Hide Menu

Pahami 7 Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Halus. Motor Lebih Enteng dan Tetap Prima!

Cara Merawat Motor agar Mesin Tetap Halus. Lengkap dan Gak Ribet. Simak Terus untuk Mengetahuinya!

Artikel Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Halus ini diposting diperbarui
31 Pembaca
Like
Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Halus 2024
© freepik.com/pressfoto

Penyebab Suara Kasar dan Berisik pada Mesin Motor. Apa Aja Sih?

Penyebab Suara Kasar dan Berisik pada Mesin Motor. Apa Aja Sih?
unsplash.com/bayurivaldy

Memiliki kendaraan seperti motor adalah keinginan yang banyak orang simpan di hati. Namun jika Otopaps sudah punya, maka wajib merawat agar kendaraan ini tetap prima tanpa kekurangan. Bagaimana jika motor kesayangan suaranya jadi kasar dan tidak seperti biasanya?

Sudah menjadi hal yang lumrah untuk mengenal terlebih dahulu penyebab suara kasar di mesin motor sebelum memahami cara perawatannya. Untuk itu, di bagian awal artikel ini, kami akan menampilkan beberapa penyebab yang bikin suara kasar di mesin motor Anda. Apa saja?

  • Oli Mesin yang Lama Tidak Diganti

Pertama adalah oli. Karena perannya yang amat penting sebagai pelumas mesin motor, sangat penting bagi Anda untuk rutin menggantinya setiap satu bulan sekali. Jika Anda tidak mengganti oli secara rutin, maka otomatis mesin motor Anda tidak akan terlumasi dengan baik yang nantinya menyebabkan mesin motor Anda mengeluarkan bunyi yang kasar.

  • Timing Chain Kendor

Rantai motor yang kendor acap kali menjadi penyebab adanya bunyi kasar dari mesin motor Anda. Oleh karena itu, pastikan pemasangan rantai motor Anda sudah pas, presisi, dan tidak kendor. Jika nantinya suara motor Anda tetap kasar, segera bawa motor Anda ke bengkel terdekat.

  • Kompresi Bocor

Kompresi motor merupakan salah satu komponen penting yang tugasnya untuk memastikan tenaga motor tidak hilang serta proses pembakaran bahan bakar berjalan sempurna. Lalu, apa akibat jika kompresi motor bocor? Kompresi motor yang bocor dapat mengakibatkan kinerja motor Anda menurun serta suara mesin motor menjadi lebih kasar.

  • Baut Motor Kendor

Ternyata, kendornya baut yang ada di bagian cover mesin motor merupakan salah satu penyebab suara mesin motor kasar. Kok bisa? Itu karena jika baut tidak terpasang dengan baik, maka cover mesin akan beradu dengan komponen motor lainnya seperti kabel yang menimbulkan adanya suara-suara kasar.

  • Piston yang Bermasalah

Selain kompresi motor, piston juga merupakan salah satu komponen penting dalam mesin motor. Jika Anda tidak menjaga keperawatan piston dengan baik, maka itu akan memengaruhi mesin. Otopaps, bunyi “klotok” yang mungkin sering Anda dengar saat mengendarai motor itu mungkin saja akibat dari piston yang bermasalah.

  • Filter Motor dan Injektor yang Kotor

Jika Anda merasa motor sangat boros ditambah dengan adanya bunyi-bunyi kasar di bagian mesin, maka itu adalah akibat dari filter motor dan injektor yang kotor. Filter dan injektor, bagaimanapun, merupakan komponen penting yang berperan dalam proses pembakaran.

Nah, jika 2 komponen ini kotor, maka proses pembakaran akan menjadi tidak efisien. Kemudian, jika proses pembakaran tidak efisien, maka itu dapat menimbulkan suara kasar pada bagian mesin. Ciri-ciri jika filter dan injektor motor sudah kotor adalah penurunan kerja mesin, bahan bakar lebih boros, mesin bergetar, suara mesin motor lebih kasar, dan asap knalpot hitam.

  • Umur Motor yang Sudah Tua

Tidak dapat dipungkiri lagi, umur motor yang sudah tua nan jadul menjadi salah satu penyebab turunnya performa motor. Kereta yang lama saja akan diganti, bagaimana dengan motor yang sudah jadul? Kecuali jika Anda rajin merawat kendaraan kesayangan dengan baik.

Jadi, jika motor matic maupun bebek Anda sudah berumur lebih dari 5 tahun, maka Otopaps harus rutin membawa motor ke bengkel untuk melakukan pengecekan, servis, dan tune up.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan adanya suara-suara kasar di mesin motor, baik matic maupun bebek. Nah, setelah Anda mengetahui penyebabnya, maka ini adalah saat yang tepat untuk mulai mempelajari cara merawat mesin motor agar tetap halus. Sudah siap? Mulailah membaca!

Perawatan Motor Matic dan Motor Bebek. Apakah Berbeda?

Perawatan Motor Matic dan Motor Bebek. Apakah Berbeda?
freepik.com/kroshka-nastya

Ini nih pertanyaan yang mungkin banyak ditanyakan oleh para Otopaps di luar sana. Keperawatan motor matic dan motor bebek itu sama gak sih? Jawabannya adalah berbeda. Kenapa?

Nyatanya, kebanyakan motor matic menggunakan komposisi mesin yang tertutup daripada motor bebek. Karena komposisi mesinnya tertutup, maka proses perawatan motor matic akan jauh lebih banyak daripada motor bebek.

Begitupun juga dengan biaya keperawatan motor, yang mana biaya servis motor matic akan jauh lebih mahal daripada motor bebek. Hal ini dikarenakan SOP dari kedua jenis motor ini memang sudah berbeda. Contohnya, motor matic memerlukan pengecekan CVT sedangkan motor bebek tidak. Adanya penambahan pengecekan CVT inilah yang membuat biaya servis keduanya berbeda.

Sesuai dengan penelitian dari Catur. W. W (2017) mengenai peran sepeda motor dalam penelitian berjudul Citra Mahasiswa Menggunakan Kendaraan: Studi Fenomenologi Mahasiswa UNS dalam Membangun Citra Menggunakan Kendaraan Sepeda Motor, disebutkan bahwa sepeda motor merupakan kendaraan andalan utama masyarakat Indonesia karena sifatnya yang praktis nan efisien.

Sebagai kendaraan andalan sehari-hari, maka melakukan perawatan terhadap mesin sepeda motor menjadi hal yang penting untuk Anda pertimbangkan. Baik sepeda motor bebek maupun sepeda motor matic, Anda harus secara rutin melakukan perawatan agar performa motor Anda tetap prima.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Halus - Terbaru 2024

Hai Otopaps! Sudah kepalang kepo dengan cara merawat mesin motor agar tetap halus? Kira-kira, apa saja perawatan rutin motor agar tetap berada di kondisi prima? Temukan jawabannya dengan terus membaca artikel ini!

1
Rutin Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Gak Susah Kok, Luangkan 5 Menit Saja untuk Memanaskan Mesin Motor

Rutin Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

2
Mengganti Oli Secara Rutin

Jangan Cuma Diisi Bensin. Ganti Juga Olinya Biar Motor Tetap Prima

Mengganti Oli Secara Rutin

3
Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Motor Punya Standar Bahan Bakar, Pilih yang Paling Sesuai!

Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

4
Gunakan Motor Sesuai Kapasitas Mesin

Jangan Geber Sampai Batas Maksimal Mesin. Nanti Cepat Rusak!

Gunakan Motor Sesuai Kapasitas Mesin

5
Lakukan Servis atau Tune Up Motor Secara Rutin

Biar Motor Tetap Fit. Rutinlah Servis Motor Kesayangan

Lakukan Servis atau Tune Up Motor Secara Rutin

6
Periksa Kondisi Aki

Periksa Komponen Penting Ini Secara Rutin!

Periksa Kondisi Aki

7
Jaga Kebersihan Motor

Jika Malas, Bawa ke Tempat Pencucian Motor. Jangan Banyak Alasan!

Jaga Kebersihan Motor

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gak Susah Kok, Luangkan 5 Menit Saja untuk Memanaskan Mesin Motor
© unsplash.com/denisenkos
1
Gak Susah Kok, Luangkan 5 Menit Saja untuk Memanaskan Mesin Motor

Rutin Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Cara merawat mesin motor agar tetap halus dengan langkah yang paling mudah yaitu dengan rutin memanaskan mesin motor. Meski terdengar remeh, namun langkah kecil ini dapat membantu menjaga kualitas mesin motor Anda serta menghindari munculnya masalah tarikan gas motor yang berat.

Sama seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin motor Anda agar tetap halus. Itu karena Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 5 menit setiap harinya untuk memanaskan mesin. Cukup lakukan setiap pagi sebelum Anda menggunakan motor Anda.

Jangan Cuma Diisi Bensin. Ganti Juga Olinya Biar Motor Tetap Prima
© freepik.com/pressfoto
2
Jangan Cuma Diisi Bensin. Ganti Juga Olinya Biar Motor Tetap Prima

Mengganti Oli Secara Rutin

Rekomendasi kami

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya oli menjadi salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan agar mesin motor tetap ada di performa yang prima. Oleh karena itu, cara selanjutnya untuk menjaga mesin motor agar tetap halus dan enteng adalah dengan ganti oli secara rutin.

Bagaimanapun, oli berfungsi sebagai pelumas yang tugasnya meminimalisir terjadinya gesekan yang tidak diinginkan antar komponen-komponen mesin motor. Bukan hanya bertugas sebagai pelumas, oli pun memiliki fungsi lainnya, yaitu mendinginkan mesin saat motor berjalan.

Otopaps, jika Anda tidak rutin mengganti oli mesin, maka oli yang sebelumnya akan menjadi encer dan tidak dapat lagi melindungi komponen mesin motor Anda dengan baik. Hal ini tentu dapat menyebabkan mesin motor Anda terdengar kasar saat Anda menghidupkannya.

Lalu, adakah hitungan minimal waktu pergantian oli? Secara umum, Anda bisa mengganti oli motor Anda setiap 2 bulan sekali atau ketika motor Anda sudah menempuh jarak sekitar 2.000 km sampai 3.000 km. Untuk ganti oli, Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel atau jika bengkel tutup. melakukannya sendiri di rumah pun juga bisa.

Lebih dari itu, saat Anda ganti oli, Anda perlu tahu bahwasanya setiap motor membutuhkan jenis motor yang berbeda tergantung dari kapasitas mesin motor tersebut. Contohnya, motor Beat butuh oli MPX2, motor Vario 125cc-150cc injeksi butuh oli AHM SPX 2, motor bebek Suzuki Smash 110cc butuh oli Master Oil SAE 10w-40, dan motor bebek Jupiter butuh oli Yamalube XP-50.

Motor Punya Standar Bahan Bakar, Pilih yang Paling Sesuai!
© unsplash.com/grizzlybear
3
Motor Punya Standar Bahan Bakar, Pilih yang Paling Sesuai!

Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Otopaps, apakah Anda sudah tahu bahwasanya penggunaan bahan bakar yang salah itu dapat memengaruhi performa mesin Anda menjadi lebih berat? Dalam kata lain, keawetan mesin sepeda motor Anda juga ditentukan dari jenis bahan bakar atau bensin yang Anda gunakan.

Lalu, bagaimana cara menentukan jenis bensin yang sesuai dengan jenis sepeda motor? Jawaban ini bisa Anda dapatkan dengan memahami rasio perbandingan kompresi dan nilai RON motor Anda. Research Octane Number adalah metode yang mengukur resistensi akan detonasi dalam mesin pembakaran internal. 

Untuk mengetahui rasio kompresi dan nilai RON, silakan cek buku panduan motor Anda. Jika sudah, Anda kini tinggal memilih bahan bakar atau bensin yang sesuai dengan kapasitas mesin motor Anda. Ada empat jenis bensin yang tersedia di Indonesia dengan nilai RON terendah di angka 88 dan tertinggi ada di angka 98. Untuk lebih jelasnya, pelajari tabel berikut ini!

Nilai RON dan Rasio Kompresi Bensin

Premium
  • Nilai RON: 88
  • Rasio Perbandingan Kompresi: 7-8 : 1
Pertalite
  • Nilai RON: 90
  • Rasio Perbandingan Kompresi: 9-10 : 1
Pertamax
  • Nilai RON: 92
  • Rasio Perbandingan Kompresi: 10-11 : 1
Pertamax Turbo
  • Nilai RON: 98
  • Rasio Perbandingan Kompresi: 11-12 : 1

Lewat tabel di atas, Anda tentu akan jauh lebih mudah dalam menentukan jenis bensin yang cocok dengan motor Anda, bukan? Jadi, jika Otopaps memiliki motor matic Vario 150 cc dengan rasio kompresi 10,6 : 1, maka Anda harus menggunakan Pertamax. Atau misalkan motor Anda adalah Beat karbu 110 cc, maka bensin yang cocok adalah Pertalite.

Jangan Geber Sampai Batas Maksimal Mesin. Nanti Cepat Rusak!
© pixabay.com/monoar_cgi_artist
4
Jangan Geber Sampai Batas Maksimal Mesin. Nanti Cepat Rusak!

Gunakan Motor Sesuai Kapasitas Mesin

Lanjut ke cara merawat mesin motor agar tetap halus yang keempat yaitu menggunakan motor sesuai dengan kapasitas mesin. Apa maksudnya? Maksudnya adalah jangan menggeber gas motor maupun melakukan tarikan gas secara eksrim. Jika Anda melakukannya, maka itu akan membuat komponen-komponen mesin motor Anda mudah rusak.

Jadi, alangkah baiknya Anda menarik gas motor Anda dengan perlahan kemudian sesuaikan dengan kecepatan motor. Hindarilah pula menggeber motor sampai batas maksimal kecepatannya. Cukup gunakan sesuai dengan kapasitas mesin. Selain membuat mesin motor lebih awet, hal ini juga dapat membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.

Biar Motor Tetap Fit. Rutinlah Servis Motor Kesayangan
© freepik.com/arthurhidden
5
Biar Motor Tetap Fit. Rutinlah Servis Motor Kesayangan

Lakukan Servis atau Tune Up Motor Secara Rutin

Rekomendasi kami

Tidak dapat dipungkiri bahwa servis atau tune up motor secara berkala adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan demi menjaga kondisi mesin kendaraan bermotor tetap di kondisi terbaik. Dengan melakukan servis atau tune up, Anda nantinya akan tahu bagian-bagian mana dari motor Anda yang harus diperbaiki maupun diganti.

Di samping itu, saat Anda melakukan service, pastikan untuk meminta mekanik bengkel mengecek beberapa komponen motor yang mungkin menjadi penyebab suara kasar di motor Anda. Komponen-komponen tersebut meliputi rantai motor, filter motor, kompresi motor, piston, dan injektor motor.

Berapa kali service yang harus dilakukan dalam sebulannya? Untuk mengetahuinya, Anda harus memerhatikan dan mengingat jarak tempuh motor serta lamanya pemakaian. Untuk jarak tempuh, Anda bisa melakukan servis rutin ketika motor Anda sudah menempuh jarak 2.000 km (untuk motor keluaran lama) dan 5.000 km (untuk motor keluatan baru).

Sebaliknya, jika mengacu kepada lamanya pemakaian, tim Otopapa merekomendasikan Anda untuk service motor setiap 1 sampai 2 bulan sekali.

Periksa Komponen Penting Ini Secara Rutin!
© freepik.com/arthurhidden
6
Periksa Komponen Penting Ini Secara Rutin!

Periksa Kondisi Aki

Rekomendasi kami

Selain oli, aki merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam mesin sebuah kendaraan bermotor. Secara umum, terdapat 2 jenis aki, yaitu aki kering dan aki basah. Nah Otopaps, demi menjaga mesin motor Anda agar tetap enteng dan halus, lakukanlah pengecekan aki secara berkala, minimal sebulan sekali.

Untuk aki kering, jika sudah mengalami penurunan, Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel terdekat untuk mengisi ulang aki motor Anda. Sebaliknya untuk aki basah, Anda cukup mengeceknya dengan menjaga level airnya di indikator yang benar. Jika sudah habis, silakan isi dengan air aki yang baru.

Jika Malas, Bawa ke Tempat Pencucian Motor. Jangan Banyak Alasan!
© unsplash.com/aldrinrachmanpradana
7
Jika Malas, Bawa ke Tempat Pencucian Motor. Jangan Banyak Alasan!

Jaga Kebersihan Motor

Rekomendasi kami

Kala hujan datang atau kemarau silih berganti, Anda tetap harus mencuci motor secara rutin. Menjaga kebersihan motor juga merupakan salah satu cara merawat mesin motor agar tetap halus. Anda bisa menerapkan langkah ini dengan mencuci motor sekali setiap minggu. Jangan biarkan kotoran terus menempel di motor karena kotoran-kotoran ini dapat merusak komponen dan mesin motor Anda.

Mau itu cuci motor sendiri atau di tempat pencucian motor, yang penting Anda harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan motor Anda. Pun, jika Anda memilih mencuci motor sendiri di rumah, pastikan juga Anda menggunakan sabun atau shampoo motor dan alat-alat cuci motor yang tepat, seperti spons, sikat motor, maupun kain lap microfiber.

Tanya Jawab Seputar Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Halus

Sebelum Anda menuju ke bagian akhir artikel, coba luangkan sejenak waktu Anda untuk mengecek beberapa pertanyaan di bawah. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memahami cara merawat mesin motor agar tetap halus lebih baik lagi.

Berapa lama waktu untuk memanaskan motor?

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit untuk memanaskan mesin motor. Jangan memanaskan mesin motor lebih dari 5 menit karena itu dapat membuat mesin motor Anda terlalu panas.

Berapa bulan sekali servis motor?

Secara umum, durasi servis motor yang dianjurkan adalah setiap 1 sampai 2 bulan sekali.

Kapan waktu yang tepat untuk ganti oli motor?

Sesuai anjuran yang ada, Anda harus mengganti oli mesin motor Anda ketika jarak tempuh motor Anda sudah menyentuh angka 3.000-5.000 km.

Kesimpulan: Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Halus

Demikianlah sedikit penjelasan singkat mengenai cara merawat mesin motor agar tetap halus. Sebagai kendaraan yang selalu Anda gunakan sehari-hari, melakukan perawatan secara rutin akan membuat mesin motor Anda tetap ada kondisi prima dan optimal. Jadi, jangan malas untuk merawat motor, ya Otopaps!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo