Hide Menu

Harus Tahu! Inilah 4 Kelebihan dan 1 Kekurangan Aki RCA Batt. Biar Gak Salah Beli!

Penjelasan Seputar Kelebihan dan Kekurangan Aki RCA Batt, Aki Pendatang dengan Harga Terjangkau. Apa Worth Buat Dibeli?

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Aki RCA Batt ini diposting diperbarui
129 Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Aki RCA Batt 2024
© istockphoto.com/joebelanger

Kenalan Dulu dengan RCA Batt, Merk Aki Terjangkau Buat Motor dan Mobil

Kenalan Dulu dengan RCA Batt, Merk Aki Terjangkau Buat Motor dan Mobil
istockphoto.com/Robin-Gentry

Tidak dapat dipungkiri bahwa di luar sana ada banyak sekali merk bagus yang menawarkan aki terbaik yang berkualitas, baik untuk sepeda motor matic, motor bebek, maupun mobil. Anda pasti sudah tidak asing dengan nama-nama seperti GS Astra, Yuasa, Amaron, Incoe, BOSCH, G-Force, Nagoya, Toyo, Kayaba, Alkaline, Motobatt, ataupun Federal.

Nah, dari banyaknya pilihan merk aki atau accu, ada satu nama yang mungkin akan menarik perhatian Anda, yaitu RCA Batt buatan PT Dirgaputra Ekapratama. Ini adalah brand pendatang yang baru berkiprah di dunia per-aki-an Indonesia kurang lebih 3 tahun. Harga terjangkau namun kualitas mewah adalah apa yang menjadi daya tarik dari merk aki ini.

Apakah RCA Batt memang sebagus itu? Tipe aki atau batre apa saja yang merk ini tawarkan? Lalu, seperti apa kelebihan dan kekurangan aki RCA Batt? Apakah Otopaps penasaran dengan semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini? Kalau begitu, baca artikel ini sampai habis karena tim kami akan menampilkan jawabannya.

Model Aki RCA Batt yang Tersedia di Pasaran

Model Aki RCA Batt yang Tersedia di Pasaran
istockphoto.com/DustyPixel

Seperti yang tertera di situs resminya, RCA Batt menawarkan dua jenis aki, yaitu RCA Premium Battery (Aki Basah) dan RCA Premium Battery MF (Aki Kering). Dari dua jenis aki ini, merk ini kemudian menghadirkan berbagai model aki untuk penggunaan sepeda motor, mobil, dan kendaraan roda empat lainnya. Old but gold, ya Otopaps? 

Untuk aki motor, RCA Batt menyediakan tiga model yang bisa Anda pilih sesuai dengan spesifikasi dari model motor Anda. Berikut adalah ketiga model aki tersebut:

  • GTZ-5S-MF: Supra X 125, Karisma, Vario, Beat Fi, Scoopy, Revo, Vixion, Mio Soul, Shogun 125, Spin, Arashi, dan Kawasaki ZX130
  • GTZ-7S-MF: Vario Techno CBS, Satria FU 150, Ninja 250
  • GM5Z-3B-MF: Grand Impressa, Legenda, Supra Fit, MegaPro, Yamaha VegaR, Jupiter MX, Mio, Shogun, Satria, Smash, Kaze, Blitz

Sementara untuk aki mobil, RCA Batt menyediakan sekitar 27 model aki yang bisa Anda pilih sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Untuk daftar lebih lengkapnya, silakan cek tabel di bawah.

NS40NS40LNS40ZNS40ZLN40NS60NS60L
NS60SNS60LSN50N50LN50ZN50ZLNS70
N70N70ZN100N120N150N20055530
5604856618580246003855D23R55D23L 

Perlu untuk Anda ingat bahwasanya setiap model aki RCA Batt, baik untuk motor ataupun mobil, punya ukuran ampere dan tegangan yang berbeda-beda, Oleh karena itu, saat memilih aki RCA Batt, pilihlah model yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Aki RCA Batt - Terbaru 2024

Apakah Otopaps sudah kenal lebih dekat dengan aki RCA Batt buatan PT Dirgaputra Ekapratama ini? Jika sudah, mari pindah ke section selanjutnya untuk mengetahui review kelebihan dan kekurangan aki RCA Batt.

1
Kelebihan Aki RCA Batt

Harga Terjangkau, Material Berkualitas, Teknologi Mewah, dan Garansi 6 Bulan

Kelebihan Aki RCA Batt

2
Kekurangan Aki RCA Batt

Umur yang Tidak Lebih Awet Daripada GS Astra ataupun Yuasa

Kekurangan Aki RCA Batt

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Harga Terjangkau, Material Berkualitas, Teknologi Mewah, dan Garansi 6 Bulan
© istockphoto.com//Tomas_Mina
1
Harga Terjangkau, Material Berkualitas, Teknologi Mewah, dan Garansi 6 Bulan

Kelebihan Aki RCA Batt

Rekomendasi kami

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aki RCA Batt.

  • Harga Terjangkau

Pertama, tentu saja, harga. Sebagai pendatang baru, aki RCA Batt ini hadir dalam perbedaan harga yang lebih murah daripada merk aki terkenal lainnya. Sebagai perbandingan, harga aki RCA Batt GTZ5S untuk Honda Beat adalah 155 ribu dan harga aki GS Astra GTZ5S untuk Honda Beat ada di angka 210 ribu.

Sementara itu, perbedaan harga aki mobil antara aki RCA Batt vs GS Astra juga berbeda. Aki RCA Batt NS40L dibanderol dengan harga 600 ribu, sedangkan aki mobil dari GS Astra dengan model NS40ZL harganya sekitar 810 ribu.

  • Material Kontainer Berkualitas

Murah bukan berarti murahan. Meski punya harga lebih murah daripada merk aki lainnya, aki RCA Batt terbuat dari material-material berkualitas untuk kualitas yang premium. Pertama adalah material proplylene copolymer yang digunakan untuk merancang kontainer aki, sehingga produknya ringan, kuat, dan tahan lama.

Kemudian, ada juga penggunaan material Separator Glassmatt yang berfungsi untuk melindungi lapisan elektroda serta menyimpan arus listrik dengan baik. Selain itu, penggunaan material Separator Glassmatt ini juga berfungsi untuk meminimalisir terjadinya korosi pada lapisan elektroda sehingga aki RCA Batt punya usia pemakaian yang lama.

  • Teknologi Mewah

Selain penggunaan material berkualitas, aki RCA Batt juga dilengkapi dengan berbagai teknologi mewah. Teknologi mewah yang dimaksud ini adalah penggunaan bahan timah atau lead murni pada plat negatif dan low antimony lead alloy pada plat positif. Apa spesialnya dari kedua bahan timah ini?

Penggunaan lead murni pada plat negatif ini berfungsi untuk mempercepat aktifasi sekaligus menurunkan laju luruh sehingga aki RCA Batt ini punya umur baterai yang lebih lama. Sementara itu, penggunaan low antimony lead alloy pada plat positif berfungsi untuk menghasilkan self discharge yang cepat dan waterloss yang rendah.

  • Garansi 6 Bulan

Kualitas yang aki RCA Batt miliki ini pun terjamin dengan adanya garansi 6 bulan. Jadi, jika suatu saat aki RCA Batt yang Anda beli ini rusak dalam kurun waktu 6 bulan sejak pembelian, Anda bisa mengklaim garansi untuk penggantian produk yang baru.

Terlebih lagi, RCA Batt ini juga menawarkan layanan maintenance dan servis bulanan gratis. Namun, ada syaratnya. Syarat itu adalah jika Anda adalah konsumen fleet atau orang-orang yang membeli produk aki RCA Batt dalam jumlah yang banyak.

Umur yang Tidak Lebih Awet Daripada GS Astra ataupun Yuasa
© istockphoto.com/joebelanger
2
Umur yang Tidak Lebih Awet Daripada GS Astra ataupun Yuasa

Kekurangan Aki RCA Batt

Rekomendasi kami

Sudah tahu dan paham mengenai kelebihan dari aki RCA Batt? Kalau begitu, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui kekurangannya. Berikut adalah kekurangan aki RCA Batt:

  • Umur Aki yang Tidak Terlalu Panjang

Ada harga, ada kualitas. Mungkin itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan aki RCA Batt. Dengan harga yang lebih murah daripada merk aki lainnya, kualitas dari aki RCA Batt pun bisa dibilang tidak lebih baik daripada merek aki terkenal seperti GS Astra atau Yuasa.

Selama menulis artikel ini, tim Otopapa menemukan bahwa banyak dari konsumen yang mengeluhkan umur dari aki RCA Batt yang tidak lebih dari 1 tahun. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa aki ini hanya dapat bertahan sekitar 7 sampai 9 bulan saja.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Aki RCA Batt

Sebelum Anda pergi ke bagian akhir dari artikel ini, silakan cek beberapa pertanyaan terkait aki RCA Batt di bawah ini!

Berapa harga aki motor RCA Batt?

Tergantung dari model aki yang Anda pilih, maka harga dari aki RCA Batt bervariasi, mulai dari 150 ribu sampai 250 ribu.

Berapa harga aki mobil RCA Batt?

Sementara untuk jenis aki mobil RCA Batt, harganya berkisar antara 600 ribu sampai 1.2 juta.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Aki RCA Batt

Aki atau batre adalah sebuah sel yang merupakan sumber arus listrik searah dengan fungsi untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik (Ilfachri). Selain itu, aki juga punya peran penting pada kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil. Adanya aki akan membantu mengalirkan komponen-komponen kendaraan Anda dengan arus listrik, tombol starter, lampu, mauupun klakson.

Jika aki di motor ataupun mobil sudah mulai rusak atau soak, maka Anda bisa menggantinya dengan aki yang baru. Selain GS Astra atau Yuasa, RCA Batt mungkin bisa menjadi alternatif ideal untuk Anda yang sedang mencari aki murah dengan kualitas yang bagus. Jadi, setelah tahu kelebihan dan kekurangan aki RCA Batt, apakah Anda tertarik untuk memiliki aki ini?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo