Hide Menu

Mau Pilih Pajero Sport Matic atau Manual? Manapun Itu, Cari Tahu 3 Perbedaannya di Sini!

Pembahasan Seputar 3 Perbedaan Pajero Sport Matic atau Manual, dari Kegunaan, Perawatan, sampai Harga

Artikel Pajero Sport Matic atau Manual ini diposting diperbarui
9 Pembaca
Like
Pajero Sport Matic atau Manual 2024
© freepik.com

Mengenal Mitsubishi Pajero Sport, Si Mobil SUV Favorit Banyak Orang di Indonesia

Mengenal Mitsubishi Pajero Sport, Si Mobil SUV Favorit Banyak Orang di Indonesia
freepik.com

Kalau berbicara tentang mobil SUV alias Sport Utility Vehicle, Mitsubishi Pajero Sport adalah salah satu yang terbaik dari semua jenis mobil SUV di Indonesia. Bagaimana tidak, mobil dakar yang satu ini dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni untuk memastikan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan Anda selama di jalan.

Sebut saja dimensi interior yang luas dan panjang, desain eksterior yang tangguh, ukuran ground clearance tinggi, mesin diesel dengan cc besar yang andal, sampai fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan yang lengkap. Dengan semua ini, Pajero Sport selalu menjadi pilihan favorit orang-orang yang sedang mencari mobil dakar.

Di samping itu, Mitsubishi Pajero Sport ini juga telah hadir dengan berbagai varian dan jenis konfigurasi, entah itu transmisi manual ataupun transmisi otomatis (matic). Lantas, di antara Pajero Sport matic dan manual, mana yang lebih bagus? Apa saja perbedaan keduanya? Penasaran dengan jawabannya? 

Lewat artikel ini, tim Otopapa akan tunjukkan perbandingan Pajero Sport matic atau manual. Harapannya, ini dapat membantu Anda menentukan mau pilih varian Pajero Sport dengan transmisi manual atau varian dengan transmisi otomatis. Jadi, tunggu apa lagi? Baca artikel ini!

Pilihan Model Mitsubishi Pajero Sports

Pilihan Model Mitsubishi Pajero Sports
freepik.com

Seperti yang dijelaskan oleh D. Defrizen (2018), mobil SUV atau Sport Utility Vehicle adalah jenis mobil yang punya mesin bertenaga besar untuk melewati segala medan, baik itu on-road maupun off-road. Nah, salah satu jenis mobil SUV yang populer di Indonesia adalah Mitsubishi Pajero Sport.

Sama seperti Toyota Fortuner maupun Honda CR-V yang tersedia dalam berbagai model dan varian, Pajero Sport juga begitu. Seperti yang dilansir di situs resminya, pabrikan Mitsubishi ini menyediakan 6 model Pajero Sport yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Keenam model SUV Mitsubishi Pajero Sport ini juga hadir dengan berbagai pilihan warna, ada putih, hitam, silver, dan abu-abu. Silakan pilih yang paling sesuai dengan preferensi dan selera Anda.

Berikut adalah model mobil Pajero Sport, tipe transmisi, serta harganya. Silakan cek tabel di bawah!

Model Pajero SportTipe TransmisiHarga
Exceed (4X2) MTManual atau MaticRp. 560.100.000,00
Exceed (4×2) ATOtomatisRp. 575.300.000,00
GLX (4×4) MTManual atau MaticRp. 586.100.000,00
Dakar (4×2) ATOtomatisRp. 634.400.000,00
Dakar Ultimate (4×2) ATOtomatisRp. 684.600.000,00
Dakar Ultimate (4×4) ATOtomatisRp. 745.100.000,00

Dari tabel di atas, bisa disimpulkan bahwa model Pajero Sport yang menggunakan transmisi otomatis atau matic (AT) adalah Exceed (4×2) AT, Dakar (4×2), Dakar Ultimate (4×2), dan Dakar Ultimate (4×4). Sementara transmisi manual (MT) hanya tersemat pada dua model Pajero Sport, yaitu Exceed (4×2) MT dan GLX (4×4) MT.

Oh iya Otopaps, perlu untuk Anda ketahui bahwa harga yang ada di tabel adalah harga dari New Mitsubishi Pajero Sport untuk tahun 2023-2024. Dalam kata lain, jika Anda mencari mobil SUV Pajero Sport bekas keluaran tahun 2017, 2018, 2019, 2020, Facelift 2021, atau 2022, harganya akan jauh lebih murah dari apa yang ada di daftar.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Pajero Sport Matic atau Manual - Terbaru 2024

Sekarang, mari menuju ke topik utama dari artikel ini, yaitu perbandingan Pajero Sport matic atau manual. Kira-kira, apa saja aspek yang membedakan mobil dakar Pajero Sport matic dengan Pajero Sport manual? Temukan jawabannya di bawah!

1
Kegunaan

Pajero Sport Matic Cocok untuk Mobilitas di Kota, Pajero Sport Manual Cocok untuk Jalanan Offroad

Kegunaan

2
Perawatan

Mobil Pajero Sport Manual Punya Perawatan yang Lebih Mudah dan Murah daripada Pajero Sport Matic

Perawatan

3
Harga

Harga Lebih Murah Pajero Sport Manual, yang Matic Lebih Mahal

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pajero Sport Matic Cocok untuk Mobilitas di Kota, Pajero Sport Manual Cocok untuk Jalanan Offroad
© freepik.com
1
Pajero Sport Matic Cocok untuk Mobilitas di Kota, Pajero Sport Manual Cocok untuk Jalanan Offroad

Kegunaan

Rekomendasi kami

Aspek pertama yang menjadi perbedaan Pajero Sport matic atau manual adalah kegunaan. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa mobil matic adalah jenis mobil yang menggunakan transmisi otomatis untuk kemudahaan penggunaan. Artinya, Anda tidak perlu mengganti gigi secara manual untuk meningkatkan atau menurunkan kecepatan mobil

Sebaliknya, mobil dakar Pajero Sport manual adalah jenis mobil yang menggunakan transmisi manual. Artinya, Anda masih harus mengganti gigi untuk meningkatkan kecepatan mobil dan menurunkannya. Meski penggunaannya tidak semudah varian yang matic, namun mobil Pajero Sport manual unggul dalam hal kontrol atas perpindahan gigi.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa mobil Pajero Sport matic sangat cocok untuk Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaan untuk mobilitas sehari-hari di jalanan kota. Selain itu, berkat penggunaan transmisi otomatis, mobil dakar Pajero Sport matic cocok untuk Anda yang baru bisa nyetir mobil dan ingin mengendarai mobil SUV.

Sementara itu, mobil Pajero Sport manual adalah jenis mobil SUV untuk Anda pecinta offroad yang butuh mobil untuk menerjang jalanan menanjak ataupun jalanan tidak rata. Kenapa begitu? Itu karena penggunaan transmisi manual ini mampu memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas perpindahan gigi.

Meski begitu, mobil Pajero Sport matic sebenarnya sudah dibekali dengan fitur-fitur keselamatan yang mumpuni. Semua fitur ini dirancang untuk meningkatkan performa andal mobil saat melewati jalanan-jalanan tidak bagus. Contohnya saja fitur Hill Start Assist yang berfungsi untuk membuat mobil SUV matic ini melewati jalanan menanjak.

Mobil Pajero Sport Manual Punya Perawatan yang Lebih Mudah dan Murah daripada Pajero Sport Matic
© freepik.com
2
Mobil Pajero Sport Manual Punya Perawatan yang Lebih Mudah dan Murah daripada Pajero Sport Matic

Perawatan

Perbedaan Pajero Sport matic atau manual yang kedua terletak pada aspek perawatan. Perawatan yang dimaksud di sini adalah kemudahan perawatan sekaligus biaya perawatan. Dalam hal ini, jelas, mobil SUV Pajero Sport manual lebih unggul daripada mobil SUV Pajero Sport matic.

Karena bagaimanapun, kendaraan yang menggunakan transmisi manual sejak dulu sudah terkenal karena perawatannya yang mudah ketimbang kendaraan bertranmisi otomatis. Biaya perawatan mobil bertipe manual juga lebih murah daripada mobil yang menggunakan transmisi matic.

Harga Lebih Murah Pajero Sport Manual, yang Matic Lebih Mahal
© freepik.com
3
Harga Lebih Murah Pajero Sport Manual, yang Matic Lebih Mahal

Harga

Rekomendasi kami

Berbicara tentang harga atau price, bisa tim Otopapa katakan bahwa mobil SUV Pajero Sport manual punya harga yang lebih murah ketimbang mobil Pajero Sport matic. Hal ini dibuktikan oleh tabel yang sudah tim Otopapa tunjukkan di awal artikel. Coba cek kembali dan periksa perbedaan harga antara Pajero Sport matic atau manual.

Mari ambil contoh mobil SUV Pajero Sport dengan model Exceed (4×2) AT dan Exceed (4×2) MT. Untuk varian Exceed (4×2) dengan transmisi manual (MT), harganya ada di kisaran angka 560 juta rupiah. Di sisi lainnya, varian Exceed (4×2) AT yang menggunakan transmisi matic memiliki harga sekitar 575 juta rupiah.

Dari contoh di atas, bisa disimpulkan bahwa harga mobil Pajero Sport matic lebih mahal daripada mobil Pajero Sport manual. Rentang harganya sekitar 10 sampai 15 juta rupiah. Jadi, pilihlah mobil Pajero Sport yang punya harga paling sesuai dengan budget, ya Otopaps. Sebagai tips tambahan, gunakan promo lebaran untuk mendapatkan mobil SUV Pajero Sport dengan harga yang lebih murah.

Tanya Jawab Seputar Pajero Sport Matic atau Manual

Di section ini, tim Otopapa akan tunjukkan pertanyaan-pertanyaan populer seputar Pajero Sport matic atau manual yang sering ditanyakan orang-orang. Silakan cek!

Apakah Pajero Sport matic atau manual?

Tergantung dari varian dan modelnya, Mitsubishi Pajero Sport tersedia dalam transmisi otomatis alias matic dan manual. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pajero apakah ada yang matic?

Jawabannya ada. Untuk seri terbaru dari Mitsubishi Pajero Sport, kebanyakan sudah menggunakan jenis transmisi otomatis alias matic. Seri matic yang tersedia ini meliputi Exceed (4×2) AT, Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT.

Pajero Sport menggunakan transmisi apa?

Tergantung dari variannya, Pajero Sport hadir dalam dua jenis transmisi, yaitu manual dan otomatis alias matic

Berapa harga mobil Pajero Sport matic?

Harga paling murah dari mobil Pajero Sport matic adalah 560 juta rupiah untuk model Exceed (4×2) MT. Sementara itu, harga paling mahal dari mobil Pajero Sport matic adalah 745 juta rupiah untuk model Dakar Ultimate (4×4) AT.

Apa Pajero tipe tertinggi?

Tipe tertinggi dari All New Pajero Sport (ANPS) adalah Dakar Ultimate (4×4) AT. Mobil SUV ini punya dimensi yang lebih luas, mesin cc yang lebih andal, berat yang lebih besar, fitur yang lebih lengkap seperti sunroof, serta spesifikasi yang lebih mumpuni.

Kesimpulan: Pajero Sport Matic atau Manual

Sebagai penutup, Mitsubishi Pajero Sport hadir dalam 6 varian yang masing-masing variannya ada yang menggunakan transmisi manual dan transmisi matic. Lalu, ada 3 aspek yang menjadi perbedaan Pajero Sport matic atau manual, yaitu kegunaan, perawatan, dan harga.

Nah, setelah Anda mengetahui perbedaan antara mobil Pajero Sport matic dan manual, manakah yang akan Anda pilih? Apakah Pajero Sport matic atau Pajero Sport manual? Jika Anda sudah menentukan pilihannya, segera kunjungi situs resmi Mitsubishi dan beli model Pajero Sport pilihan Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo