Hide Menu

Inilah 2 Format Flashdisk untuk Mobil yang Tepat, Bisa Dengar Musik Sepuasnya!

Panduan Singkat Seputar Format Flashdik untuk Tape Mobil Beserta Beberapa Rekomendasi Produk Terpercaya

Artikel Format Flashdisk untuk Mobil ini diposting diperbarui
1.5K Pembaca
Like
Format Flashdisk untuk Mobil 2024
© freepik.com/standret

Tape Mobil, Sahabat Terbaik Setiap Pengendara Mobil

Tape Mobil, Sahabat Terbaik Setiap Pengendara Mobil
freepik.com

Nyetir doang tapi gak dengerin musik? Wah, pasti membosankan! Itulah kenapa tape mobil selalu menjadi sahabat terbaik setiap orang yang sedang melakukan perjalanan mengendarai mobil.

Adanya tape mobil atau head unit ini memungkinkan setiap orang untuk mendengarkan lagu atau menonton video sehingga perjalanan akan terasa lebih menyenangkan. Sayangnya, akan selalu ada masa di mana lagu maupun video yang ada di flashdisk tidak dapat Anda putar di tape mobil.

Kira-kira, apa penyebabnya? Untuk Anda yang belum tahu, penyebab kenapa lagu atau video di flashdisk Anda tidak dapat diputar itu karena format flashdisk yang tidak sesuai. Selain itu, setiap mobil pasti punya tape yang berbeda-beda, APV dan Ertiga sudah pasti aplikasinya tak sama. 

Lalu, apa saja format flashdisk untuk mobil yang bisa terbaca oleh tape mobil atau head unit? Jika Anda benar-benar ingin tahu, maka kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menunjukkan jawabannya! Oh iya, artikel ini juga akan menyediakan beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda beli lewat online marketplace. Jadi, selamat membaca!

Format Flashdisk yang Sesuai untuk Tape Mobil

Format Flashdisk yang Sesuai untuk Tape Mobil
istockphoto.com/StockPhotoNow

Untuk Otopapa yang belum tahu, format flashdisk itu ada dua macam, NTFS dan FAT32. Apa perbedaan antara keduanya? Lalu, format mana yang dapat terbaca oleh DVD tape mobil? Untuk format flashdisk NTFS, ini merupakan format yang biasanya digunakan pada disk yang punya kapasitas besar.

Selain itu, format NTFS biasanya memilih kecepatan membaca data file yang cepat jika dibandingkan dengan format FAT32. Dalam kata lain, format NTFS merupakan format flashdisk yang lebih efisien dalam pengolahan ruang disk. Namun, kekurangan dari format NTFS adalah ketidakmampuannya untuk terbaca oleh DVD tape mobil.

Sebaliknya, format FAT32 merupakan format flashdisk yang compatible dengan CD DVD tape mobil. Fakta ini sekaligus menjawab bahwa jika Anda ingin memutar data file lagu ataupun video di tape mobil, Anda harus merubah format flashdisk Anda ke format FAT32. 

Meski begitu, kekurangan dari format flashdisk FAT32 adalah ruang penyimpanannya yang kecil jika dibandingkan dengan format NTFS. Umumnya, format FAT32 hanya dapat menyimpan beberapa file yang tidak melebihi 4GB.

Cara Merubah Format Flashdisk dari NTFS ke FAT32

Cara Merubah Format Flashdisk dari NTFS ke FAT32
istockphoto.com/BrianAJackson

Sesuai dengan penelitian dari Murdani & Parinduri. I (2019) yang menyatakan bahwa layak atau tidaknya sebuah USB flash drive atau flashdisk itu semua tergantung pada jenis, merek, dan kapasitas penyimpanan. Dalam kata lain, setiap flashdisk punya format yang berbeda tergantung dari masing-masing perangkat yang akan Anda colokkan flashdisk.

Jadi Otopaps, jika suatu saat Anda mendapati lagu ataupun video di flashdisk tidak dapat terbaca oleh tape mobil, Anda tidak perlu panik lagi. Yup, itu bukan berarti tape mobil Anda rusak atau error, melainkan flashdisk Anda menggunakan format NTFS. Bagaimana cara mengubahnya? Baca poin-poin di bawah untuk mengetahui tipsnya!

  1. Langkah pertama adalah dengan menancapkan flashdisk Anda ke bagian port USB dari perangkat laptop. Jika sudah tertancap dan terpasang, nantinya data di flashdisk Anda akan segera terbaca oleh laptop.
  2. Setelah itu, arahkan kursor ke file flashdisk Anda kemudian klik kanan dan pilihlah menu format untuk membukanya. Tunggu beberapa saat sampai muncul menu format USB.
  3. Jika sudah muncul, pilih menu format FAT32 kemudian klik tombol start. Silakan tunggu sampai proses format tersebut selesai.
  4. Sudah? Kalau begitu, Anda bisa segera mengisi flashdisk Anda dengan lagu-lagu atau video favorit Anda untuk didengarkan selama perjalanan di mobil.
  5. Selesai, flashdisk Anda siap untuk menjadi sahabat perjalanan Anda!

Dari lima poin di atas, mudah untuk menyimpulkan bahwa cara merubah format NTFS ke FAT32 cukuplah mudah karena Anda bisa mengubahnya lewat perangkat laptop.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Format Flashdisk untuk Mobil - Terbaru 2024

Apakah Anda sudah tahu format flashdisk apa yang compatible dengan DVD tape mobil? Benar sekali Otopaps, FAT32! Sekarang, bagaimana jika Anda kami ajak untuk mengetahui jenis-jenis format file flashdisk? Tertarik? Teruslah membaca kalau begitu!

Namun, sebelum Anda menuju kesana, kami akan memberitahukan kepada Anda bahwa format file flashdisk sendiri ada banyak dan terbagi menjadi dua file, audio dan video. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

1
Format File Audio pada Flashdisk

Ada MP3, WAV, dan FLAC

Format File Audio pada Flashdisk

2
Format File Video pada Flashdisk

Ada MP4, AVI, dan MKV

Format File Video pada Flashdisk

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ada MP3, WAV, dan FLAC
© freepik.com/ibrandify
1
Ada MP3, WAV, dan FLAC

Format File Audio pada Flashdisk

Rekomendasi kami

Di bawah ini adalah beberapa format flashdisk untuk audio mobil yang umumnya dapat terbaca oleh head unit di dashboard mobil Anda. Silakan cek!

  • Format MP3

Ini merupakan format file paling popular di antara format file flashdisk lainnya. Terlebih lagi, file MP3 ini dapat diputar di tape mobil. Alasan kenapa format MP3 ini sangat populer karena format ini dapat menghasilkan kualitas suara yang bagus dengan ukuran file yang kecil, lebih kecil daripada format file WAV.

  • Format WAV

Seperti yang sudah kami sebut sebelumnya, format WAV adalah format file audio punya ukuran yang lebih besar daripada format MP3. Ini juga merupakan format file yang bisa dibaca oleh tape mobil. Karena ukuran file yang besar, WAV dapat menghasilkan kualitas audio yang mengesankan.

  • Format FLAC

Sama seperti format file WAV, format file FLAC juga punya ukuran file yang besar. Karena ukurannnya yang besar, maka file audio dengan format FLAC terkenal punya hasil audio yang jernih dan menakjubkan. Ini juga yang membuat format file ini digemari oleh banyak penikmat audio.

Ada MP4, AVI, dan MKV
© freepik.com/rawpixel
2
Ada MP4, AVI, dan MKV

Format File Video pada Flashdisk

Rekomendasi kami

Setelah Anda mengetahui format file audio, mari beralih ke format file video. Dulu, sekitar tahun 2012 masih ramai dengan format 3gp. Namun, apakah tape mobil bisa memutar format ini? Cari tahu lebih lanjut melalui poin-poin di bawah!

  • Format MP4 atau MPEG-4

Jika format file MP3 popular untuk memutar lagu, maka format file MP4 sangat popular untuk digunakan memutar video di tape mobil. Saking populernya, format ini sampai dijadikan format file resmi oleh beberapa platform download video yang ada di internet. Biasanya, format file MP4 akan sering Anda temukan dalam DVD.

  • Format AVI atau Audio Video Interleave

Selanjutnya adalah format AVI yang merupakan format yang dibuat oleh kamera digital. Keunggulan dari format file ini adalah kemampuannya sebagai ekstensi untuk menyimpan film maupun video berdurasi panjang. Apakah format file AVI bisa diputar di tape mobil? Bisa dong! Namun, Anda membutuhkan bantuan pembaca codec untuk memutarnya.

  • Format MKV

Format file video terakhir yang bisa Anda putar di tape mobil adalah MKV. Ini merupakan format file yang punya ukuran yang besar karena kemampuannya untuk menyimpan video, audio, serta text subtitle. Sayangnya, karena ukurannya yang besar, format file MKV seringkali sulit diputar di tape mobil.

Tanya Jawab Seputar Format Flashdisk untuk Mobil

Di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan orang-orang seputar format flashdisk untuk mobil. Silakan cek!

Apakah MP4 bisa di putar di tape mobil?

Sangat bisa, format file MP4 atau MPEG-4 adalah format file video yang bisa terbaca oleh tape mobil.

Apa saja format flashdisk?

Ada dua jenis format flashdisk, NTFS dan FAT32. Namun, format flashdisk untuk tape mobil biasanya adalah format FAT32.

Bagaimana cara memutar video di mobil pakai flashdisk?

Cara memutar video di tape mobil pakai flashdisk cukuplah mudah.

  • Pertama, Anda hanya perlu pasang flashdisk ke port USB pada head unit mobil yang terletak di dashboard.
  • Setelah terpasang, carilah menu media player pada layar tape mobil.
  • Kemudian, pilihlah opsi untuk memutar video dari flashdisk.
  • Cari file video yang ingin Anda putar dan pilih video tersebut.
  • Selesai, nikmati menonton video sambil menyetir!

Kesimpulan: Format Flashdisk untuk Mobil

Berakhir sudah penjelasan tim Otopapa seputar format flashdisk untuk tape mobil. Sebagai penutup, jenis format flashdisk yang kompatibel alias yang bisa terbaca oleh tape mobil adalah FAT32. Jadi, jika Anda nantinya menemukan tape mobil Anda tidak dapat membaca file audio maupun video dari flashdisk Anda, Anda bisa segera mengubah format flashdisk Anda dari NTFS ke FAT32. Selamat mendengarkan lagu kesukaan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo