Hide Menu

Kualitas Ban Accelera vs Bridgestone Bagus Mana? Cari Tahu 4 Perbedaannya di Sini!

Review Perbandingan Kualitas Ban Accelera vs Bridgestone Berdasarkan 4 Aspek: Pilihan Model Ban, Efisiensi Bahan Bakar, Kualitas Performa, dan Harga

Artikel Kualitas Ban Accelera vs Bridgestone ini diposting diperbarui
470 Pembaca
Like
Kualitas Ban Accelera vs Bridgestone 2024
© freepik.com

Ban Accelera vs Bridgestone, Bagus Mana?

Ban Accelera vs Bridgestone, Bagus Mana?
freepik.com

Berbicara tentang ban mobil di Indonesia, ada banyak sekali merek ban bagus yang bisa Anda pertimbangkan. Sebut saja Accelera, Bridgestone, Dunlop, Hankook, Forceum, GT Radial, Achilles, dan Michelin. Semua merk ini menawarkan banyak pilihan ban terbaik untuk mobil, mulai dari mobil penumpang sampai mobil SUV.

Nah, dari semua merk di atas, Accelera dan Bridgestone adalah dua nama yang sering dibandingkan. Lantas, apa saja aspek perbandingan antara ban mobil buatan Accelera dengan ban mobil buatan Bridgestone? Untuk mengetahui jawabannya, baca saja artikel ini sampai habis.

Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menunjukkan perbedaan kualitas ban Accelera vs Bridgestone dari 4 aspek, seperti pilihan model ban, efisiensi bahan bakar, kualitas performa, dan harga. Anda juga akan mendapatkan 6 rekomendasi ban mobil dari kedua merek ini. Kesemuanya adalah produk berkualitas, tidak ada yang jelek. Jadi, ayo baca! 

Ban Mobil Merk Apa yang Bagus?

Ban Mobil Merk Apa yang Bagus?
freepik.com

Menurut Yopi. H (2014) di penelitiannya, ban merupakan salah satu komponen penting di setiap kendaraan karena fungsinya. Fungsi dari ban sendiri adalah untuk menyangga beban kendaraan, meneruskan daya dorong dan pengereman, sekaligus meredam getaran yang dihasilkan oleh permukaan jalanan.

Karena fungsinya ini, maka penting untuk selalu merawat dan mengganti ban mobil jika masa pakainya sudah habis atau tapaknya sudah halus. Di Indonesia, ada banyak merk ban mobil terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi merek ban mobil beserta jenis-jenis produknya. Silakan cek tabel di bawah!

Daftar Merk Ban Mobil Terbaik di Indonesia

MerekProduk Ban Mobil
AcceleraEco Plush, Phi-R, IOTA EVT, Gamma, 651 Sport, Omikron HT, Ultra 5, Alpha
BridgestonePotenza Adrenalin RE003, Potenza S007A, Turanza T005A, Turanza AR20, Ecopia EP300, Techno
DunlopSP Touring R1, SP Sport LM705, Direzza DZ102, Enasave EC300+ 
HankookVentus V2 concept2, Kinergy EX, iON evo, Dyanpor MT2
ForceumEcosa, EXP 70
GT RadialChampiro BXT Pro, Champiro GTX Pro, Savero SUV
AchillesSport R18, LTR 80 R14, Platinum R14
MichelinPILOT SPORT 4, PRIMACY 4, PILOT SPORT 4 S, XCD2
GoodyearCargo Marathon 2, Maxguard SUV, Assurance ComfortTred, Assurance Maxguard, Assurance Duraplus 2

Masing-masing produk ban mobil di atas hadir dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ukuran yang tersedia pun beragam, mulai dari ring 10, 13, 14, 15, 16, 17, 18, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memilih jenis ban tubeless, ban tubetype atau ban semi-slick dari merek-merek tersebut.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Kualitas Ban Accelera vs Bridgestone - Terbaru 2024

Di bawah ini adalah penjelasan seputar 4 aspek perbandingan kualitas ban Accelera vs Bridgestone. Silakan baca!

1
Pilihan Model Ban

Sama-Sama Punya Banyak Pilihan Model Ban, Silakan Pilih yang Paling Sesuai Spesifikasi Mobil Anda!

Pilihan Model Ban

2
Efisiensi Bahan Bakar

Ban Mobil Bridgestone Lebih Efisien dalam Aspek Bahan Bakar Karena Menggunakan Teknologi ENLITEN

Efisiensi Bahan Bakar

3
Kualitas Performa

Cari Ban Mobil Stabil? Pilih Accelera! Butuh Ban Mobil dengan Performa All-Rounder? Bridgestone Jawabannya!

Kualitas Performa

4
Harga

Ban Mobil Accelera Hadir dengan Harga yang Murah, Ban Mobil Bridgestone Lebih Mahal

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sama-Sama Punya Banyak Pilihan Model Ban, Silakan Pilih yang Paling Sesuai Spesifikasi Mobil Anda!
© freepik.com
1
Sama-Sama Punya Banyak Pilihan Model Ban, Silakan Pilih yang Paling Sesuai Spesifikasi Mobil Anda!

Pilihan Model Ban

Rekomendasi kami

Masuk ke aspek perbedaan antara ban Accelera vs Bridgestone yang pertama yaitu pilihan model ban. Secara umum, kedua merek ini sama-sama menawarkan banyak pilihan model ban yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan maupun preferensi Anda. Hanya saja, Bridgestone punya katalog produk yang lebih banyak ketimbang Accelera.

Di situs resminya, terhitung ada sekitar 7 kategori ban mobil yang disediakan Bridgestone. Masing-masing kategori ini menghadirkan ban mobil dengan kelebihannya masing-masing. Contoh saja, kategori Turanza yang punya kelebihan di kesenyapan dan kenyamanan atau kategori Techno yang unggul dalam performa yang merata di segala sisi.

Berikut adalah kategori ban mobil Bridgestone beserta model-modelnya yang tersedia, silakan cek.

Produk Ban Mobil Bridgestone

KategoriModel Ban Mobil
PotenzaPOTENZA S007A, Potenza Adrenalin RE003, Potenza RE050, POTENZA S001
TuranzaTuranza T005A, Turanza ER33, Turanza AR20, Turanza ER370
EcopiaEcopia EP300, Ecopia EP150, Ecopia MPV-1
AlenzaAlenza 001
DuelerDueler HP SPORT, Dueler All-Terrain 697, Dueler Mud Terrain 674, Dueler H/L 683, Dueler H/P D680, Dueler H/T 684 II, Dueler H/T 687, Dueler H/T 689
TechnoTechno, Techno Sport
DuravisDuravis R624

Di sisi lainnya, produk ban mobil dari merek Accelera terbagi menjadi 5 kategori yang meliputi mobil penumpang, mobil balap, mobil racing rally, mobil SUV 4×4, dan mobil komersial. Adapun kategori dan model ban mobil dari Accelera adalah sebagai berikut.

Produk Ban Mobil Accelera

KategoriModel Ban Mobil
Mobil Penumpang (Passenger Car)Phi, , Phi 2, Phi R, IOTA EVT, Eco Plush, Gamma
Mobil Balap (Street Legal)651 Sport, 351 Sport GD
RallyRA162
SUV 4×4Omikron HT, Omikron A/T, Omikron C/T, Omikron M/T-01, Badak X-Treme, IOTA-ST68
Mobil KomersilUltra 3, Ultra 5
Ban Mobil Bridgestone Lebih Efisien dalam Aspek Bahan Bakar Karena Menggunakan Teknologi ENLITEN
© freepik.com
2
Ban Mobil Bridgestone Lebih Efisien dalam Aspek Bahan Bakar Karena Menggunakan Teknologi ENLITEN

Efisiensi Bahan Bakar

Perbedaan kualitas ban Accelera vs Bridgestone yang kedua ada pada aspek efisiensi bahan bakar. Dalam hal ini, tim Otopapa menemukan beberapa pecinta otomotif mengatakan bahwa efisiensi bahan bakar dari ban mobil Bridgestone itu lebih baik daripada ban mobil Accelera.

Untuk membuktikannya, tim Otopapa akan membandingkan ban mobil eco-friendly dari kedua merek ini, yaitu Accelera Eco Plush dan Bridgestone Ecopia EP150 Enliten. Di sini, Accelera Eco Plush mengadopsi teknologi center ribs with adaptive sipes yang berfungsi meningkatkan kemampuan mobil dalam berakselerasi dan mengerem.

Ban mobil eco-friendly buatan Accelera ini juga hadir dengan desain three-main ribs yang dirancang khusus untuk memberikan daya cengkeram yang baik sekaligus mengurangi kebisingan. Dengan semua ini, ban mobil Accelera Eco Plush mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Di sisi lainnya, sesuai namanya, Bridgestone Ecopia EP150 Enliten menggunakan teknologi ENLITEN. Ini adalah teknologi yang dirancang untuk memastikan ban mobil Ecopia EP150 punya efisiensi bahan bakar yang besar, tingkat keselamatan dan keamanan yang tinggi, serta performa luar biasa di jalanan kering maupun basah.

Lebih baiknya lagi, Bridgestone Ecopia EP150 Enliten juga memiliki rating RRC (Rolling Resistance Coefficient) yang rendah untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik. Jadi, di antara Accelera dan Bridgestone, ban mobil buatan Bridgestone unggul di aspek efisiensi bahan bakar.

Cari Ban Mobil Stabil? Pilih Accelera! Butuh Ban Mobil dengan Performa All-Rounder? Bridgestone Jawabannya!
© freepik.com
3
Cari Ban Mobil Stabil? Pilih Accelera! Butuh Ban Mobil dengan Performa All-Rounder? Bridgestone Jawabannya!

Kualitas Performa

Rekomendasi kami

Aspek ketiga yang membedakan ban mobil Accelera vs Bridgestone ada pada kualitas performanya. Untuk menjawabnya, tim Otopapa akan membandingkan dua produk paling laris yang ditawarkan dari kedua merek ini, yaitu Accelera PHI-R dan Bridgestone Turanza T005A Touring.

Pada aspek ini, Bridgestone Turanza T005A hadir dengan desain optimized contact shape untuk menjaga konsistensi tekanan ban serta mengurangi goncangan maupun kebisingan, memastikan kenyamanan saat berkendara. Ada juga fitur reinforced sidewall yang berfungsi untuk mengurangi getaran sekaligus meningkatkan kenyamanan.

Selain itu, ban mobil Turanza T005A juga dilengkapi dengan round rib edge dan chamfering yang dirancang khusus untuk memberikan performa handling dan pengereman yang optimal di jalan kering dan jalan basah. Berbicara tentang kesenyapan, ban mobil ini menggunakan fitur high-angle sipes untuk meredam getaran dan guncangan selama di jalan.

Di sisi lainnya, Accelera PHI-R dibekali dengan desain triple rib dan shoulder block untuk meningkatkan stabilitas mobil saat melaju di kecepatan tinggi sekaligus memberikan respons kemudi yang baik saat menikung maupun bermanuver. Terlebih, ban mobil Accelera PHI-R juga memiliki sipe tambahan yang dirancang untuk mengurangi getaran jalanan.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa ban mobil Bridgestone Turanza T005A punya keunggulan dalam aspek kenyamanan, kesenyapan, serta performa handling dan pengereman yang optimal. Sementara itu, ban mobil Accelera PHI-R memiliki kelebihan di aspek stabilitas dan manuver yang baik.

Ban Mobil Accelera Hadir dengan Harga yang Murah, Ban Mobil Bridgestone Lebih Mahal
© freepik.com
4
Ban Mobil Accelera Hadir dengan Harga yang Murah, Ban Mobil Bridgestone Lebih Mahal

Harga

Terakhir, beda ban Accelera dan Bridgestone ada pada aspek harganya. Berbicara tentang harga, ban mobil buatan Accelera lebih murah daripada ban mobil Bridgestone. Di e-commerce Indonesia, ban mobil Accelera punya harga sekitar 500 ribu rupiah sampai 1.3 juta rupiah, tergantung dari model ban yang Anda pilih.

Berbeda dengan Accelera, harga ban mobil dari merek Bridgestone terpantau lebih mahal. Pasalnya, tim Otopapa menemukan bahwa harga paling murah dari ban mobil Bridgestone ada di angka 650 ribu rupiah dan harga paling mahalnya bisa mencapai angka 4 juta rupiah.

Tanya Jawab Seputar Kualitas Ban Accelera vs Bridgestone

Sebelum pergi ke bagian akhir dari artikel ini, tambah wawasan Anda dengan membaca beberapa pertanyaan populer tentang kualitas ban Accelera vs Bridgestone di bawah.

Apa keunggulan ban Accelera?

Keunggulan dari ban Accelera ada pada desainnya yang cakep, daya cengkram yang baik, dan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Ban Accelera merek apa?

Ban Accelera merupakan sebuah merek yang berada di bawah naungan perusahaan besar bernama PT. Elangperdana Tyre Industry.

Ban Accelera terbuat dari bahan apa?

Berdasarkan deskripsi setiap produknya, kebanyakan ban mobil Accelera terbuat dari campuran bahan seperti karet alam, karet sintetis, karbon, dan belerang.

Berapa harga ban mobil Accelera?

Harga ban mobil dari merek Accelera berkisar antara 500 ribu rupiah sampai 1.3 juta rupiah, membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang sedang mencari ban mobil bagus di harga terjangkau.

Ban mobil merk apa yang bagus?

Sejak sebelum tahun 2018 sampai hari ini, ada banyak merek ban terbaik untuk mobil yang meliputi Accelera, Achilles, Bridgestone, Dunlop, Hankook, Forceum, GT Radial, Goodyear, dan Michelin.

Kesimpulan: Kualitas Ban Accelera vs Bridgestone

Selesai sudah pembahasan tim Otopapa tentang perbandingan kualitas ban Accelera vs Bridgestone. Untuk menutup artikel ini, terhitung ada 4 aspek yang membedakan kualitas ban dari merek Accelera dan Bridgestone. Keempat aspek tersebut adalah pilihan model ban, efisiensi bahan bakar, kualitas performa, dan harga.

Sekarang, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Mau pilih ban mobil Accelera atau ban mobil Bridgestone? Jika belum, tim Otopapa merekomendasikan Accelera untuk yang sedang mencari ban mobil bagus di harga yang terjangkau. Namun, jika Anda menomorsatukan kualitas, maka ban mobil buatan Bridgestone cocok untuk Anda.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo