gigi rendah akan menghasilkan torsi yang besar dengan kecepatan mobil akan melambat. Sebaliknya, rasio roda gigi tinggi dapat menghasilkan torsi yang rendah serta membuat kecepatan mobil semakin cepat.

Apa Itu Mobil Matic?

Apa Itu Mobil Matic?
istockphoto.com/y_carfan

Lanjut ke definisi mobil matic. Berbeda dengan mobil manual yang menggunakan transmisi manual, mobil matic menggunakan jenis automatica transmission atau transmisi otomatis. Apa yang dimaksud dengan transmisi otomatis? Ini merupakan sistem perpindahan transmisi yang tidak memerlukan adanya kopling maupun tuas persneling.

Sederhananya, transmisi otomatis memungkinkan Anda untuk mempercepat atau memperlambat laju mobil dengan hanya menggeser tuas transmisi tanpa harus menginjak pedal kopling. FYI, transmisi otomatis juga dikenal dengan sebutan A/T di mana perpindahan setiap giginya berdasarkan tekanan gas pedal atau kecepatan dari mobil tersebut.

Secara umum, sistem transmisi otomatis memiliki beberapa komponen utama. Contoh komponen utama ini meliputi torque converter, brake atau rem, clutch dan one-way clutch, hydraulic control system, manual linkage, shifting control, pedal akselerasi, dan lain-lainnya.

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual
istockphoto.com/microkon

Pada dasarnya, ada empat aspek dasar yang membedakan antara mobil matic dan mobil manual. Selain perbedaan penggunaan sistem transmisi, mobil manual dan mobil matic memiliki perbedaan pada cara pengoperasian, penggunaan bahan bakar, sistem pengereman, dan perawatan. Untuk penjelasan lebih jelasnya, silakan cek poin-poin di bawah!

  • Cara Pengoperasian

Pertama, cara pengoperasian. Pada mobil manual, sobat Otopaps harus mengoperasikan tiga jenis pedal, yaitu gas, kopling, serta rem. Sementara pada mobil matic, Anda hanya perlu mengoperasikan dua pedal saja, yaitu gas dan rem. Pada aspek pengoperasian ini, dapat disimpulkan bahwa mobil matic memiliki pengoperasian yang lebih mudah daripada mobil manual.

  • Penggunaan Bahan Bakar

Perbedaan mobil matic vs mobil manual yang kedua terletak pada penggunaan bahan bakar. Pada dasarnya, mobil manual cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ketimbang mobil matic. Hal ini karena RPM (rotasi per menit) dari mobil matic lebih tinggi daripada mobil manual, sehingga penggunaan bahan bakarnya pun lebih banyak.

  • Sistem Pengereman

Sistem pengereman pada mobil manual dan matic pun juga berbeda. Untuk mengurangi kecepatan, mobil matic akan menggunakan rem sebagai tumpuan utamanya. Sementara itu, selain menggunakan rem, mobil manual juga mengandalkan engine break dalam sistem pengereman.

  • Perawatan

Yang terakhir seputar perbedaan mobil matic vs mobil manual ada pada segi perawatan. Secara umum, mobil matic membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi daripada mobil manual. Alasannya sederhana, karena mobil matic memiliki transmisi dengan sistem mekanikal dan komponen yang lebih rumit dan banyak daripada mobil manual.

Kerusakan pada mobil matic pun dikatakan berasal dari kurangnya perawatan terhadap transmisi mobil, jarang mengganti oli transmisi, aki mobil yang sudah soak sampai komponen transmisi yang sudah aus (Nainggolan. I & Utomo. D. P, 2021).

Oleh karena itu, saat Anda memilih untuk memiliki mobil matic, Anda sangat dianjurkan untuk selalu merawat komponen-komponen mesin transmisinya.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula - Terbaru 2024

Setelah Anda memahami apa itu mobil manual dan mobil matic beserta perbedaan antara keduanya, sekarang waktunya bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dari masing-masing tipe mobil ini. Harapannya, dengan pemahaman seputar kelebihan mobil matic dan mobil manual dapat memudahkan Anda dalam memutuskan tipe mobil mana yang paling cocok dengan Anda. Jadi, silakan membaca!

1
Kelebihan Mobil Matic

Mudah Penggunaan Jadi Kelebihan Paling Menonjol dari Mobil Matic

Kelebihan Mobil Matic

2
Kelebihan Mobil Manual

Dengan Belajar Mobil Manual, Skill Mengemudi Anda akan Lebih Baik Lagi

Kelebihan Mobil Manual

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mudah Penggunaan Jadi Kelebihan Paling Menonjol dari Mobil Matic
© istockphoto.com/teddyleung
1
Mudah Penggunaan Jadi Kelebihan Paling Menonjol dari Mobil Matic

Kelebihan Mobil Matic

Rekomendasi kami

Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari mobil matic adalah penggunaannya yang mudah. Bagaimana tidak, saat mengendarai mobil matic, Anda tidak perlu ribet memindahkan kopling untuk menambah ataupun mengurangi kecepatan mobil. Selain itu, masih ada beberapa kelebihan dari mobil matic, seperti:

  • Penggunaan yang Praktis

Seperti yang sudah Anda ketahui, mobil matic menggunakan sistem automatica transmision atau transmisi otomatis yang membuatnya memiliki cara pengoperasian yang mudah dan praktis. Keunggulan ini juga yang membuat beberapa pemula lebih memilih untuk belajar setir mobil matic ketimbang mobil manual untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

  • Kenyamanan Berkendara

Masih ada hubungannya dengan kelebihan yang pertama, mobil matic pun juga terkenal karena kenyamanannya. Lewat sistem transmisi otomatis yang dimilikinya, Anda hanya perlu menginjak pedal gas maupun rem agar mobil Anda bisa melaju. Tentu saja, fakta ini membuat mobil matic cocok untuk Anda yang gak suka ribet 

Hal ini tentu berbeda dengan mobil manual di mana Anda harus untuk menginjak pedal gas, rem, dan kopling untuk menjalankan mobil. 

  • Mudah untuk Menanjak

Kelebihan terakhir dari mobil matic berasal dari fitur hill start assist. Fitur apa ini? Sederhananya, ini adalah fitur yang membuat mobil matic tidak rawan mundur dan tidak mudah merosot saat sedang melewati jalanan menanjak yang sepi maupun yang sedang macet. Fitur ini tentu saja dapat menjauhkan Anda dari mara bahaya saat mengemudi di jalanan menanjak.

Bagaimana fitur hill start assist ini bekerja? Pada dasarnya, fitur ini memiliki sensor yang dapat mendeteksi kemiringan suatu kendaraan. Jadi, semisal mobil matic Anda berada pada titik kemiringan tertentu dan Anda melepaskan pedal rem, maka mobil akan tetap terkunci selama beberapa saat dan tidak merosot ke bawah.

Dengan Belajar Mobil Manual, Skill Mengemudi Anda akan Lebih Baik Lagi
© istockphoto.com/Tashka
2
Dengan Belajar Mobil Manual, Skill Mengemudi Anda akan Lebih Baik Lagi

Kelebihan Mobil Manual

Rekomendasi kami

Jika mobil matic punya kelebihan pada penggunaan yang mudah, maka mobil manual punya kelebihan pada proses akselerasi yang optimal. Apa artinya? Apakah hanya itu kelebihan dari mobil manual? Tentu saja tidak! Mari simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya.

  • Proses Akselerasi yang Optimal

Kelebihan ini berasal dari penggunaan kopling pada semua mobil manual. Jadi, saat Anda menginjak pedal gas dan melepaskan pedal kopling secara bersamaan dengan timing yang sempurna, maka akselerasi mobil manual akan jauh lebih optimal dan mulus daripada mobil matic ketika Anda kemudikan di jalanan.

  • Sistem Pengereman yang Maksimal

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, yang membedakan mobil matic dan manual terletak pada sistem pengeremannya. Mobil matic hanya menggunakan rem, sementara mobil manual menggunakan rem dan engine break.

Nah, adanya engine break inilah yang membuat mobil manual memiliki sistem pengereman yang lebih maksimal dan aman. Di samping itu, berkat penggunaan sistem engine break ini, maka komponen rem pada mobil manual tidak mudah aus dan rusak.

  • Konsumsi Bahan Bakar yang Irit

Kelebihan terakhir dari mobil manual adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit. Hal ini dikarenakan perputaran transmisi pada mobil manual tidak seberat perputaran transmisi pada mobil matic, sehingga mesin pada mobil manual tidak membutuhkan bahan bakar yang banyak.

Tanya Jawab Seputar Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula

Sebelum Anda pergi ke akhir bagian dari artikel ini, alangkah baiknya Anda berhenti sejanak untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah. 

Mengapa mobil matic lebih mudah daripada mobil manual?

Kemudahan penggunaan mobil matic ini berasal dari sistem transmisi otomatis yang dimilikinya. Dengan sistem transmisi ini, Anda hanya perlu menginjak pedal gas dan pedal rem untuk menjalankan mobil tanpa perlu menginjak pedal kopling.

Apa kelemahan mobil manual?

Kelemaham mobil manual yang paling dirasakan oleh pemula adalah penggunaannya. Bagaimanapun, mobil manual mengharuskan Anda untuk memindahkan gigi secara manual menggunakan pedal gas, pedal rem, pedal kopling, dan stik persneling secara manual. Ini jauh lebih rumit daripada saat Anda menggunakan mobil matic.

Apa saja kelemahan mobil matic?

Ada dua kelemahan yang paling menonjol dari mobil matic, yaitu bahan bakar yang boros dan biaya perawatan yang mahal.

Lebih aman mobil matic atau manual?

Secara umum, mobil matic dinilai lebih aman daripada mobil manual saat digunakan oleh pemula. Alasannya sederhana, karena mobil matic punya sistem pengoperasian yang mudah di mana Anda hanya perlu mengontrol stir mobil, menginjak pedal gas dan rem, serta memindahkan stik persneling.

Kesimpulan: Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula

Setelah memahami semua informasi di atas, sekarang pertanyannya, lebih baik beli mobil matic atau manual untuk pemula? Jawaban ini sebenarnya bersifat sangat subjektif tergantung kebutuhan setiap Otopaps, apalagi mengingat mobil matic dan mobil manual memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi, lebih baik mobil matic atau manual? Singkatnya, jika Anda menginginkan mobil yang mudah digunakan dan nyaman saat dikendarai di jalanan padat lalu lintas, sebaiknya Anda memilih mobil matic. Sebaliknya, jika Anda menginginkan mobil dengan akserasi optimal, irit bahan bakar, serta memudahkan Anda untuk punya skill mengemudi yang baik, mobil manual adalah pilihan terbaik.

Bagaimana Otopaps? Sudah menentukan mau nyetir mobil matic atau manual untuk pemula setelah membaca artikel tipe memilih dari tim Otopapa? Jika sudah, segera ke dealer mobil terdekat dan pilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Otopaps.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo