Hide Menu

Pecinta Otomotif Wajib Tahu 4 Perbedaan 4x2 dan 4x4, Penjelasan Lengkapnya Intip di Sini!

Inilah Perbedaan Mobil 4x2 dan 4x4 Berdasarkan 4 Aspek dari Kegunaan, Distribusi Tenaga, Performa, dan Efisiensi Bahan Bakar

Artikel Perbedaan 4×2 dan 4×4 ini diposting diperbarui
8 Pembaca
Like
Perbedaan 4×2 dan 4×4 2024
© freepik.com

Apa Itu 4x2 dan 4x4?

Apa Itu 4x2 dan 4x4?
freepik.com

Secara umum, kebanyakan mobil yang ada di Indonesia terbagi menjadi 5 jenis berdasarkan sistem roda penggeraknya. Ada AWD (all wheel drive), RWD (rear wheel drive), FWD (front wheel drive), 2WD (two wheel drive), dan 4WD (four wheel drive). Nah, di artikel ini, tim Otopapa khusus akan membahas seputar mobil bertipe 2WD dan 4WD.

Mobil-mobil bertipe 2WD sendiri berarti mobil tersebut menggunakan sistem penggerak dengan tumpuan yang hanya bergantung pada dua roda saja. Biasanya, mobil-mobil dengan tipe 2WD banyak ditemukan pada mobil-mobil berjenis MPV atau Multi Purpose Vehicle, sedan, maupun SUV alias Sport Utility Vehicle.

Sementara itu, mobil tipe 4WD atau yang disebut dengan double gardan adalah jenis mobil yang menggunakan sistem penggerak yang bertumpu di 4 roda. Di mobil 4WD, ada empat fungsi yang bisa Anda pilih dan ubah sesuai kebutuhan, yaitu 2H (2WD high range), 4H (4WD high range), 4L (low range), dan N (netral).

Karena ini, mobil tipe 4WD sangat tangguh untuk bergerak di berbagai kondisi jalanan, entah itu jalan raya yang panjang maupun jalan offroad. Contoh jenis mobil yang menggunakan sistem 4WD adalah mobil dakar atau SUV seperti Mitsubishi Car Pajero Sport Ultimate 2020, Toyota Fortuner, Daihatsu Taft, maupun Ford Ranger.

Biasanya, mobil yang mengadopsi sistem penggerak 2WD disebut dengan nama mobil 4×2. Sementara itu, mobil yang menggunakan sistem penggerak 4WD sering disebut dengan mobil 4×4. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup menonjol jika dilihat dari aspek kegunaan, distribusi tenaga, performa, dan efisiensi bahan bakar.

Apakah Anda penasaran dengan penjelasan lebih detail tentang perbedaan 4×2 dan 4×4 berdasarkan 4 aspek di atas? Kalau begitu, baca artikel ini sampai habis karena tim Otopapa akan berikan penjelasannya!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan 4×2 dan 4×4 - Terbaru 2024

Tanpa basa-basi, mari langsung bergerak menuju ke topik utama artikel ini. Berikut adalah perbedaan 4×2 dan 4×4 berdasarkan 4 aspek, silakan cek!

1
Kegunaan

Mobil 4x2 untuk Penggunaan Sehari-hari, Mobil 4x4 untuk Penggunaan di Medan Offroad

Kegunaan

2
Distribusi Tenaga

Distribusi Tenaga dari Mobil 4x4 Lebih Banyak daripada Mobil 4x2

Distribusi Tenaga

3
Performa Offroad

Sudah Jelas! Mobil 4x4 Lebih Andal dalam Hal Performa Offroad

Performa Offroad

4
Efisiensi Bahan Bakar

Mobil 4x2 Lebih Hemat Bahan Bakar, Sedangkan Mobil 4x4 Lebih Boros

Efisiensi Bahan Bakar

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mobil 4x2 untuk Penggunaan Sehari-hari, Mobil 4x4 untuk Penggunaan di Medan Offroad
© freepik.com
1
Mobil 4x2 untuk Penggunaan Sehari-hari, Mobil 4x4 untuk Penggunaan di Medan Offroad

Kegunaan

Rekomendasi kami

Perbedaan atau the difference between mobil 4×2 vs 4×4 yang pertama terletak pada kegunaannya. Seperti yang sudah Anda baca di awal, mobil 4×2 (2WD) merupakan jenis mobil yang menggunakan sistem penggerak dua roda. Sedangkan mobil 4×4 (4WD) adalah mobil yang mengadopsi sistem penggerak empat roda.

Karena ada perbedaan di penggunaan sistem penggerak roda, maka kebanyakan mobil 4×2 adalah mobil yang cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya kota. Sebaliknya, mobil 4×4 lebih tangguh sehingga cocok digunakan di berbagai kondisi jalanan, baik itu jalan yang mulus maupun jalan yang buruk.

Jadi, jika Anda butuh mobil dengan tujuan untuk bekerja atau mengantarkan anak ke sekolah, pilihlah mobil bertipe 4×2. Namun, misalkan Anda butuh kendaraan yang mampu mengantarkan Anda melewati jalanan mulus, berlumpur, berpasir ataupun berlubang, maka mobil bertipe 4×4 cocok untuk Anda.

Distribusi Tenaga dari Mobil 4x4 Lebih Banyak daripada Mobil 4x2
© freepik.com
2
Distribusi Tenaga dari Mobil 4x4 Lebih Banyak daripada Mobil 4x2

Distribusi Tenaga

Perbedaan 4×2 dan 4×4 yang kedua ada pada distribusi tenaga. Bagaimanapun, mobil 4×4 memiliki sistem penggerak roda yang membuat 4 roda mobil menerima langsung tenaga mesin secara bersamaan. Penggunaan sistem penggerak 4WD pada mobil 4×4 membuatnya punya traksi yang sangat baik di jalanan offroad, berlumpur, maupun licin.

Di sisi lainnya, mobil 4×2 atau 2×4 yang menggunakan sistem penggerak 2WD hanya memiliki dua roda penggerak, entah itu di roda depan atau roda belakang tergantung dari model mobil tersebut. Artinya, tenaga mesin hanya mengalir ke dua roda mobil tersebut, entah itu roda belakang atau roda depan.

Sudah Jelas! Mobil 4x4 Lebih Andal dalam Hal Performa Offroad
© freepik.com
3
Sudah Jelas! Mobil 4x4 Lebih Andal dalam Hal Performa Offroad

Performa Offroad

Rekomendasi kami

Penggunaan sistem penggerak roda yang berbeda tentu membuat mobil 4×2 vs 4×4 memiliki perbedaan juga dalam hal performa offroad. Coba tebak mobil tipe apa yang punya performa offroad yang bagus? Tepat sekali Otopaps! Jawabannya adalah mobil 4×4 yang menggunakan sistem penggerak 4WD.

Berkat distribusi tenaga mesin yang mengalir ke empat roda mobil, itu dapat memberikan traksi yang sangat baik ke berbagai medan berat seperti lumpur, berbatuan, maupun pasir. Hal ini tentu akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak kontrol atas mobil saat Anda membawanya di medan-medan offroad.

Sebaliknya, mobil 4×2 dengan sistem penggerak dua roda (2WD) memiliki keterbatasan dalam performa offroad. Karena penggunaan sistem penggerak dua roda ini, kemampuan traksi dari mobil 4×2 lebih rendah daripada mobil 4×4. Jadi, mobil 4×2 kurang andal untuk melewati medan-medan offroad.

Mobil 4x2 Lebih Hemat Bahan Bakar, Sedangkan Mobil 4x4 Lebih Boros
© freepik.com
4
Mobil 4x2 Lebih Hemat Bahan Bakar, Sedangkan Mobil 4x4 Lebih Boros

Efisiensi Bahan Bakar

Terakhir, perbedaan dari mobil 4×2 dan 4×4 terletak pada efisiensi bahan bakar (BBM). Kira-kira, mana yang lebih hemat bahan bakar? Jawabannya adalah mobil 4×2. Pasalnya, mobil 4×2 atau 2WD hanya mengeluarkan tenaga mesin untuk menggerakkan dua roda sehingga penggunaan bahan bakarnya lebih hemat.

Sementara itu, mobil 4×4 yang menggunakan sistem penggerak 4WD jauh lebih boros bahan bakar daripada mobil 4×2. Kenapa? Jawabannya karena mobil 4×4 mengeluarkan tenaga mesin lebih banyak untuk menggerakkan empat roda sehingga penggunaan bahan bakarnya lebih boros.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan 4×2 dan 4×4

Di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan populer tentang perbedaan 4×2 dan 4×4 yang biasanya ditanyakan. Silakan baca biar makin paham!

Apa perbedaan 4x2 dan 4x4?

Ada empat aspek utama yang menjadi perbedaan 4×2 vs 4×4 seperti kegunaan, distribusi tenaga, performa offroad, dan efisiensi bahan bakar.

Apa yang dimaksud dengan 4x2 pada mobil?

Singkatnya, angka 4×2 atau 2×4 yang ada pada mobil artinya mobil tersebut menggunakan sistem penggerak dua roda 2WD (two wheel drive).

Apa maksud dari 4x4 pada mobil?

Istilah atau arti 4×4 pada mobil menunjukkan bahwa mobil tersebut menggunakan sistem penggerak empat roda (4WD). Mobil 4×4 sendiri sering ditemukan pada mobil SUV atau Sport Utility Vehicle yang merupakan mobil yang dirancang untuk untuk dapat menerjang berbagai medan-medan berat atau offroad (Dion. D. C. A & Ikhsanudin, 2024). 

Apa kekurangan mobil 4x4? Jelaskan!

Seperti yang sudah Anda ketahui, mobil 4×4 artinya adalah mobil yang menggunakan sistem penggerak empat roda. Dibalik kelebihannya, mobil 4×4 juga memiliki kekurangan seperti penggunaan bahan bakar yang boros, harga jual yang mahal, bobot yang tidak murah, serta butuh biaya perawatan tinggi.

Apa perbedaan Pajero 4x2 dan 4x4?

Perbedaan Mitsubishi Pajero Sport New Auto 4×2 dan 4×4 ada pada 4 aspek, seperti spesifikasi, roda penggerak, desain interior dan eksterior, fitur, serta harga. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel di Otopapa tentang perbedaan Pajero 4×2 dan 4×4

Kesimpulan: Perbedaan 4×2 dan 4×4

Demikian akhir pembahasan tim Otopapa tentang perbedaan 4×2 dan 4×4 berdasarkan 4 aspek, meliputi kegunaan, distribusi tenaga, performa offroad, dan efisiensi bahan bakar. Sekarang, apakah Anda sudah tahu perbedaan antara mobil 4×2 dengan mobil 4×4? Jika sudah, maka silakan pilih sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda butuh mobil untuk mobilitas sehari-hari, maka mobil 4×2 adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda butuh mobil yang mampu bergerak dan menerjang berbagai macam medan jalanan, maka mobil 4×4 adalah pilihan terbaik yang harus Anda pilih.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo