Hide Menu

Ini Dia 3 Cara Mengetahui Ukuran Velg Sepeda yang Bisa Anda Coba, Lengkap dan Gak Sulit!

Panduan Cara Mengetahui Ukuran Velg Sepeda, Bisa dengan Memeriksa Bagian Pelek atau Bertanya ke Toko Sepeda Terdekat

Artikel Cara Mengetahui Ukuran Velg Sepeda ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara Mengetahui Ukuran Velg Sepeda 2024
© freepik.com

Mari Mengenal Lebih Dalam tentang Ukuran Velg Sepeda

Mari Mengenal Lebih Dalam tentang Ukuran Velg Sepeda
freepik.com

Secara garis besar, ukuran velg sepeda merupakan salah satu aspek penting dan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan serta performa sebuah sepeda. Velg atau rim atau pelek sendiri merupakan sebuah bagian roda yang berfungsi untuk menjaga kestabilan sekaligus menopang beban sepeda dan pengendaranya.

Sementara itu, velg atau rim ini bisa juga dikatakan sebagai frame untuk roda sebuah sepeda. Karenanya, pemilihan velg sepeda tidak bisa Anda ukur hanya dengan mempertimbangkan kekuatan menahan beban, namun berat sepeda, bentuk, serta kemampuan pengereman juga faktor yang penting.

Di samping itu, ukuran velg sepeda umumnya bisa diukur dengan menggunakan satuan inci (inch) atau milimeter (mm). Lebih dari itu, ukuran pelek yang tersedia biasanya sudah menggunakan standar DOT atau Departement of Transportation. Lantas, apa pentingnya mengetahui ukuran atau size pelek sepeda?

Alasannya sederhana, yaitu demi memaksimalkan performa sepeda Anda. Pasalnya, dengan memilih ukuran velg yang benar, sepeda Anda bakal punya performa yang optimal, entah itu stabilitas yang baik, kecepatan yang tinggi, manuver yang lebih baik, sampai kenyamanan yang lebih besar.

Nah Otopaps, di artikel ini, tim Otopapa akan menunjukkan 3 cara mengetahui ukuran velg sepeda pada Anda. Langkah-langkahnya juga mudah dan tidak ribet sehingga Anda bisa tahu ukuran pelek dari sepeda setelah membaca artikel ini. So, tunggu apa lagi? Gulir ke bawah dan mulailah membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Mengetahui Ukuran Velg Sepeda - Terbaru 2024

Selain memahami cara mengetahui ukuran ban sepeda, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengetahui ukuran velg sepeda ketika akan mengganti ban dan pelek baru. Lantas, seperti apa cara-caranya? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat.

1
Periksa Bagian Velg

Cara Termudah! Cek Bagian Bibir Velg. Ukuran Velg Sepeda Tercantum di Sana

Periksa Bagian Velg

2
Cek Bagian Luar dari Ban Sepeda Anda

Di Setiap Ban Sepeda Ada Kode yang Bisa Anda Cek untuk Mengetahui Ukuran Velg

Cek Bagian Luar dari Ban Sepeda Anda

3
Coba Konsultasikan dengan Toko Sepeda Terdekat

Cara Terakhir, Coba Tanyakan pada Toko Sepeda di Dekat Rumah Anda

Coba Konsultasikan dengan Toko Sepeda Terdekat

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cara Termudah! Cek Bagian Bibir Velg. Ukuran Velg Sepeda Tercantum di Sana
© freepik.com
1
Cara Termudah! Cek Bagian Bibir Velg. Ukuran Velg Sepeda Tercantum di Sana

Periksa Bagian Velg

Rekomendasi kami

Cara mengetahui ukuran velg sepeda yang pertama adalah dengan memeriksa bagian luar velg sepeda. Pasalnya, di sana, tercantum angka yang berguna untuk menunjukkan ukuran serta diameter pelek sepeda dalam satuan inci. Dengan kata lain, untuk mengetahui berapa ukuran dari sebuah pelek, Anda bisa mengecek bagian luar velg sepeda.

Jadi, jika nantinya Anda mendapati angka 20 pada sepeda lipat BMX atau 24 pada sepeda roadbike, itu tandanya ukuran velg sepeda tersebut adalah 20 inci dan 24 inci. Hal yang sama juga berlaku jika Anda menemukan angka 26 pada sepeda MTB dan 27 pada sepeda onthel, artinya ukuran pelek dari sepeda tersebut adalah 26-inch dan 27-inch.

Di Setiap Ban Sepeda Ada Kode yang Bisa Anda Cek untuk Mengetahui Ukuran Velg
© freepik.com
2
Di Setiap Ban Sepeda Ada Kode yang Bisa Anda Cek untuk Mengetahui Ukuran Velg

Cek Bagian Luar dari Ban Sepeda Anda

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk melihat ukuran velg sepeda adalah dengan memeriksa ban sepeda Anda. Ini adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui berapa ukuran velg dari sepeda Anda. Pasalnya, di setiap ban sepeda ada kode yang mengacu pada ukuran ukuran roda sepeda dan diameter velg sepeda.

Setiap ban biasanya memiliki kode dengan angka awal menunjukkan ring dan diameter pelek, sementara angka di akhir menandakan lebar pelek. Sebagai contoh, misalkan ada ban sepeda dengan kode tire 14 x 1.75, artinya ban tersebut memiliki diameter pelek sebesar 14-inch dan lebar pelek sekitar 1.75 inci.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda mendapati kode 12.5 x 2.75, 14 x 1.75, 16 x 1.25, 17 x 1.75, dan 18 x 1.95 yang ada pada ban sepeda anak, sepeda fixie, sepeda MTB, maupun sepeda roadbike. Ada juga kode 700C dan 650B yang juga merupakan kode untuk menunjukkan ukuran velg sepeda.

Cara Terakhir, Coba Tanyakan pada Toko Sepeda di Dekat Rumah Anda
© freepik.com
3
Cara Terakhir, Coba Tanyakan pada Toko Sepeda di Dekat Rumah Anda

Coba Konsultasikan dengan Toko Sepeda Terdekat

Rekomendasi kami

Langkah terakhir dari cara mengetahui ukuran velg sepeda adalah dengan mengkonsultasikan ke toko sepeda terdekat di rumah Anda. Ini adalah cara yang bisa Anda ambil jika Anda bingung dan ragu dengan berapa ukuran velg yang cocok dengan sepeda Anda.

Karena bagaimanapun, orang-orang di toko sepeda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang akan membantu Anda menentukan ukuran velg sepeda Otopaps. Jadi, jangan malu dan takut, bawa sepeda Anda dan tanyakan berapa ukuran peleknya.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengetahui Ukuran Velg Sepeda

Sebelum Otopaps pergi ke bagian akhir dari artikel ini, coba luangkan sedikit waktu untuk membaca pertanyaan-pertanyaan populer tentang cara mengetahui ukuran velg sepeda di bawah.

Dimana melihat ukuran velg sepeda?

Ukuran pelek sebuah sepeda umumnya tertulis di bibir bagian luarnya. Jadi, silakan periksa bagian tersebut.

Velg ring 17 diameter berapa?

Umumnya, velg dengan spesifikasi ring 17 memiliki diameter sekitar 17 inci atau 43,18 cm.

Ukuran ban sepeda 700c sama dengan ukuran berapa?

Khusus untuk sepeda gravel atau sepeda adventure, ada dua ukuran ban yang tersedia, yaitu 700C dan 650B. Ban dengan kode 700C biasanya memiliki ukuran sekitar 29 inci, sementara kode 650B punya ukuran yang sama dengan 27.5 inci.

Ukuran ban sepeda ada berapa?

Banyak, tergantung dari jenis sepedanya, mulai dari 14-inch untuk ban sepeda anak maupun 29-inch untuk sepeda gunung atau MTB.

Berapa harga dari velg sepeda?

Harga dari pelek sepeda itu memiliki perbedaan tergantung dari jenis sepedanya. Biasanya, harga pelek yang bagus untuk sepeda onthel sekitar 100 ribu rupiah. Sementara itu, harga dari pelek sepeda fixie yang bagus bisa sekitar 10 juta rupiah sampai 40 juta rupiah.

Bagaimana cara melihat ukuran ban sepeda?

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat ukuran ban sepeda, entah itu pakai metode standard maupun metode ISO. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel di Otopapa yang berjudul Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda.

Apa bedanya velg ring 17 dan 18?

Perbedaan antara velg ring 17 dan ring 18 ada pada ukuran diameternya. Jika dilihat dari angkanya, maka velg sepeda dengan ring 17 memiliki diameter sekitar 17 inci atau 43,18 cm. Sementara itu, velg sepeda ring 18 hadir dengan diameter sebesar 18 inci atau 45,72 cm.

Kesimpulan: Cara Mengetahui Ukuran Velg Sepeda

Menurut Kirono. S & Purnomo. A (2007), pelek atau velg merupakan bagian dari roda sepeda dan sepeda motor yang berfungsi untuk menerima berat dan beban. Karena fungsinya ini, maka memilih velg sepeda itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Artinya, Otopaps sebagai pemilik kendaraan harus memilih velg yang sesuai dengan ukuran sepeda.

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini, ada 3 cara mudah untuk mengetahui ukuran velg sepeda, seperti memeriksa bagian velg, mengecek bagian luar ban sepeda, dan terakhir bertanya pada orang-orang di toko sepeda dekat rumah. Nah Otopaps, setelah mengikuti tiga cara di atas, apakah Anda sudah tahu berapa ukuran velg sepeda Anda? Kalau sudah, komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo