Hide Menu

Belum Tahu Apa Saja Fungsi Bak Oli? Ternyata, Ada 4 Daftar, Lho! Apa Saja, ya Kira-Kira?

Penjelasan Seputar Fungsi Bak Oli di Mobil. Gak Cuma Sebagai Tempat Menampung Oli, Ada Fungsi Lainnya!

Artikel Fungsi Bak Oli ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Fungsi Bak Oli 2024
© istockphoto.com/sshepard

Apa Itu Bak Oli?

Apa Itu Bak Oli?
istockphoto.com/Kinek00

Sebagai pelumas atau lubricant, oli merupakan komponen penting yang diperlukan oleh mobil agar dapat bekerja dengan optimal. Namun, tahukah Anda dimana letak sirkulasi oli pada mobil? Jawabannya adalah bak oli. Apa itu? Singkatnya, bak oli atau oil pan atau juga dikenal dengan carter oil merupakan tempat yang berfungsi untuk menampung oli pada mobil.

Sesuai gambar di atas, bak oli atau oil pan ini terletak di bagian bawah dari blok mesin mobil. Komponen keperawatan ini pun umumnya terbuat dari bahan aluminium dan baja yang kemudian dilapisi dengan seal atau perpak sehingga punya ketahanan yang kuat terhadap panas maupun benturan.

Sesuai namanya, karter oli memiliki bentuk yang sama seperti bak penampungan. Nantinya, oli yang telah melumasi berbagai bagian pada mobil seperti piston dan gear akan tersimpan dan mengendap di sini. Selanjutnya, oli-oli ini akan dihisap lagi oleh pompa oli atau oil pump untuk kembali menjalankan fungsinya sebagai pelumas alias lubricant.

Kira-kira, seperti itulah cara kerja bak oli dan bagaimana sirkulasi oli terjadi di dalam karter atau oil pan ini. Sekarang pertanyannya, apakah fungsi oil pan hanyalah sebagai tempat penampungan seperti tank pada sistem pelumasan? Jawabannya tidak Otopaps!

Selain sebagai tempat penampungan, masih ada tiga fungsi bak oli lainnya pada system pelumasan oli pada mobil. Apa saja? Segera scroll ke bawah untuk mengetahui fungsi-fungsi lainnya dari bak oli atau oil pan! Oh ya, tim Otopapa juga akan menampilkan beberapa produk rekomendasi untuk Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Fungsi Bak Oli - Terbaru 2024

Bagaimana Otopaps? Sudah paham dengan pengertian bak oli di mobil dan cara kerjanya? Jika sudah, teruslah scroll ke bawah untuk mengetahui fungsi oil pan atau karter.

1
Tempat Penampungan Oli

Tempat Utama Buat Menampung Oli Mesin Mobil

Tempat Penampungan Oli

2
Tempat Penyaringan Oli

Sebagai Penyaring atau Strainer biar Oli Lebih Tahan Lama

Tempat Penyaringan Oli

3
Sebagai Saluran Pembuangan

Bak Oli Buang Oli Mesin yang Sudah Lama

Sebagai Saluran Pembuangan

4
Menjaga Kelancaran Sirkulasi Oli Mesin

Biar Performa Mobil Tetap Optimal di Berbagai Medan Jalanan

Menjaga Kelancaran Sirkulasi Oli Mesin

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tempat Utama Buat Menampung Oli Mesin Mobil
© istockphoto.com/Kinek00
1
Tempat Utama Buat Menampung Oli Mesin Mobil

Tempat Penampungan Oli

Rekomendasi kami

Fungsi bak oli yang pertama, sudah pasti, adalah sebagai tempat atau wadah penampungan oli. Seperti yang sudah tim Otopapa jelaskan di awal, setiap oli yang sudah melumasi komponen-komponen mobil Anda, mulai dari piston sampai gear, akan mengendap di oil pan. Namun proses penampungan oli ini hanya sementara.

Yep, itu benar! Karena nantinya oli yang berbentuk minyak mengendap di oil pan ini akan kembali tersedot ke atas oleh pompa oli untuk melaksanakan tugasnya sebagai pelumas atau lubricant komponen mesin mobil. Jika sudah melumasi komponen mesin mobil, oli-oli tadi akan kembali menuju ke bak oli.

Pernyataan ini pun sejalan dengan penelitian dari Ferdinand. G. B. N, Hartono. Y, dan Untung. B (2017) yang menyatakan bahwa bak oli atau oil pan memiliki fungsi utama dalam menampung oli untuk proses pelumasan mesin.

Sebagai Penyaring atau Strainer biar Oli Lebih Tahan Lama
© istockphoto.com/Kinek00
2
Sebagai Penyaring atau Strainer biar Oli Lebih Tahan Lama

Tempat Penyaringan Oli

Rekomendasi kami

Selain menampung oli, bak oli juga memiliki fungsi untuk menyaring oli. Kok bisa? Itu karena adanya beberapa tingkat cekungan yang terletak di dalamnya. Di bagian paling dalam atau yang paling cekung di carter atau oil pan, ada sebuah komponen filter saringan atau strainer oli yang tersambung langsung dengan pompa oli.

Dengan adanya komponen strainer pada bak oli ini, maka setiap oli yang masuk ke bak oli akan melewati proses penyaringan terlebih dahulu sebelum disedot oleh pompa oli untuk kembali melumasi mesin mobil. Selain itu, komponen penyaring pada bak oli ini punya fungsi yang penting karena dapat membuat oli memiliki masa pakai yang panjang.

Bak Oli Buang Oli Mesin yang Sudah Lama
© istockphoto.com/kanpisut
3
Bak Oli Buang Oli Mesin yang Sudah Lama

Sebagai Saluran Pembuangan

Rekomendasi kami

Sama sepeda motor, oli mesin pada mobil juga memiliki batas masa pakai, sehingga Anda pun perlu menggantinya secara rutin. Jika oli mesin pada motor wajib diganti setiap 2000-3000 km, maka oli mesin pada mobil umumnya harus Anda ganti setiap 5 ribu kilometer sampai 10 ribu kilometer.

Nah, dalam proses penggantian oli mesin inilah bak oli punya peran yang penting, yaitu sebagai saluran atau kanal pembuangan. Pasalnya, pada salah satu bagian bak oli terdapat baut pembuangan jet oli yang bisa Anda lepas dengan mudah untuk membuang oli mesin lama yang tersimpan di bak oli.

Jika oli mesin sudah Anda ganti dengan yang baru, maka Anda bisa segera memasang kembali baut pembuangan jet oli tadi ke tempat semula. Pastikan juga untuk memasangnya dengan pas dan rapat untuk menghindari adanya kebocoran oli.

Biar Performa Mobil Tetap Optimal di Berbagai Medan Jalanan
© istockphoto.com/tigerstrawberry
4
Biar Performa Mobil Tetap Optimal di Berbagai Medan Jalanan

Menjaga Kelancaran Sirkulasi Oli Mesin

Fungsi oil pan atau bak oli yang terakhir adalah menjaga kelancaran sirkulasi oli mesin di berbagai medan jalanan yang mobil Anda lewati. Bagaimanapun, saat mengendarai mobil, Anda pastinya akan melewati berbagai medan jalanan, entah itu turunan, tanjakan, bergelombang, bebatuan, atau bahkan tikungan tajam yang ekstrem. Bukan begitu?

Selain itu, medan-medan jalanan yang seperti itu sudah pasti akan memengaruhi posisi aliran oli mesin yang ada di dalam bak oli, mengingat bentuk oli yang bersifat cair. Apa akibatnya jika posisi aliran oli mesin tidak stabil dan mengalir ke tempat rendah? Jawabannya sudah pasti, sirkulasi oli akan terhambat dan performa mesin mobil Anda akan terganggu.

Nah, di sinilah fungsi bak oli. Bak oli pada dasarnya sudah dirancang sebagai mestinya untuk mengantisipasi masalah ini. Dirancang dengan sekat-sekat di dalamnya, sekat-sekat pada bak oli ini berfungsi untuk mencegah oli mesin agar tidak mengalir ke tempat rendah sehingga sirkulasi oli tetap stabil dan optimal di berbagai medan jalanan.

Tanya Jawab Seputar Fungsi Bak Oli

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar fungsi bak oli yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang. Silakan cek!

Apa nama lain dari bak oli pada mobil?

Nama lain dari bak oli pada mobil ada dua. Orang-orang biasa menyebutnya dengan oil pan atau carter oil.

Apa fungsi dari bak oli?

Ada tiga fungsi lain dari bak oli selain sebagai tempat menampung oli. Ketiga fungsi tersebut adalah:

  • Menyaring oli
  • Tempat pembuangan oli mesin yang sudah lama, dan
  • Memperlancar sirkulasi oli mesin di berbagai kondisi medan jalanan

Apa fungsi pompa oli pada mobil?

Fungsi utama dari pompa oli pada mobil adalah untuk memberikan daya tekanan pada mobil dengan cara mengisap dan menyalurkan oli dari bak oli ke komponen mesin mobil.

Apa fungsi dari carter?

Carter merupakan nama lain dari bak oli atau oil pan yang fungsinya adalah sebagai tempat menampung oli mesin pada mobil.

Sebutkan dan jelaskan jenis oli pada mobil!

Ada enam jenis oli yang umumnya digunakan oleh setiap mobil. Keenam jenis oli tersebut adalah:

  • Oli mesin
  • Oli rem
  • Oli transmisi
  • Oli power steering
  • Oli gardan, dan
  • Oli transfer

Keenam jenis oli ini pun bisa Anda beli di gallery bengkel terdekat ataupun e-commerce.

Kesimpulan: Fungsi Bak Oli

Tiba juga Anda di akhir dari artikel kami tentang fungsi bak oli pada mobil. Sebagai penutup, ada empat fungsi penting yang dimiliki bak oli, yaitu sebagai tempat penampungan oli, tempat penyaringan oli, tempat pembuangan oli, dan untuk memperlancar sirkulasi oli mesin agar selalu optimal di berbagai medan jalanan. Jadi, apakah Anda sudah paham mengapa oli ini penting untuk kendaraan Otopaps?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo