Hide Menu

Wajib Tahu, Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli untuk Semua Kendaraan Roda 2!

Penjelasan Tentang Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli, Cocok untuk Sepeda Motor Matic, Bebek, dan Racing

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli ini diposting diperbarui
2.1K Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli 2024
© freepik.com

Pikoli, Oli Bagus Incaran Semua Rider Sejati

Pikoli, Oli Bagus Incaran Semua Rider Sejati
freepik.com

Apakah Anda pernah mendengar nama oli mesin dengan merek Pikoli? Mungkin Anda masih asing dengan nama merek oli ini di dunia otomotif, namun ternyata oh ternyata, Pikoli merupakan salah satu perusahaan oil terbesar yang ada di Asia dengan total produksi oli hampir 3.200.000 ton per tahun.

Lebih baiknya lagi, merek oil Pikoli juga sudah mengantongi sertifikat API alias American Petroleum Institute (API), JASO atau Japanese Standart Organization, NLGI alias National Lubricant Greas Institute, dan bahkan juga SNI atau Standart Nasional Indonesia. Ini tentu membuat oli bagus ini sudah lulus standar kualitas.

Untuk pilihan jenis olinya, Pikoli sendiri hadir dengan berbagai oli mesin untuk sepeda motor matic, bebek, kopling, maupun jenis motor racing. Bukan cuma itu, namun merek oli ini pun juga dibanderol dengan harga yang lebih murah dari merk oli sintetik lainnya. Bisa nih Otopaps jadikan alternatif kalo lagi nyari oli mesin berkualitas dengan harga terjangkau.

Namun, tentu saja, sebelum Anda membeli merk oli ini, penting bagi Anda untuk mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Oleh karena itu, artikel ini telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan oli Pikoli untuk Anda. Silakan baca!

Spesifikasi Oli Pikoli

Spesifikasi Oli Pikoli
freepik.com

Di beberapa deskripsi produknya, tim Otopapa menemukan bahwa kebanyakan jenis oli dari merek Pikoli terbuat dari bahan synthetic atau sintetik. Untuk Anda yang belum tahu, oli full sintetik merupakan jenis oli yang terkenal karena karekteristiknya yang mudah mengalir, kestabilan yang baik pada suhu tinggi, serta tingkat stabilitas oksidasi yang bagus.

Lalu, bagaimana dengan spesifikasi SAE dari oli Pikoli? Untuk spesifikasinya, itu tergantung dari jenis olinya. Oli mesin Pikoli untuk sepeda motor matic dan bebek memiliki spesifikasi SAE 10W-40. Sementara itu, oli Pikoli untuk sepeda motor kelas racing hadir dengan spesifikasi SAE 5W-40.

Dengan tingkat ukuran kekentalan SAE yang dimiliki oli Pikoli ini membuatnya cocok untuk digunakan semua jenis sepeda motor dari berbagai pabrikan di Indonesia. Entah itu Honda Beat karbu, Honda Vario injeksi, motor sport Honda CB150X, Yamaha Nmax, Yamaha XSR 155, Yamaha Vega, dan banyak lagi.

Rekomendasi Merk Oli Mesin Motor Terbaik Selain Pikoli

Rekomendasi Merk Oli Mesin Motor Terbaik Selain Pikoli
freepik.com

Oli merupakan sebuah minyak pelumas dengan fungsi untuk mengurangi keausan dan gesekan mesin ditambah dengan fungsi lain sebagai pendingin, peredam getaran serta pembersih kotoran di mesin motor (M. Arisandi et al, 2012). Karena fungsi pentingnya tersebut, sebagai pemilik motor, penting bagi Anda untuk selalu mengganti oli motor secara rutin.

Misalkan Anda butuh rekomendasi merek oil mesin terbaik selain oli Pikoli, silakan cek tabel di bawah.

10 Merek Oli Mesin Motor Terbaik

AHMShellYamalubeRepsolXTen
MotulCastrolFederalMobilRCA Batt

Kesepuluh merek di atas menawarkan berbagai macam produk oli berkualitas, mulai dari motor matic sampai motor sport. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang murah di angka Rp 30 ribu sampai yang paling mahal di angka Rp 120 ribu lebih.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli - Terbaru 2024

Di section ini, tim Otopapa akan menampilkan kelebihan dan kekurangan oli Pikoli matic, bebek, maupun racing. Jadi, jangan buang waktu Anda dan teruslah scroll ke bawah.

1
Kelebihan Oli Pikoli

Banyak Kelebihannya, Gak Kalah Sama Merk Oli Lainnya

Kelebihan Oli Pikoli

2
Kekurangan Oli Pikoli

Kurang Cocok untuk Anda yang Suka Campur-Campur Oli

Kekurangan Oli Pikoli

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Banyak Kelebihannya, Gak Kalah Sama Merk Oli Lainnya
© freepik.com
1
Banyak Kelebihannya, Gak Kalah Sama Merk Oli Lainnya

Kelebihan Oli Pikoli

Rekomendasi kami

Sebagai jenis oli full sintetik, oli Pikoli memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya cocok untuk berbagai jenis model motor Indonesia. Ditambah lagi, oli ini punya spesifikasi SAE 5W-40 dan SAE 10W-40 yang sesuai untuk penggunaan di Indonesia yang notabene negara tropis.

Untuk Anda yang belum tahu, oli dengan spesifikasi SAE 5W maupun 10W memiliki level viskositas yang baik pada suhu rendah alias dingin. Karakteristiknya juga encer dan tidak terlalu kental sehingga lebih mudah mengalir untuk melumasi mesin motor Anda dengan sempurna.

Selain dua kelebihan sebelumnya, di bawah ini adalah beberapa kelebihan lain dari oli Pikoli.

  • Pemakaian yang lebih lama daripada oli-oli dengan harga yang sama
  • Mampu menambah akselerasi motor
  • Kemampuan membersihkan endapan dan kotoran yang baik
  • Daya tahan oksidasi yang bagus sehingga tidak mudah aus
  • Mampu membuat umur mesin menjadi lebih awet dan tahan lama
  • Kemampuan melapisi metal pada komponen mesin dengan sempurna
  • Harga lebih murah daripada oli sintetik lainnya di pasaran
  • Cocok untuk iklim tropis
  • Sangat baik untuk perjalanan jauh
Kurang Cocok untuk Anda yang Suka Campur-Campur Oli
© freepik.com
2
Kurang Cocok untuk Anda yang Suka Campur-Campur Oli

Kekurangan Oli Pikoli

Rekomendasi kami

Dibalik kelebihannya, ternyata oli Pikoli memiliki beberapa kekurangan karena penggunaan bahan sintetik. Kekurangan dari merk oli ini terletak pada ketidakmampuannya untuk dicampur dengan oli jenis mineral maupun oli sintetik lainnya.

Jadi, untuk Otopaps yang suka campur-campur oli, oli Pikoli kemungkinan tidak cocok Anda. Namun, jika Anda adalah pengguna motor biasa yang selalu mengganti oli sebulan sekali atau setiap motor Anda sudah menempuh jarak 3000km, maka oli Pikoli bisa Anda pertimbangkan.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli

Sebelum Anda pindah ke bagian akhir dari artikel ini, tim Otopapa akan mengajak Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah. Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan jenis pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh penggemar otomotif tentang kelebihan dan kekurangan oli Pikoli. Yuk, simak!

Berapa SAE oli Pikoli?

Oli Pikoli untuk motor matic dan bebek memiliki spesifikasi SAE 10W-40. Sementara oli Pikoli untuk sepeda motor sport atau racing memiliki spesifikasi SAE 5W-40.

Apa itu oli Pikoli?

Oli Pikoli merupakan jenis pelumas motor berkualitas tinggi yang cocok untuk sepeda motor matic, bebek, dan motor racing.

Oli Pikoli Gaenwa untuk motor apa?

Oli Pikoli dengan tipe Gaenwa cocok untuk motor bebek seperti Grand, Supra, Vega, dan Revo.

Apa kelebihan oli Pikoli matic?

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan oli Pikoli matic:

  • Menjaga performa mesin motor
  • Mampu membersihkan mesin dengan baik
  • Tidak mudah menguap
  • Membuat mesin stabil pada kecepatan tinggi
  • Memiliki sertifikasi JASO MB

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli

Selesai sudah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan oli Pikoli. Sebagai penutup, oli Pikoli merupakan oli mesin motor sintetik yang punya berbagai kelebihan, mulai dari daya tahannya yang lama, kemampuan melumasi mesin motor dengan sempurna, hingga meningkatkan akselerasi motor Anda. Harganya pun lebih terjangkau daripada merek oli sintetik lainnya yang ada di pasaran.

Apakah Otopaps tertarik buat beli oli Pikoli ini? Kalau begitu, Anda bisa segera klik link pembelian yang telah kami sediakan di atas. Semua produk oli di atas adalah produk oli berkualitas dari toko-toko terpercaya. Selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo