Hide Menu

Inilah 5 Ciri Motor 2 Tak Kurang Oli Samping, Pengguna Motor 2 Tak Wajib Tahu!

Pembahasan Tentang 5 Ciri Motor 2 Tak yang Kurang Oli Samping, Mulai dari Tarikan yang Berat sampai Piston Nyangkut

Artikel Ciri Motor 2 Tak Kurang Oli Samping ini diposting diperbarui
44 Pembaca
Like
Ciri Motor 2 Tak Kurang Oli Samping 2024
© freepik.com

Pengertian Oli Samping

Pengertian Oli Samping
freepik.com

Sebagai pemilik sepeda motor bermesin 2 tak atau 2 stroke, Anda tentu paham bahwa ada satu jenis oli yang dibutuhkan motor Anda selain oli mesin. Jenis oli yang dimaksud adalah oli samping. Jika oli mesin bekerja untuk melumasi area kopling dan gigi transmisi, maka komponen oli samping mengemban tugas untuk melumasi piston, dinding silinder, dan crankshaft.

Di samping itu, karena berfungsi untuk melumasi area piston dan dinding silinder, keberadaan oli samping sangatlah penting untuk motor 2 tak. Dengan penggunaan oli samping yang cukup dan pas, motor 2 tak Anda akan punya kelebihan seperti performa menjadi lebih gahar dan akselerasi menjadi lebih cepat dari biasanya.

Berbeda dengan oli mesin, oli samping pada motor 2-tak biasanya akan ikut terbakar bersama bahan bakar, sehingga volumenya akan terus menerus berkurang. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengganti oli samping motor 2-tak Anda secara rutin. Itulah langkah cara perawatan yang harus Anda lakukan.

Kira-kira, kapan harus ganti oli samping? Untuk mengetahui waktu gantinya yang tepat, Anda perlu memperhatikan beberapa ciri motor 2 tak kurang oli samping. Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menjelaskan 5 ciri motor 2 tak yang kekurangan oli samping. Baca terus biar tahu!

Dampak Buruk Jika Motor 2-Tak Kurang Oli

Dampak Buruk Jika Motor 2-Tak Kurang Oli
freepik.com

Sebelum Anda mengetahui ciri motor 2 tak kurang oli samping, mari sejenak luangkan waktu Anda untuk memahami dampak atau efek buruk jika motor 2-tak kekurangan oli samping. Apa saja?

1. Piston Macet

Dampak dan efek buruk yang pertama jika motor 2 tak kurang oli samping adalah piston yang macet. Lebih buruknya, piston pada motor 2 tak Anda bisa saja kekunci saking lamanya tidak dilumasi oli samping. Jika tidak Anda segera atasi dengan mengisi oli samping, maka jangan kaget jika Anda mendapati setang piston motor Anda jadi bengkok.

2. Dinding Silinder Tergores

Fungsi oli samping adalah melumasi bagian piston dan dinding silinder. Oleh karena itu, jika motor 2-tak kekurangan oli samping, maka itu dapat membuat bagian silinder menjadi baret dan lecet karena tidak mendapatkan pelumasan yang cukup. Buruknya, kalau silinder sudah lecet, ini bisa merusak komponen-komponen motor lainnya.

3. Laher Bambu Aus

Bagian terakhir yang terdampak jika motor 2 tak kurang oli samping adalah laher bambu. Faktanya, penyebab bagian laher bambu pada motor 2 tak yang mengalami keausan karena takaran oli samping yang kurang maupun habis.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Ciri Motor 2 Tak Kurang Oli Samping - Terbaru 2024

Selain oli mesin, sistem pelumasan pada motor 2 tak atau 2 stroke juga menggunakan oli samping (Saifudin, 2013). Setelah dua section di atas, Anda tentu sudah paham apa saja efek dan dampak buruk yang harus Anda tanggung jika motor 2 tak kekurangan oli. Mengingat dampak buruknya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri motor 2 tak kurang oli samping.

Sebenarnya, motor 2 tak dilengkapi dengan sebuah wadah yang berfungsi sebagai tempat menampung dan mengisi oli samping. Anda pun dapat dengan mudah mengetahui jumlah oli samping dengan mengecek wadah ini. Namun, banyak riders motor 2-tak lebih memilih untuk mengisi ulang oli samping melalui tangki bahan bakar dan mencampurnya dengan bensin.

Apakah Otopaps salah satunya? Jika begitu, maka akan sedikit sulit bagi Anda untuk mengetahui seberapa banyak jumlah oli samping yang tersisa di motor Anda. Namun, tak perlu khawatir, di bawah ini telah tim Otopapa sajikan 5 contoh ciri motor 2 tak yang sudah kekurangan oli samping. Silakan cek!

1
Tarikan Terasa Lebih Berat

Kok Tarikan Mesin Motor Lebih Berat?

Tarikan Terasa Lebih Berat

2
Mesin Motor Mudah Panas

Mesin Motor Lebih Cepat Panas dan Overheat?

Mesin Motor Mudah Panas

3
Asap Knalpot Berkurang

Asap Knalpot yang Keluar Lebih Sedikit dari Biasanya

Asap Knalpot Berkurang

4
Piston Mulai Macet atau Nyangkut

Perhatikan Apakah Piston Motor Macet!

Piston Mulai Macet atau Nyangkut

5
Dinding Silinder yang Baret atau Lecet

Muncul Baret dan Goresan pada Dinding Silinder

Dinding Silinder yang Baret atau Lecet

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kok Tarikan Mesin Motor Lebih Berat?
© freepik.com
1
Kok Tarikan Mesin Motor Lebih Berat?

Tarikan Terasa Lebih Berat

Rekomendasi kami

Ciri motor 2 tak kurang oli samping yang pertama adalah tarikan yang berat. Ciri ini bisa Anda ketahui jika Anda merasa tarikan mesin motor Anda menjadi lebih berat dari biasanya.

Misalkan Otopaps sudah mendapati ciri ini di motor 2-tak Anda, maka jangan ragu untuk segera mengisi ulang oli samping sebelum semuanya terlambat. Sekali terlambat, tahu ‘kan akibatnya apa? 

Mesin Motor Lebih Cepat Panas dan Overheat?
© freepik.com
2
Mesin Motor Lebih Cepat Panas dan Overheat?

Mesin Motor Mudah Panas

Masuk ke ciri motor 2 tak kurang oli samping yang kedua yaitu mesin motor jadi lebih mudah panas. Faktanya, motor 2 tak yang takaran oli sampingnya kurang dapat menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas saat Anda gunakan. Jika tidak Anda segera atasi, maka panas mesin motor ini dapat merusak komponen-komponen lainnya.

Asap Knalpot yang Keluar Lebih Sedikit dari Biasanya
© freepik.com
3
Asap Knalpot yang Keluar Lebih Sedikit dari Biasanya

Asap Knalpot Berkurang

Apakah Anda akhir-akhir ini sering mendapati asap knalpot di motor 2-tak Anda lebih sedikit dari biasanya? Jika Anda menemukan perbedaan ini, bisa jadi takaran oli samping pada motor Anda kurang atau justru sudah mau habis. Karena bagaimanapun, motor 2-tak dengan takaran oli samping yang cukup biasanya menghasilkan asap knalpot yang banyak.

Perhatikan Apakah Piston Motor Macet!
© freepik.com
4
Perhatikan Apakah Piston Motor Macet!

Piston Mulai Macet atau Nyangkut

Rekomendasi kami

Sebelumnya, sudah tim Otopapa jelaskan bahwa motor 2 tak yang kekurangan oli samping bisa membuat mesin motor menjadi lebih mudah panas. Ditakutkan jika masalah tersebut tidak segera Anda atasi, maka itu dapat membuat piston macet atau nyangkut pada dinding silinder. Inilah ciri motor 2 tak kurang oli samping, yaitu piston macet.

Kalau sudah begini, motor 2-tak tidak akan bisa Anda nyalakan. Lebih buruk dari mesin motor yang tidak mau menyala adalah terjadinya kerusakan pada dinding silinder maupun ruang bahan bakar. Anda pasti tidak ingin masalah ini terjadi, bukan? Oleh sebab itu, selalu pastikan motor 2 tak Anda tidak kekurangan oli samping.

Muncul Baret dan Goresan pada Dinding Silinder
© freepik.com
5
Muncul Baret dan Goresan pada Dinding Silinder

Dinding Silinder yang Baret atau Lecet

Ciri motor 2 tak kurang oli yang terakhir adalah munculnya baret pada dinding silinder. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurang oli samping dapat membuat piston macet dan dinding silinder lecet. Jadi, jika Anda menemukan tanda lecet pada dinding silinder, maka segeralah mengisi oli samping pada motor 2-tak Anda.

Tanya Jawab Seputar Ciri Motor 2 Tak Kurang Oli Samping

Setelah memahami ciri motor 2 tak kurang oli samping, pelajari juga beberapa pertanyaan terkait topik ini termasuk apa yang akan terjadi jika motor 2-tak kehabisan oli samping. Berikut daftarnya: 

Apa yang terjadi jika kekurangan oli samping?

Di bawah ini adalah dampak dan efek buruk jika motor 2-tak kekurangan maupun kehabisan oli samping.

  • Piston macet atau nyangkut
  • Dinding silinder baret atau lecet
  • Laher bambu aus

Apakah dampak jika oli samping 2-tak disetel terlalu boros?

Setelan ataupun takaran oli samping yang terlalu banyak dan boros dapat menyebabkan asap knalpot berlebih serta timbunan kerak pada komponen-komponen mesin motor.

Berapa tutup botol oli samping untuk 1 liter bensin?

Umumnya, perbandingan kompresi campuran antara bensin dan oli samping adalah 1:4. Angka 1 untuk bensin dan 4 untuk oli samping. Artinya, Anda bisa mencampur satu liter bensin dengan empat tuang tutup botol oli samping.

Kesimpulan: Ciri Motor 2 Tak Kurang Oli Samping

Tidak dapat dipungkiri penggunaan oli samping pada mesin motor 2 tak sangatlah penting. Jika motor 2-tak sampai kekurangan atau bahkan kehabisan oli samping, maka itu dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti piston yang macet, dinding silinder yang tergores, sampai laher bambu yang aus.

Namun, sebelum semua masalah-masalah di atas terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan memahami ciri motor 2 tak kurang oli samping. Terhitung ada lima ciri, mulai dari tarikan mesin yang lebih berat, mesin motor yang lebih cepat panas, asap knalpot yang sedikit, piston mulai macet, dan munculnya baret pada dinding silinder.

Misalkan salah satu ciri di atas sudah muncul, maka jangan ragu untuk segera memulai siklus penggantian oli samping di motor 2-tak Anda. Jika bingung mana produk oli samping yang bagus, klik saja link yang tersedia di atas. Enam produk di atas adalah oli samping terbaik untuk berbagai motor 2-tak, entah itu FIZR, RX-King, Suzuki Satria, dan lainnya.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo