Hide Menu

Biar Otopaps Gak Keliru Beli, Kenali 3 Perbedaan Pajero dan Pajero Sport yang Ada di Sini!

Pembahasan Lengkap Seputar 3 Perbedaan Pajero dan Pajero Sport, Mulai dari Segmentasi, Spesifikasi, sampai Harganya

Artikel Perbedaan Pajero dan Pajero Sport ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Perbedaan Pajero dan Pajero Sport 2024
© freepik.com

Pajero dan Pajero Sport, Kakak Adik yang Punya Banyak Perbedaan

Pajero dan Pajero Sport, Kakak Adik yang Punya Banyak Perbedaan
freepik.com

Pabrikan mobil Mitsubishi memiliki dua produk mobil SUV alias Sport Utility Vehicle dengan nama yang hampir sama, yaitu Pajero dan Pajero Sport. Karena namanya yang hampir sama, beberapa orang menganggap dua mobil SUV ini sebagai satu produk mobil yang sama. Apakah Anda salah satunya?

Ternyata oh ternyata Otopaps, Pajero dan Pajero Sport adalah dua produk mobil SUV yang berbeda, baik dari segi segmentasi, spesifikasi, sampai harganya. Lantas, apa saja perbedaan Pajero dan Pajero Sport? Artikel ini akan membantu menunjukkannya. Jadi, bacalah!

Mengenal Mobil Mitsubishi Pajero

Mengenal Mobil Mitsubishi Pajero
freepik.com

Pajero adalah mobil big SUV buatan Mitsubishi Motors yang pertama kali hadir di dunia otomotif pada tahun 1982. Hanya saja, pada tahun 2021, produksi mobil big SUV ini sudah berhenti karena permintaannya menurun. Nah, sampai tahun 2021 kemarin, mobil big SUV ini telah memiliki empat generasi.

Kemunculan mobil Pajero di awal perilisannya ini adalah sebagai mobil off-road untuk ajang balapan mobil Dakar Rally. Selama digunakan pada ajang balapan Dakar Rally, Mitsubishi Pajero telah mendapatkan 12 gelar sekaligus menjadi juara terbanyak dari acara balapan tersebut sampai saat ini.

Di samping itu, Pajero ini memiliki nama yang berbeda di berbagai negara yang ada di seluruh dunia seperti Montero dan Shogun. Sebagai perbandingan, mobil SUV ini kelasnya sama seperti Toyota Land Cruiser karena ukurannya yang besar sebagai mobil big SUV. 

Berikut adalah jajaran dari model Mitsubishi Pajero dari tahun ke tahun.

  • Generasi Pertama (1982)

Rilis pertama kali pada tahun 1982, varian Pajero berbadan panjang kemudian ditambahkan pada Juli 1983. Lalu, pada tahun 1985, model Pajero dengan transmisi otomatis rilis. Kemudian, Pajero dengan mesin V6 dan diesel turbo intercooled rilis pada tahun 1988.

  • Generasi Kedua (1991)

Generasi kedua dari jenis mobil Pajero diluncurkan pada tahun 1991 dengan mesin 3.0L V6 dan 2.5L intercooled diesel turbo yang tersedia dalam transmisi manual 5-kecepatan dan transmisi otomatis 4-kecepatan. Lalu, versi Pajero dengan mesin 3.5L V6 dan 2.8L intercooled diesel turbo rilis pada tahun 1993 sampai 1996.

Di tahun 1997, model Pajero Wide dan Pajero Evolution rilis dengan mengusung mesin 3.5L V6 GDI dan mesin 3.5L V6 GDI MIVEC. Kedua model Pajero ini sudah lengkap dengan penggunaan roda penggerak 2WD (4×2) dan 4WD (4×4).

  • Generasi Ketiga (1999-2000)

Generasi ketiga Pajero pertama kali diperkenalkan pada September 1999 yang memiliki banyak perombakan pada rangka dan bodinya. Pajero gen 3 ini hadir dengan mesin diesel 3.5L V6 GDI dan 3.2L Di-D diesel direct-injection yang lengkap dengan fitur Super Select 4WD.

  • Generasi Keempat (2006)

Mitsubishi kemudian merilis Pajero gen 4 pada tahun 2006 yang mengadopsi teknologi Dakar Rally dengan fitur Super Select 4WD-II (SS4-II) driveline. Di antara tahun 2008 sampai 2021, mobil Mitsubishi Pajero gen 4 sudah terjual lebih dari 2.5 juta unit mobil di dunia.

Mengenal Mobil Mitsubishi Pajero Sport

Mengenal Mobil Mitsubishi Pajero Sport
freepik.com

Sementara itu, Mitsubishi Pajero Sport merupakan versi upgrade dari Pajero namun tetap mewarisi DNA yang ada. Hanya saja, secara segmentasi dan spesifikasi, Pajero Sport ini sepenuhnya berbeda dengan Pajero. Lantas, kapan awal perilisannya? Mobil Pajero Sport pertama kali hadir di dunia otomotif pada tahun 1996 dan telah melewati tiga generasi sampai sekarang.

Di samping itu, Pajero Sport bukanlah mobil dari segmen big SUV melainkan medium SUV sama seperti Toyota Fortuner, Isuzu Max, dan Nissan Terra. Sampai saat ini, mobil ini sudah dipasarkan di berbagai belahan dunia dengan basis produksi hanya di empat negara saja, yaitu Thailand, Rusia, Bangladesh, dan Indonesia.

Selain itu, sama seperti mobil Mitsubishi Pajero, mobil Mitsubishi Pajero Sport juga memiliki nama lain di beberapa negara. Adapun nama lain dari mobil medium SUV Pajero Sport ini adalah Challenger, Montero Sport, dan Shogun Sport.

Berikut adalah lini Pajero Sport dari generasi pertama sampai generasi ketiga, silakan cek.

  • Generasi Pertama (1996)

Generasi pertama dari Pajero Sport hadir di pasar otomotif Jepang pada tahun 1996 dengan nama Mitsubishi Challenger. Kemudian, di antara tahun 1996 sampai 2000, mobil SUV ini telah diekspor di berbagai negara dengan nama yang berbeda.

Contohnya seperti Montero Sport (Amerika), Shogun Sport (Inggris), dan Strada G-Wagon (Thailand). Selain diproduksi di Jepang, Mitsubishi Pajero Sport juga dirakit di negara lain, seperti China di tahun 2003 dan Brazil di tahun 2006.

  • Generasi Kedua (2008)

Pajero Sport gen 2 rilis pada tahun 2008 dan pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009. Generasi kedua dari Pajero Sport ini menggunakan mesin 2.5L DOHC commonrail turbocharged and intercooled 4D56. Lalu, pada tahun 2010 sampai 2013, Pajero Sport memiliki tambahan mesin VGT dan desain interior serta eksterior.

Masuk ke tahun 2014, varian dari Mitsubishi Pajero Sport gen kedua bertambah dan menggunakan mesin V6 MIVEC 3.0L. Varian Pajero Sport 2014 ini kemudian terjual di berbagai negara termasuk Indonesia sampai tahun 2015.

  • Generasi Ketiga (2015)

Pada tahun 2015, Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga rilis di negara Thailand yang kemudian masuk ke pasar otomotif Indonesia di tahun 2016. Lalu, sejak tahun 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, sampai 2023, Pajero Sport gen 3 telah terjual sampai 160.000 unit.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Perbedaan Pajero dan Pajero Sport - Terbaru 2024

Mobil SUV di Indonesia sangat populer karena spesifikasinya andal dan punya kualitas tinggi lewat fitur-fitur canggih, sehingga mampu bergerak di berbagai medan jalanan yang berat (Wimam. P. P., 2019). Lalu, Pajero dan Pajero Sport adalah dua model mobil SUV yang paling banyak peminatnya di pasar otomotif Indonesia.

Lantas, apa perbedaan antara Pajero vs Pajero Sport? Temukan jawabannya dari 3 poin di bawah. Silakan cek!

1
Segmen SUV

Pajero adalah Mobil Big SUV dan Pajero Sport adalah Mobil Medium SUV

Segmen SUV

2
Spesifikasi

Keduanya Menggunakan Mesin Diesel dan Bensin, Bedanya Terletak pada Kubikasinya

Spesifikasi

3
Harga

Harga Bekas Pajero Lebih Murah daripada Pajero Sport

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pajero adalah Mobil Big SUV dan Pajero Sport adalah Mobil Medium SUV
© freepik.com
1
Pajero adalah Mobil Big SUV dan Pajero Sport adalah Mobil Medium SUV

Segmen SUV

Rekomendasi kami

Perbedaan Pajero dan Pajero Sport yang pertama terletak pada segmentasi SUV. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, Mitsubishi Pajero masuk ke segmentasi mobil big SUV atau full-sized SUV. Sementara Mitsubishi Pajero Sport masuk ke segmentasi mobil medium SUV.

Karena segmentasi yang berbeda, maka ukuran dan desain dari dua mobil Mitsubishi ini juga berbeda. Dalam hal ini, Pajero memiliki ukuran yang lebih besar daripada Pajero Sport. Begitu juga dengan desain yang mana Pajero punya desain interior dan eksterior yang lebih luas daripada Pajero Sport.

Keduanya Menggunakan Mesin Diesel dan Bensin, Bedanya Terletak pada Kubikasinya
© freepik.com
2
Keduanya Menggunakan Mesin Diesel dan Bensin, Bedanya Terletak pada Kubikasinya

Spesifikasi

Spesifikasi adalah aspek kedua yang membedakan Pajero dan Pajero Sport. Pada aspek spesifikasi, mesin cc Pajero dari gen 1 sampai 4 menggunakan mesin dan kubikasi yang beragam. Sebut saja 2.000 cc bensin, 2.300 cc diesel, 2.300 cc turbo diesel, 3.000 cc bensin, 3.200 cc turbo diesel, dan 3.800 cc bensin.

Selain itu, mesin dari semua generasi Pajero ini hadir dalam dua pilihan transmisi, yaitu transmisi otomatis 5-speed dan transmisi manual 4-speed. Semuanya juga sama-sama menggunakan sistem gerak mobil yang sama, yaitu Super Select 4WD (4×4).

Di sisi lainnya, mesin dari Pajero Sport untuk generasi pertama sampai generasi ketiga juga tersedia dalam berbagai pilihan mesin dan kubikasi cc. Sebut saja 2.400 diesel turbo, 2.500 cc diesel turbo, 2.800 cc diesel turbo, 3.000 cc bensin, dan 3.500 cc bensin.

Hal yang sama juga ada pada pilihan transmisinya, seperti 5-kecepatan manual, 6-kecepatan manual, 5-kecepatan semi otomatis, 4-kecepatan otomatis, dan 5-kecepatan otomatis. Sebagai tambahan, sistem roda penggerak dari Pajero Sport tersedia dalam dua pilihan, yaitu 2WD (4×2) dan 4WD (4×4).

Harga Bekas Pajero Lebih Murah daripada Pajero Sport
© freepik.com
3
Harga Bekas Pajero Lebih Murah daripada Pajero Sport

Harga

Rekomendasi kami

Perbedaan Pajero vs Pajero Sport yang terakhir adalah harganya. Meski produksinya sudah berhenti di tahun 2021, Anda masih bisa mendapatkan Pajero di beberapa situs jual beli mobil bekas seperti OLX atau Carmudi. Harga bekas dari Mitsubishi Pajero sendiri ada di angka 100 juta rupiah sampai 190 juta rupiah saja.

Harga di atas tentunya sangatlah murah jika dibandingkan dengan harga dari jenis mobil Pajero Sport. Pasalnya, harga dari Pajero Sport bekas masih ada di angka 200 juta rupiah sampai 500 juta rupiah. Sedangkan untuk Pajero Sport 2008-2010, Anda bisa mendapatkannya di harga 170 juta rupiah sampai 180 juta rupiah.

Lantas, berapa harga terbaru dari Mitsubishi All New Pajero Sport di tahun 2024? Berikut ada tabel harganya.

Model Pajero SportHarga
GLX (4×4) MTRp. 587.100.000,00
Exceed (4X2) MTRp. 561.100.000,00
Exceed (4X2) ATRp. 576.300.000,00
Dakar (4×2) ATRp. 635.400.000,00
Dakar Ultimate (4×2) ATRp. 685.600.000,00
Dakar Ultimate (4×4) ATRp. 746.100.000,00

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Pajero dan Pajero Sport

Berikut adalah pertanyaan yang banyak orang tanyakan di internet seputar perbedaan Pajero dan Pajero Sport. Coba cek biar Otopaps makin paham.

Apa bedanya Pajero sama Pajero Sport?

Perbedaan yang paling mencolok antara Pajero dan Pajero Sport ada pada segmen kelasnya. Pajero masuk ke segmen big SUV, sementara Pajero Sport masuk ke segmen medium SUV.

Type Pajero ada berapa?

Tipe Pajero Sport itu tersedia dalam enam macam, seperti GLX (4×2) AT, Exceed (4×2) MT, Exceed (4×2) AT, Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT. Pajero Sport Dakar Ultimate (4×4) AT adalah tipe tertinggi Pajero yang memiliki fitur sunroof dan berbagai fitur kenyamanan serta fitur keselamatan yang lebih lengkap dari tipe Pajero lainnya.

Apakah Pajero Sport limbung?

Jawabannya iya. Semakin sering Anda mengendarainya, maka setelah 4 sampai 5 tahun, Anda mungkin akan merasakan bahwa mobil Pajero Sport semakin limbung dan tidak nyaman.

Pajero Sport dibuat dimana?

Produksi Pajero Sport di Indonesia diproduksi di pabrik Mitusbishi resmi yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Kesimpulan: Perbedaan Pajero dan Pajero Sport

Itulah 3 aspek yang membedakan Pajero vs Pajero Sport dari segi segmentasi mobil SUV, spesifikasi, serta harga. Sebagai kesimpulan, mobil Mitsubishi Pajero masuk ke jajaran tipe mobil big SUV atau full-sized SUV, sementara Mitsubishi Pajero Sport masuk ke segmen mobil medium SUV. Karena ini, perbedaan keduanya cukup banyak, baik dari spesifikasi maupun harga.

Lantas, setelah membaca artikel perbedaan Pajero dan Pajero Sport, apakah Anda sudah tahu perbedaan antara keduanya? Jika sudah, maka Anda tidak perlu bingung lagi saat memilih mobil SUV buatan pabrikan Mitsubishi ini. Akhir kata, semoga artikel ini membantu.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo