Hide Menu

Jangan Sampai Keliru! Inilah 4 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru, Mana yang Lebih Bagus?

Penjelasan Seputar Beda Oli Shell Biru dan Kuning, Mulai dari Base Oil, Rating SAE, Standar API, Sampai Harga

Artikel Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru ini diposting diperbarui
2.2K Pembaca
Like
Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru 2024
© freepik.com

Oli Shell Si Merk Terkenal di Indonesia

Oli Shell Si Merk Terkenal di Indonesia
freepik.com

Anda tentu sudah tahu bahwasanya ada banyak sekali merek oli mesin di pasaran. Nama-nama seperti oli AHM, Castrol, dan Yamalube pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda sebagai seorang pecinta otomotif, bukan? Selain tiga nama sebelumnya, ada satu merek oli terkenal lainnya yang tidak boleh terlewatkan, yaitu Shell.

Shell sendiri merupakan salah satu produk oli buatan perusahaan multinasional Royal Dutch Shell plc. yang berbasis di Belanda. Produk oli mesin Shell yang tersedia di pasaran pun terbagi menjadi tiga berdasarkan tipe kendaraan, yaitu Shell Advance untuk sepeda motor, Shell Helix untuk mobil, dan Shell Rimula untuk truk.

Khusus untuk oli Shell Advance dan Shell Helix, keduanya hadir dengan dua varian oli yang bisa Anda bedakan melalui warnanya, yaitu kuning dan biru. Apakah Anda sudah tahu perbedaan oli Shell kuning dan biru? Kalau belum, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru - Terbaru 2024

Efendi. N dan Patar P. (2019) mengatakan bahwa kebutuhan akan oli Shell di Indonesia itu sangat beragam dan bervariasi, tergantung dari kebutuhan mesin kendaraan yang digunakan. Karena hal ini, maka penting juga bagi Anda untuk memahami perbedaan setiap varian oli Shell, termasuk perbedaan oli Shell biru dan kuning.

Menurut riset dari tim Otopapa, ada 4 aspek yang membedakan oli Shell kuning dan biru. Aspek tersebut termasuk base oli, tingkat kekentalan, standar API, dan harga. Penasaran seperti apa penjelasan lengkapnya? Terus scroll ke bawah kalau begitu!

1
Base Oli

Shell Biru Menggunakan Base Oil Mineral, Shell Kuning Pakai Base Oil Sintetik

Base Oli

2
Tingkat Kekentalan atau Viskositas

Oli Shell Kuning AX5 Kental, Oli Shell Biru AX7 Lebih Encer

Tingkat Kekentalan atau Viskositas

3
Standar API

Shell Helix HX5 dengan API SN dan Shell Helix HX7 dengan API SN Plus

Standar API

4
Harga

Oli Biru Harganya Lebih Mahal Ketimbang Oli Kuning

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Shell Biru Menggunakan Base Oil Mineral, Shell Kuning Pakai Base Oil Sintetik
© freepik.com
1
Shell Biru Menggunakan Base Oil Mineral, Shell Kuning Pakai Base Oil Sintetik

Base Oli

Rekomendasi kami

Perbedaan oli Shell kuning dan biru yang pertama terletak pada base oil yang digunakan. Baik oli Shell kuning dan biru untuk motor ataupun mobil, keduanya sama-sama punya perbedaan pada penggunaan base oil.

Contohnya saja dua produk oli Shell untuk motor, yaitu Advance Scooter AX5 (kuning) dan Advance Scooter AX7 (biru). Kedua produk oli ini menggunakan base oil yang berbeda dimana oli Shell kuning AX5 menggunakan base oli mineral premium sementara oli Shell biru AX7 menggunakan base oli semi synthetic.

Hal yang sama juga berlaku untuk oli Shell mobil, yaitu Helix HX5 (kuning), Helix HX6 (kuning), dan Helix HX7 (biru). Oli Shell kuning HX5 menggunakan base oli mineral sementara oli Shell kuning HX6 menggunakan base oli semi sintetik. Sebaliknya, oli Shell biru HX7 adalah jenis oli mobil full sintetik.

Oli Shell Kuning AX5 Kental, Oli Shell Biru AX7 Lebih Encer
© freepik.com
2
Oli Shell Kuning AX5 Kental, Oli Shell Biru AX7 Lebih Encer

Tingkat Kekentalan atau Viskositas

Rekomendasi kami

Selain perbedaan pada base oli, beda oli Shell biru dan kuning juga terletak pada rating SAE, alias tingkat kekentalan olinya. Mari ambil contoh oli motor Shell kuning Advance Scooter AX5 dan Shell biru Advance Scooter AX7.

Karena Shell menawarkan oli Advance yang berbeda tergantung jenis motornya, yaitu bebek ataupun matic, maka pilihan produknya berdasarkan rating SAE juga berbeda. Itulah aspek kedua dari perbedaan oli Shell AX5 dan AX7.

Tingkat Viskositas Oli Shell Advance AX5 dan AX7

Oli/Jenis MotorBebekMatic
Shell Advance AX515W4020W40 dan 10W30
Shell Advance AX710W4010W30 dan 10W40

Melihat tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa oli Shell kuning AX5 memiliki tingkat viskositas atau kekentalan yang lebih tinggi daripada oli Shell biru AX7 pada suhu rendah. Dengan ini, oli Shell Advance AX5 memiliki karakteristik yang kental, sementara oli Shell Advance AX7 punya karakteristik yang encer saat berada di suhu yang dingin.

Di samping itu, berdasarkan tingkat viskositas olinya, maka penggunaan antara oli Shell Advance AX5 dan Shell Advance AX7 juga berbeda tergantung dari model kendaraannya. Biar gak bingung, berikut tim Otopapa tampilkan kecocokan oli Shell Advance dengan beberapa model sepeda motor.

  • Shell Advance AX5: Jupiter, Vega ZR, Supra X 125 PGM-Fi, Smash, Mio, Beat 110cc, Scoopy, dan Vario 125cc
  • Shell Advance AX7: Vario 150cc, Nmax, PCX, Aerox, dan motor lainnya dengan kapasitas 150cc
Shell Helix HX5 dengan API SN dan Shell Helix HX7 dengan API SN Plus
© freepik.com
3
Shell Helix HX5 dengan API SN dan Shell Helix HX7 dengan API SN Plus

Standar API

Rekomendasi kami

Standar API menjadi aspek selanjutnya yang membedakan antara oli Shell biru dan kuning. Contohnya saja oli mobil Shell Helix HX5 kuning dengan oli Shell Helix HX7 yang punya perbedaan dalam hal standar API. Oli HX5 hadir dengan standar API-SN sementara oli HX7 punya standar API-SN Plus.

Mengacu pada standar API, sudah jelas, oli HX7 punya kualitas yang lebih bagus daripada oli HX5. Faktanya, semakin dekat huruf belakang di kode API, maka semakin bagus pula kualitas dari sebuah oli. Dalam hal ini, oli HX7 yang punya standar API SN+ tentunya lebih unggul ketimbang oli HX5 yang punya standar API SN.

Oli Biru Harganya Lebih Mahal Ketimbang Oli Kuning
© freepik.com
4
Oli Biru Harganya Lebih Mahal Ketimbang Oli Kuning

Harga

Rekomendasi kami

Kalau sudah berbicara tentang harga, tentu saja oli Shell biru lebih mahal ketimbang oli Shell kuning, baik dari oli motor maupun mobil. Alasannya sederhana, karena base oli, rating SAE, sampai standar API dari oli Shell biru lebih unggul daripada oli Shell kuning.

Contohnya saja, oli motor Advance kuning AX5 1 liter dibanderol dengan harga Rp 42 ribu, sementara itu oli Advance biru AX7 1 liter memiliki harga Rp 62 ribu. Begitupun juga dengan oli Shell mobil yang mana oli Helix kuning HX5 1 liter hadir dengan harga Rp 65 ribu, sedangkan oli Helix bbiru HX7 1 liter punya harga sekitar Rp 88 ribu.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang seputar perbedaan oli Shell kuning dan biru. Silakan cek biar lebih paham!

Apa saja varian oli Shell Advance?

Oli Shell Advance hadir dengan beberapa varian. Contohnya Shell Advance AX3 20W50 untuk motor dengan mesin kecil, Shell Advance AX5 untuk motor berkapasitas 110cc sampai 125cc, Shell Advance AX7 untuk motor berkapasitas 150cc, dan Shell Advance Ultra Silver untuk motor sport atau motor 4 tak.

Apa bedanya oli Shell biru dan kuning?

Perbedaan oli Shell AX5 dan AX7 terletak pada penggunaan base oil, tingkat viskositas, standar API, dan harga.

Apa saja produk oli Shell?

Selain oli mesin dengan beragam varian, Shell atau yang dikenal dengan Seal juga menjual produk-produk original seperti oli gardan alias gear oil dan bahkan bahan bakar bensin.

Apa kelebihan oli Shell Advance AX7?

Kelebihan dari oli Shell Advance AX7 Scooter adalah untuk melindungi dan menjaga kebersihan mesin motor di semua kondisi jalan.

Oli Shell Advance 15W 40 untuk motor apa?

Oli Shell Advanced 15W40 cocok untuk jenis motor bebek seperti Jupiter, Vega ZR, Supra X 125 PGM-Fi, Suzuki Smash Fi 2019.

Oli Shell HX5 untuk apa?

Secara umum, oli Shell Helix HX5 adalah jenis oli yang cocok untuk mobil.

Kesimpulan: Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru

Demikian akhir pembahasan seputar perbedaan oli Shell kuning dan biru. Untuk menutup artikel ini, ada empat hal yang membedakan antara oli Shell dengan warna kuning dan warna biru, yaitu penggunaan base oli, tingkat viskositas atau rating SAE, standar API, serta harga.

Nah, kalau Anda sudah paham beda oli Shell biru dan kuning, apakah Anda sudah memutuskan mau ganti oli lama dengan oli Shell yang mana? Jika sudah, jangan lupa untuk selalu pahami cara memilih oli yang benar, ya Otopaps. Pastikan sudah sesuai spesifikasi motor dan rasio penggantian oli juga tepat. Semoga artikel ini membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo