Hide Menu

Gak Usah Bingung Lagi, Inilah 4 Aspek yang Membedakan Kualitas Ban Hankook vs Dunlop

Ketahui Perbedaan Kualitas Ban Mobil Hankook vs Dunlop Berdasarkan 4 Aspek, Hanya Dijelaskan Lengkap di Otopapa!

Artikel Kualitas Ban Hankook vs Dunlop ini diposting diperbarui
590 Pembaca
Like
Kualitas Ban Hankook vs Dunlop 2024
© freepik.com

Ban Hankook vs Dunlop, Bagus Mana?

Ban Hankook vs Dunlop, Bagus Mana?
freepik.com

Tidak dapat dipungkiri, di pasar otomotif Indonesia, ada banyak sekali merek ban mobil terbaik yang tersedia. Anda tentunya tidak asing lagi dengan nama Bridgestone, Achilles, Michelin, Accelera, dan GT Radial. Dari semua merk ini, Hankook dan Dunlop adalah dua merek yang paling sering dibandingkan.

Apa alasannya? Itu karena Hankook dan Dunlop sama-sama menghadirkan produk ban mobil berkualitas tinggi. Kualitas antara kedua merek ini tidak jauh berbeda, baik dari segi kenyamanan, kesenyapan, handling, maupun pengereman. Harga keduanya pun juga tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Lantas, ban Hankook vs Dunlop bagus mana? Untuk mengetahui jawabannya, baca artikel ini sampai habis. Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menampilkan review 4 aspek yang membedakan kualitas ban Hankook vs Dunlop, mulai dari pilihan model, kenyamanan dan kesenyapan, performa, dan harga. Jika penasaran, simak sampai selesai!

Ban Mobil Merk Apa yang Bagus?

Ban Mobil Merk Apa yang Bagus?
freepik.com

Menurut Yupi. H (2014), ban merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, maupun truk. Fungsinya adalah untuk menyangga beban kendaraan, meneruskan daya dorong dan pengereman kendaraan, kontrol arah kendaraan, sekaligus mengurangi getaran dari permukaan jalan.

Nah, kalau berbicara tentang merek ban mobil yang bagus, jawabannya sudah jelas ada banyak. Di pasar ban Indonesia sendiri, ada banyak sekali merk ban mobil yang tersedia. Masing-masing merek ini juga menawarkan berbagai macam model ban mobil yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Berikut adalah daftar merek ban mobil yang bagus beserta produknya yang laris manis di pasaran,

MerekModel Ban Mobil yang Laris Manis
HankookKinergy EX, Ventus V2 concept2, Dyanpor MT2, iON evo
DunlopDirezza DZ102, SP Sport LM705, Enasave EC300+, SP Touring R1
BridgestoneTuranza AR20, Turanza ER33, Ecopia R14, Techno Sports
AchillesLTR 80 R14, Sport R18, Platinum R14
AcceleraPHI-R, Eco Plush, Alpha, 651 Sport, Epsilon
GT RadialChampiro GTX Pro, Savero SUV, Champiro BXT Pro
ContinentalComfort Contact 6 (CC6), MaxContact 6 (MC6), UltraContact 6 (UC6)
FalkenSN832i
ForceumEcosa, EXP 70
MichelinPILOT SPORT 4, PRIMACY 4, PILOT SPORT 4 S, XCD2
GoodyearCargo Marathon 2, Maxguard SUV

Semua pilihan ban mobil di atas tersedia dalam berbagai ukuran ring, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Harga produk di atas juga beragam, ada yang murah di angka 300 ribuan dan ada juga yang mahal di angka 1 jutaan.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Kualitas Ban Hankook vs Dunlop - Terbaru 2024

Masuk ke topik utama dari artikel ini, di bawah adalah penjelasan tentang 4 aspek perbedaan antara kualitas ban Hankook vs Dunlop. Keempat aspek ini meliputi pilihan model ban, kenyamanan dan kesenyapan, performa, dan harga. Tanpa basa-basi, ayo simak penjelasannya! 

1
Pilihan Model Ban

Keduanya Menghadirkan Banyak Pilihan Model Ban, Hankook Lebih Banyak Sekitar 22 Produk

Pilihan Model Ban

2
Kenyamanan dan Kesenyapan

Butuh Ban Mobil yang Senyap? Pilihlah Ban Mobil dari Merek Hankook!

Kenyamanan dan Kesenyapan

3
Performa

Hankook Bagus di Performa Handling dan Pengereman, Dunlop Unggul di Daya Cengkeram yang Baik

Performa

4
Harga

Perbedaan Harga antara Ban Mobil Hankook dan Dunlop Tidak Jauh Berbeda, Hanya Sekitar 50 Ribu Rupiah

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Keduanya Menghadirkan Banyak Pilihan Model Ban, Hankook Lebih Banyak Sekitar 22 Produk
© freepik.com
1
Keduanya Menghadirkan Banyak Pilihan Model Ban, Hankook Lebih Banyak Sekitar 22 Produk

Pilihan Model Ban

Rekomendasi kami

Masuk ke aspek pertama yang membedakan ban mobil Hankook dan ban mobil Dunlop, yaitu pilihan model. Bisa dibilang bahwa keduanya sama-sama menghadirkan banyak pilihan model ban, entah itu ban mobil biasa maupun ban mobil semi slick. Yang membedakan adalah target pasarnya.

Dalam hal ini, Hankook hanya menciptakan model ban untuk kendaraan roda empat, seperti mobil penumpang, mobil SUV/CUV, mobil listrik, truk ringan, truk, bis, dan mobil balap. Berbeda dengan Hankook, Dunlop menawarkan banyak pilihan ban untuk mobil, truk, bis, dan juga sepeda motor.

Khusus untuk ban mobil, merek Hankook memiliki jumlah produk yang lebih banyak daripada merek Dunlop, sekitar 22 produk ban mobil. Di sisi lainnya, ban mobil yang disediakan oleh merk Dunlop sekitar 19 produk. Berikut adalah daftar ban mobil dari kedua merek ini.

Pilihan Ban Mobil Hankook

KategoriModel Ban Mobil
iONiON evo, iON evo SUV, iON evo AS SUV
VentusVentus Prime 4, Ventus S1 evo Z, Ventus S1 evo3, Ventus V2 concept2, Ventus S1 evo2, Ventus Prime, Ventus S1 noble2, Ventus S1 evo3 SUV
KinergyKinergy GT, Kinergy eco2, Kinergy EX
DynaproDynapro HPX, Dynapro HP2, Dynapro HT, Dynapro AT2 Xtreme, Dynapro XT, Dynapro MT2, Dynapro AT2
VantraVantra LT

Pilihan Ban Mobil Dunlop

KategoriModel Ban Mobil
PremiumSP Sport Maxx 050+
SportDirezza DZ102
ComfortSP Sport LM705
EcoENASAVE EC300+, ENASAVE EC350+
StandardSP Touring R1
SUV & 4WDGrandtrex AT5, Grandtrex ST30, Grandtrex ST20, Grandtrex AT20, Grandtrex AT22, Grandtrex AT25, Grandtrex MT2 (Wide), Grandtrex MT2 (Narrow)
CommercialSP10, SP LT 5, Hi-Max, SP Van 01, SP LT 4
Butuh Ban Mobil yang Senyap? Pilihlah Ban Mobil dari Merek Hankook!
© freepik.com
2
Butuh Ban Mobil yang Senyap? Pilihlah Ban Mobil dari Merek Hankook!

Kenyamanan dan Kesenyapan

Rekomendasi kami

Lanjut ke aspek perbedaan kualitas ban Hankook vs Dunlop yang kedua yaitu kenyamanan dan kesenyapan. Berbicara tentang hal ini, bisa dibilang bahwa ban mobil dari merek Hankook adalah pemenangnya. Di beberapa komunitas, orang-orang banyak mengatakan bahwa kelebihan dari ban mobil Hankook ada pada kenyamanan dan kesenyapannya.

Untuk membuktikannya, tim Otopapa akan mengambil contoh dua ban mobil penumpang dari kedua merek ini, yaitu Hankook Kinergy EX dan Dunlop SP Sport LM705. Keduanya sama-sama hadir dengan desain ban 5 tapak yang dirancang untuk meredam getaran dan mengurangi kebisingan selama Anda melaju di jalan.

Meski begitu, Hankook Kinergy EX lebih unggul karena ban mobil ini menggunakan teknologi VNT (Visual Noise Technology) dan optimal block position. Adanya dua teknologi ini berfungsi untuk meningkatkan performa ban Kinergy EX dalam mengurangi dan meredam getaran, sehingga memberikan pengalaman mengemudi yang senyap dan tidak berisik.

Dengan penjelasan ini, apakah itu menjelaskan bahwa Dunlop SP Sport LM705 jelek dan tidak nyaman? Jawabannya tentu tidak. Ban mobil Dunlop SP Sport LM705 tetaplah nyaman dan senyap. Hanya saja, ban mobil Hankook Kinergy EX lebih nyaman dan lebih senyap. Jadi, dari aspek kenyamanan dan kesenyapan, Hankook juaranya.

Hankook Bagus di Performa Handling dan Pengereman, Dunlop Unggul di Daya Cengkeram yang Baik
© freepik.com
3
Hankook Bagus di Performa Handling dan Pengereman, Dunlop Unggul di Daya Cengkeram yang Baik

Performa

Performa menjadi aspek ketiga yang membedakan kualitas ban Hankook vs Dunlop. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa kedua merek menawarkan ban mobil dengan performa yang sama-sama bagus, seperti yang ditunjukkan oleh Hankook Ventus V2 concept2 dan Dunlop Direzza DZ102.

Kedua ban mobil ini sama-sama punya desain sporty untuk meningkatkan estetika dari mobil Anda. Lebih dari itu, baik Hankook Ventus V2 concept2 dan Dunlop Direzza DZ102, keduanya juga mengadopsi struktur ban high-density nylon band yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerja ban saat menikung maupun handling.

Pada performa pengereman, kedua ban mobil ini juga sama-sama bagus. Ban Hankook Ventus V2 concept2 mengadopsi teknologi 3D dot effect dan Aqua driving controls untuk memberikan performa pengereman yang optimal di berbagai kondisi jalanan, entah itu jalan kering maupun jalan basah.

Sementara itu, Dunlop Direzza DZ102 menggunakan pola tapak baru yang dilengkapi dengan fitur Brake Slot untuk performa pengereman yang optimal di jalanan basah. Selain itu, pola tapak yang ada pada Dunlop Direzza DZ102 juga memastikannya punya daya cengkeram yang baik di jalan kering.

Perbedaan Harga antara Ban Mobil Hankook dan Dunlop Tidak Jauh Berbeda, Hanya Sekitar 50 Ribu Rupiah
© freepik.com
4
Perbedaan Harga antara Ban Mobil Hankook dan Dunlop Tidak Jauh Berbeda, Hanya Sekitar 50 Ribu Rupiah

Harga

Aspek terakhir yang membedakan ban mobil Hankook vs Dunlop ada pada harganya. Di e-commerce, tim Otopapa menemukan bahwa harga ban mobil Dunlop itu lebih murah ketimbang ban mobil Hankook. Meski begitu, perbedaan harga antara keduanya pun tidak terpaut jauh, sekitar 50 ribuan saja.

Harga ban mobil paling murah dari merek Dunlop sekitar 565 ribu rupiah untuk model Touring R1. Sementara itu, harga ban mobil yang paling murah dari merek Hankook ada di angka 605 ribu rupiah untuk model Ventus V2.

Namun, satu yang harus Otopaps ketahui, harga ban mobil ini tergantung dari ukuran ring dan kualitasnya. Biasanya, semakin besar ukuran ring dan semakin bagus kualitasnya, maka akan semakin mahal pula harga dari ban mobil tersebut.

Tanya Jawab Seputar Kualitas Ban Hankook vs Dunlop

Di bawah ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan orang-orang ketika membahas kualitas ban Hankook vs Dunlop. Silakan baca.

Apakah ban mobil merk Hankook bagus?

Jawabannya iya. Ban mobil dari merek Hankook memiliki kualitas yang bagus dengan performa yang solid dan harga yang terjangkau. Pilihan model ban mobil dari merk ini juga banyak, entah itu untuk mobil penumpang, mobil SUV, mobil listrik, truk ringan, bis, dan mobil balap.

Ban Hankook buatan apa?

Hankook merupakan merek ban mobil buatan perusahaan Hankook Tire & Technology Group yang berasal dari Korea Selatan.

Apakah ban mobil merk Dunlop bagus?

Sama seperti Hankook, Dunlop juga merupakan merek yang menghadirkan ban mobil berkualitas dengan harga yang terjangkau. Produk-produk dari Dunlop pun beragam, mulai dari ban untuk sepeda motor, ban untuk mobil, maupun ban untuk truk.

Ban mobil merk apa yang bagus?

Sejak tahun 2018, ada banyak merek ban mobil terbaik yang bisa Anda pertimbangkan, seperti:

  • Hankook
  • Dunlop
  • Bridgestone
  • Achilles
  • Accelera
  • GT Radial
  • Continental
  • Falken
  • Forceum
  • Michelin
  • Goodyear

Kesimpulan: Kualitas Ban Hankook vs Dunlop

Tiba juga Anda di bagian akhir dari artikel ini. Pada dasarnya, ban mobil Hankook dan Dunlop memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terhitung ada 4 aspek yang membedakan kedua merek ini, seperti pilihan model ban, kenyamanan serta kesenyapan, performa, dan terakhir harga.

Kesimpulannya, jika Anda sedang mencari ban mobil dengan handling yang baik, pengereman yang bagus, dan senyap, maka jawabannya adalah Hankook. Sementara itu, jika Anda ada di budget yang terbatas dan butuh ban mobil dengan kualitas yang bagus, maka Anda bisa memilih Dunlop.

Jadi Otopaps, di antara ban mobil Hankook dan Dunlop, manakah yang akan Anda pilih? Silakan pilih yang paling sesuai dengan spesifikasi mobil Anda dan yang paling cocok dengan budget Anda. Akhir kata, semoga artikel ini membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo