Hide Menu

Sedang Cari Review Motobatt? Ini 5 Kelebihan dan 2 Kekurangan Aki Motobatt, Wajib Tahu!

Pembahasan Seputar Kelebihan dan Kekurangan Aki Motobatt yang Wajib Otopapas Ketahui. Buat Pertimbangan Biar Gak Nyesel Pas Beli!

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Aki Motobatt ini diposting diperbarui
43 Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Aki Motobatt 2024
© istockphoto.com/philipimage

Mengenal Aki Motobatt, Aki Kering yang Menggunakan Gel Bukan Air Aki Zuur

Mengenal Aki Motobatt, Aki Kering yang Menggunakan Gel Bukan Air Aki Zuur
istockphoto.com/philipimage

Para Otopaps di sini tentu sudah tahu bahwa aki atau accu terbagi menjadi dua tipe tergantung dari isi akinya, yaitu aki kering dan aki basah. Lalu, di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak sekali merk aki mobil dan motor yang menjual aki kering berkualitas, mulai dari GS Astra, Yuasa, Federal, NS Battery, sampai Aspira.

Ada juga Motobatt, sebuah merek aki yang membawa inovasi baru di pasar aki kering. Jika kebanyakan aki kering yang tersedia di pasaran menggunakan air aki zuur di dalamnya, maka aki kering dari merk Motobatt justru menggunakan gel. Penggunaan gel ini pun menjadi kelebihan dari aki Motobatt dibandingkan dengan merek aki lainnya.

Lalu, apa saja kelebihan dari aki Motobatt? Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menampilkan 5 kelebihan dari aki Motobatt untuk Anda. Bukan cuma itu, kami juga menampilkan kekurangan dari merk aki ini. Dengan ini, Anda nantinya bisa mendapatkan gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan aki Motobatt. Tunggu apalagi? Mulailah membaca!

Produk Aki Motobatt yang Terjual di Pasaran

Produk Aki Motobatt yang Terjual di Pasaran
istockphoto.com/DustyPixel

Sebagai salah satu produsen aki motor berkualitas tinggi, ada banyak tipe aki yang dijual Motobatt selain aki kering gel. Produk aki Motobatt bertipe gel sendiri merupakan jenis aki yang memang dirancang untuk penggunaan sepeda motor di iklim panas seperti Indonesia. Berikut adalah beberapa model terbaik aki kering gel dari Motobatt:

Model Terbaik Aki Gel Motobatt

MTZ7VMTZ5SMTX5ALMTZ6S
MTX3LMTX9MTX7AMTX7D

Sementara itu, untuk jenis aki motor Motobatt selain aki gel, pilihannya ada tiga; aki QuadFlex, aki Pro Lithium, dan aki Hybrid. Ketiga jenis aki ini pun juga menawarkan berbagai model yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, jika Anda butuh aki yang menggunakan batre lithium untuk penggunaan professional atau kompetisi balap, maka ambillah model dari kategori aki Motobatt Pro Lithium. Begitupun juga jika Anda sedang mencari aki yang punya keseimbangan terbaik antara ampere (Ah) dan CCA, maka kategori aki Motobatt QuadFlex cocok untuk Anda.

Rekomendasi Merek Aki Selain Aki Motobatt

Rekomendasi Merek Aki Selain Aki Motobatt
istockphoto.com/Supersmario

Secara umum, aki memiliki peranan penting untuk menghidupkan beberapa komponen motor, entah itu klakson, lampu, sampai speedometer. Karena itulah aki menjadi sesuatu yang wajib Anda rawat dan cek untuk memastikan performa sepeda motor Anda tetap di kondisi yang maksimal.

Fakta ini pun sejalan dengan penelitian dari Lukito. Y. A. & Ningsih. T. H. pada tahun 2019 yang menyatakan bahwa aki motor merupakan sebuah alat atau baterai yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Nantinya, alat ini dapat digunakan untuk starting atau menghidupkan komponen-komponen pada sepeda motor.

Semisal Anda menemukan tanda-tanda aki motor soak di sepeda motor Anda, maka ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya; melakukan charging accu atau menggantinya dengan membeli aki motor yang baru. Jika Anda ingin mengganti aki Anda dengan aki Motobatt, maka pilihan model Motobatt MTZ5S bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda justru sedang mencari aki motor dari merek selain Motobatt, Anda bisa cek tabel di bawah. Kami telah merangkum 12 merek aki yang bisa Anda pertimbangkan ketika sedang mencari aki motor selain dari merek Motobatt.

Daftar Merek Aki yang Laris di Pasaran Selain Motobatt

NoMerek Aki Produk TerlarisNoMerek AkiProduk Terlaris
1GS AstraGS Astra GTZ5S7KayabaKayaba GTZ7S
2FederalFederal GTZ-5S8NS BatteryNS Hawk EAGNXZ67
3YuasaYuasa YTZ6V9QuantumQuantum GTZ5S
4AspiraAspira GM5Z-3B10TDRTDR Racing TLFP-7L
5AlkalineAlkaline ATZ7S-BS11TitanTitan ITZ5S
6ToyoToyo GTZ5S12WilzWilz GTZ5S

Bagaimanapun, setiap model aki itu dirancang untuk cocok dengan beberapa model motor. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli aki dari merek-merek di atas, coba perhatikan deskripsi produknya dan pastikan bahwa produk aki tersebut cocok dengan model motor Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Aki Motobatt - Terbaru 2024

Waktu yang Anda tunggu-tunggu telah tiba, apa sih kelebihan dan kekurangan aki Motobatt? Apa yang membuatnya lebih unggul daripada merk aki pada umumnya? Lalu, apa saja kekurangan dari aki Motobatt? Temukan semua jawabannya dengan terus scroll ke bawah. Selamat membaca!

1
Kelebihan Aki Motobatt

Inilah Lima Kelebihan Aki Motobatt yang Membuatnya Unggul dari Merek Aki Lainnya

Kelebihan Aki Motobatt

2
Kekurangan Aki Motobatt

Dua Kekurangan Aki Motobatt yang Bisa Jadi Pertimbangan Anda

Kekurangan Aki Motobatt

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Inilah Lima Kelebihan Aki Motobatt yang Membuatnya Unggul dari Merek Aki Lainnya
© istockphoto.com/Birdlkportfolio
1
Inilah Lima Kelebihan Aki Motobatt yang Membuatnya Unggul dari Merek Aki Lainnya

Kelebihan Aki Motobatt

Rekomendasi kami

Di bawah ini adalah 5 kelebihan dari aki Motobatt. Apa saja? Untuk mengetahuinya, coba baca poin-poin di bawah ini.

1. Minim Penguapan

Sama seperti yang sudah tim Otopapa jelaskan di awal, aki kering Motobatt tidak menggunakan air aki zuur di dalamnya, namun menggunakan gel. Apa sih kelebihan dari aki kering yang menggunakan gel? Penggunaan gel dalam aki kering diklaim memiliki performa yang lebih baik dari aki kering yang menggunakan air aki zuur dalam ketahanan terhadap penguapan.

Perlu untuk Otopaps ketahui bahwa saat aki mendapatkan reaksi untuk menyimpan maupun menyalurkan aliran listrik ke komponen motor, akan terjadi peningkatan suhu atau temperature pada aki. Nah, dari peningkatan suhu di dalam aki ini yang nantinya menyebabkan terjadinya penguapan.

Bagaimanapun, penguapan di dalam aki ini acap kali membuat volume air aki zuur berkurang yang jika dibiarkan dapat membuat timah yang ada di dalam aki melepuh dan sel-sel aki putus. Namun, masalah ini tidak akan terjadi pada aki kering dari Motobatt yang minim penguapan karena bahannya menggunakan gel.

2. Awet dan Tahan Banting

Selain minim penguapan, penggunaan bahan gel di aki Motobatt membuatnya memiliki kelebihan dari aki kering lainnya yang menggunakan air aki zuur, yaitu tahan banting. Bagaimanapun, gel memiliki sifat yang tidak mudah bergerak yang membuat aki Motobatt tidak akan mengalami masalah meskipun motor Anda mengalami guncangan yang keras.

Bukan hanya itu, aki kering dari Motobatt pun bisa Anda posisikan terbalik dan kinerjanya tidak akan terganggu. Dalam kata lain, Anda bisa memasang aki Motobatt ini dalam berbagai posisi selama dudukan aki dan terminal akinya bagus. Mau tegak atau miring, Anda tidak perlu khawatir aki kering gel dari merek ini rembes.

3. Daya Tahan Lama

Dalam soal daya, aki Motobatt pun tidak perlu diragukan lagi. Karena bahan penggunaannya adalah gel, maka aki kering dari Motobatt ini memiliki daya tahan yang lebih lama daripada merek aki kering pada umumnya yang menggunakan air aki zuur.

Lebih dari itu, penggunaan gel di aki Motobatt juga membuatnya memiliki daya hantar listrik yang lebih baik dari aki kering pada umumnya. Dengan ini, maka dipastikan bahwa komponen kelistrikan (lampu, klakson, dan speedometer) di sepeda motor Anda akan selalu terjaga performanya sekaligus menjadi lebih awet.

4. Tidak Mudah Drop Maupun Soak

Saat ini, salah satu kelemahan produk aki kering yang ada di pasaran adalah penurunan daya listrik yang drastis jika motor tidak Anda hidupkan dalam waktu yang lama. Karena bagaimanapun, saat motor tidak nyala, maka aki tidak mendapatkan pasokan daya yang membuatnya turun performa.

Namun, masalah ini tidak akan terjadi pada aki Motobatt. Penggunaan gel pada merek aki kering ini membuatnya minim penurunan daya dan dapat mempertahankan daya yang tersimpan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, meskipun motor tidak Anda hidupkan selama 2 bulan, Anda tetap dapat menghidupkan motor ketika menggunakan aki Motobatt.

Dalam kata lain, dengan adanya kelebihan ini pada aki Motobatt, maka Anda sebagai pemilik motor tidak harus menghidupkan atau memanaskan motor Anda setiap harinya.

5. Tersedia untuk Berbagai Model Motor

Kelebihan kelima sekaligus terakhir dari aki Motobatt adalah kecocokannya untuk berbagai model sepeda motor yang ada di Indonesia. Faktanya, aki kering dengan bodi warna kuning ini dapat digunakan pada motor-motor buatan Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, bahkan Ducati.

Dengan ini, berarti Anda dapat menggunakan aki Motobatt pada sepeda motor Honda Beat Fi, Honda Scoopy, Honda Vario 125 cc, Honda PCX, Yamaha Nmax, Yamaha Mio, dan lain-lainnya. Lalu, saat memilih aki Motobatt, pilihlah model yang pas dengan motor Anda. Misalnya aki untuk:

  • Motobatt MTZ5S: Beat Fi, Vario 110cc, Revo, Vixion, Mio J, Jupiter MX, Fino, Satria F, Supra X125, dan lain-lainnya
  • Motobatt MTZ6S: ADV 150cc, Vario 125cc dan 150cc, Beat POP, Scoopy Esp, CBR 125R & 150R, Fino GRANDE, Satria FU 150, dan sebagainya
  • Motobatt MTX7D: Honda Tiger 2000, Honda Tiger Revo, Yamaha Scorpio, Yamaha Nouvo Z, maupun TOSSA Hercules

Di samping ketersediaan modelnya yang beragam, aki Motobatt juga hadir dengan pilihan ampere yang beragam. Tercatat, pilihan ampere dari aki merek Motobatt ini tersedia mulai dari kapasitas 5A sampai 33A. Demikian juga, harga yang tersedia pun bervariasi, mulai dari yang murah di harga 100 ribuan sampai yang mahal di harga 1 juta lebih.

Dua Kekurangan Aki Motobatt yang Bisa Jadi Pertimbangan Anda
© istockphoto.com/Birdlkportfolio
2
Dua Kekurangan Aki Motobatt yang Bisa Jadi Pertimbangan Anda

Kekurangan Aki Motobatt

Rekomendasi kami

Bagaimana Otopaps? Sudah tahu apa saja lima kelebihan dari aki motor Motobatt? Kalau begitu, sudah saatnya bagi Anda untuk mengetahui kekurangannya.

Sejatinya, tim Otopapa menemukan bahwa ada dua kekurangan dari aki Motobatt yang perlu dupgrade, yaitu:

1. Bagian Kutub Positif dan Negatif Mudah Keropos

Aki Motobatt memiliki kutub terminal positif dan negatif yang mudah keropos. Kemudian, jika Anda memperhatikan secara teliti, bahan yang digunakan Motobatt untuk merancang produk akinya adalah semi-plat. Tentu saja, dengan bahan yang seperti ini, kutub terminal aki Motobatt kemungkinan bisa keropos atau bahkan patah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa selalu mengecek kondisi aki Motobatt Anda dan selalu mengoleskan atau melumuri dengan cairan anti karat. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkannya secara berkala, ya.

2. Tidak Dapat Dicas Saat Kondisi Aki Sudah Mati Total

Memang, aki Motobatt memiliki kelebihan pada ketahanan yang kuat dan daya yang tahan lama. Sayangnya, jika aki ini sudah mati total atau habis daya, maka Anda tidak dapat mengecasnya alias Anda tidak dapat menggunakannya lagi. Ini tentu menjadi kekurangan yang cukup signifikan karena kebanyakan merek aki di luar sana dapat dicas ulang.

Lalu, adakah solusi dari masalah ini? Tentu saja ada! Solusinya adalah Anda harus melakukan pengecekan secara berkala dan jika Anda menemukan tanda-tanda aki soak, Anda bisa segera mengecasnya. Jangan tunggu sampai mati total, ya, Otopaps!

Walau begitu, namun masalah ini bukanlah masalah yang besar. Karena bagaimanapun, aki Motobatt ini memiliki ketahanan yang kuat dan daya yang tahan lama sehingga Anda dapat memakai aki ini dalam jangka waktu yang lama.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Aki Motobatt

Apakah informasi seputar kelebihan dan kekurangan aki Motobatt yang tim Otopapa rangkum di atas masih kurang? Jika ingin tahu lebih lanjut, coba cek beberapa pertanyaan di bawah ini.

Aki Motobatt bisa untuk motor apa saja?

Aki Motobatt tersedia dalam berbagai tipe yang cocok untuk berbagai model motor dari pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Aki Motobatt buatan apa?

Pada dasarnya, aki Motobatt merupakan sebuah produk accu asli Amerika Serikat dan dirakit di Cina.

Apakah aki Motobatt aki kering?

Tepat sekali! Aki Motobatt merupakan aki motor dengan jenis aki kering. Bedanya, isi dari aki motobatt bukanlah air aki zuur namun gel.

Aki Motobatt MTX7A buat motor apa?

Jika aki Motobatt MTX7D cocok untuk Honda Tiger 2000 maupun Yamaha Scorpio, maka aki Motobatt dengan tipe MTX7A adalah aki yang cocok untuk sepeda motor Ninja 250cc, KLX, Minerva, dan Bajaj Pulsar NS200.

Apa perbedaan MTZ5S vs MTZ6S?

Perbedaan paling menonjol antara MTZ5S vs MTZ6S terletak pada ukuran ampere dan model motor yang cocok. Untuk aki Motobatt MTZ5S, ukuran ampere-nya ada di angka 4.2Ah membuatnya cocok untuk motor Beat, Scoopy, Vario, dan motor matic lainnya dengan kapasitas mesin 110cc-115cc.

Sementara itu, aki Motobatt MTZ6S hadir dengan ukuran ampere di angka 6Ah. Aki Motobatt model ini cocok untuk Anda gunakan jika Anda adalah pemilik motor Honda Vario 125cc-150cc, Yamahan Nmax, dan motor matic lainnya yang punya kapasitas mesin 125cc sampai 150cc.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Aki Motobatt

Demikian sedikit penjelasan tim Otopapa seputar kelebihan dan kekurangan Motobatt. Bagaimanapun, aki Motobatt adalah aki yang terkenal karena kelebihannya dalam aspek minim penguapan, awet, daya tahan yang lama, tidak mudah drop, dan cocok untuk berbagai model sepeda motor.

Meski begitu, aki motor dari merek ini juga memiliki kekurangan yang terletak pada kualitas terminal kutub positif dan negatif yang mudah keropos dan ketidakmampuan aki ini untuk dicas jika sudah mati total. Jadi, apakah Anda tertarik mengganti aki motor Anda dengan aki motor Motobatt setelah membaca artikel kami? Semoga membantu, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo