Hide Menu

Inilah 2 Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda, Bisa Pakai Metode Standard atau ISO!

Panduan Tentang 2 Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda, Bisa Menggunakan Metode Standard dan Metode ISO

Artikel Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda ini diposting diperbarui
55 Pembaca
Like
Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda 2024
© freepik.com

Apa Saja Standard Ukuran Ban Sepeda?

Apa Saja Standard Ukuran Ban Sepeda?
freepik.com

Bagi sebagian orang, memahami ukuran dan angka pada ban sepeda terkadang sangat membingungkan karena banyaknya standard ukuran yang digunakan, entah itu standar Inggris, Prancis, maupun Jepang. Bukan cuma itu, masing-masing ban sepeda terkadang juga menggunakan satuan ukuran yang berbeda, bisa milimeter (mm) dan bisa juga inch.

Di luar sana, ada tiga jenis standard internasional yang umumnya digunakan untuk menunjukkan angka ukuran dari ban sepeda. Ketiga standar ukuran ban sepeda ini meliputi inch atau traditional, ISO atau ETRTO, dan terakhir French. Lalu, bagaimana cara membaca ukuran ban sepeda dari tiga standard internasional ini?

Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menunjukkan maksud dari tiga standard ukuran ban sepeda dan cara membacanya. Bukan cuma itu, Anda juga bisa mempelajari 2 cara mengetahui ukuran ban sepeda, bisa pakai metode standar atau metode ISO (International Organization for Standardization). Penasaran? Simak penjelasannya di bawah!

Arti Angka yang Ada di Ban Sepeda

Arti Angka yang Ada di Ban Sepeda
freepik.com

Seperti yang sudah tim Voltbaba jelaskan di awal, inch atau traditional, ISO atau ETRTO, dan French adalah tiga jenis standard internasional yang biasanya digunakan untuk menyatakan ukuran sebuah ban sepeda. Ketiganya memiliki angka-angka yang berfungsi untuk menunjukkan diameter luar ban, diameter rim, dan lebar ban.

Adapun penjelasan dari angka yang tertulis pada tiga standar internasional adalah sebagai berikut.

  • Inch atau Traditional

Standar ukuran inch atau traditional ini menjadi standar pertama yang sering digunakan. Sesuai namanya, satuan ukuran ban sepeda dari standar ini menggunakan ukuran inci. Penulisan dari standar inch atau traditional ini adalah diameter luar ban × tebal ban (opsional) × lebar ban.

Sebagai contoh, misalkan ban dari sepeda road bike Anda tertulis angka 24 × 1.75, itu artinya diameter luar ban sepeda Anda adalah 24 inch dan lebarnya adalah 1.75-inch. Begitu juga angka 27.5 × 2.20 di ban sepeda MTB atau gunung, yang berarti ban sepeda tersebut memiliki ukuran diameter luar 27.5 inch dan lebar 2.20 inch.

  • ISO atau ETRTO

Standar ukuran ban sepeda selanjutnya adalah ISO (International Organization for Standardization) yang umumnya disebut juga dengan ETRTO atau European Tyre and Rim Technical Organization. Berbeda dengan standar traditional, standar ISO menggunakan satuan milimeter untuk menyatakan ukuran diameter dalam ban (rim) dan lebar ban.

Sebagai contoh, jika ban sepeda Anda memiliki kode 37-622, artinya lebarnya adalah 37 mm dan diameter rim dari ban tersebut adalah 622 mm. Biasanya, jenis sepeda yang menggunakan ban dengan kode ISO/ETRTO 37-622 ini adalah sepeda balap dan sepeda hybrid.

  • French

Standar ukuran ban sepeda yang terakhir adalah French. Sama seperti standard ISO, standar ukuran ban sepeda French juga menggunakan satuan milimeter untuk menentukan ukuran diameter luar ban dan lebar ban. Contohnya angka 700 × 25C yang ada pada ban sepeda fixie menunjukkan bahwa ban tersebut memiliki diameter luar 700 mm dan lebar 35 mm.

Pada standar French sendiri, ada huruf A, B, C, dan D yang berfungsi sebagai kode untuk menghitung tebal dari bead set diameter (BSD). Huruf-huruf ini disebut dengan nomenklatur Prancis yang mana huruf A adalah yang paling tipis, sementara huruf D adalah yang paling tebal.

Secara umum, ban sepeda dengan kode huruf C dan B seperti 700C atau 650B menjadi yang paling umum digunakan pada jenis sepeda balap, sepeda fixie, road bicycle, city bike, dan sepeda gravel.

Tabel Konversi Diameter Ban Sepeda, Inch/French ke ISO/ERTRO

Tabel Konversi Diameter Ban Sepeda, Inch/French ke ISO/ERTRO
freepik.com

Melihat tiga jenis standard ukuran ban sepeda yang punya perbedaan dalam penggunaan satuan ukuran, tentu akan membingungkan bagi Anda saat akan membeli ban sepeda di e-commerce. Bukan begitu?

Namun. Anda tidak perlu khawatir, berikut tim Otopapa tampilkan tabel konversi ukuran ban sepeda dari standard inch dan French ke standard ISO atau ETRTO.

Standar Inch dan FrenchStandar ISO atau ETRTOJenis Sepeda yang Cocok
12 inch × 1.75 – 1.95 inch47-203Sepeda anak
16 inch × 1 – 2.2 inch40-305 sampai 57-305Sepeda anak, sepeda BMX
16 inch × 1.35 inch35-349Sepeda lipat atau folding bike
18 inch400Sepeda BMX
20 inch × 1 – 2.35 inch23-406 sampai 60-406Folding bike, sepeda anak, sepeda BMX
24 inch × 1 – 2.4 inch40-507 sampai 62-507Sepeda gunung anak, sepeda balap kecil
26 inch × 1 – 4.8 inch20-559 sampai 120-559Sepeda gunung, sepeda fat tire
26″ × 1½ inch atau 650C40-571Sepeda triathlon
27.5 inch × 1.35 – 3 inch atau 650B35-584 sampai 75-584Sepeda gunung atau MTB
28 inch × 1 – 2.35 atau 700C18-622 sampai 60-622Sepeda balap, sepeda hybrid, sepeda fixie
29 inch × 2 – 3 inch50-622 sampai 75-622Sepeda MTB berukuran 29 inch
A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda - Terbaru 2024

Menurut Waworuntu. A & Hermawan. I (2023), ban sepeda merupakan salah satu komponen penting yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keselamatan, dan kecepatan setiap pengguna. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih ban sepeda yang sesuai berdasarkan standar ukuran ban sepeda.

Nah, setelah Anda mengetahui jenis-jenis standar ukuran ban sepeda, kini waktunya menuju ke topik utama dari artikel ini. Di bawah ini adalah 2 cara mengetahui ukuran ban sepeda, bisa pakai metode standard atau metode ISO. Silakan cek!

1
Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda Pakai Metode Standar

Cukup Ukur dengan Satuan Inch Menggunakan Meteran, Gak Ribet!

Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda Pakai Metode Standar

2
Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda Pakai Metode ISO

Pakai Metode ISO yang Punya Satuan Milimeter. Jangan Lupa Cek Tabel Konversi!

Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda Pakai Metode ISO

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cukup Ukur dengan Satuan Inch Menggunakan Meteran, Gak Ribet!
© freepik.com
1
Cukup Ukur dengan Satuan Inch Menggunakan Meteran, Gak Ribet!

Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda Pakai Metode Standar

Rekomendasi kami

Cara mengetahui ukuran ban sepeda yang pertama adalah dengan menggunakan metode standar. Untuk metode ini, silakan cek langkah-langkahnya di bawah.

  1. Letakkan sepeda Anda pada posisi tegak. Cukup sandarkan pada dinding atau gunakan standar atau jagang.
  2. Ambil meteran dan ukur ban dalam satuan inci dari jarak ban di permukaan tanah sampai bagian tengah velg ban. Perlu untuk Anda ketahui, jarak ban dari permukaan tanah ke bagian tengah velg ini adalah jari-jari ban alias setengah diameter. Jadi, untuk mengetahui diameter ban Anda, silakan kalikan dua dari hasil pengukuran Anda sebelumnya. Jika hasilnya 13 inch, kalikan saja 2 sehingga hasilnya 26 yang berarti diameter ban sepeda Anda adalah 26 inch.
  3. Jika sudah, segera ukur bagian datar dari ban sepeda untuk menentukan berapa lebar ban sepeda Anda. Gunakan meteran dan ukurlah dengan memotong tapak ban dari satu sisi ke sisi lainnya.
  4. Selesai.

Misalkan metode ini sudah Anda lakukan dan hasilnya adalah ban sepeda ontel Anda memiliki diameter 26 inch dan lebar 1.95 inch. Maka, pilih dan belilah ban sepeda baru yang punya ukuran serupa, yaitu 26 inch × 1.95 inch.

Pakai Metode ISO yang Punya Satuan Milimeter. Jangan Lupa Cek Tabel Konversi!
© freepik.com
2
Pakai Metode ISO yang Punya Satuan Milimeter. Jangan Lupa Cek Tabel Konversi!

Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda Pakai Metode ISO

Rekomendasi kami

Cara mengetahui ukuran ban sepeda yang kedua adalah dengan menggunakan metode ISO atau ETRTO. Ini adalah cara melihat ukuran ban sepeda yang paling akurat karena satuan yang digunakan adalah milimeter (mm).

Namun, sebelum mengukur dengan metode ISO, Anda harus tahu bahwa 1 inci sama dengan 25.4 mm. Jadi, jika Anda tidak memiliki alat meteran dengan sistem metrik, Anda bisa menggunakan kalkulator dan mengalikan 1 inci dengan 25.4 untuk mengetahui ukuran mm dari ban sepeda Anda.

Sudah paham? Kalau begitu, silakan cek poin-poin di bawah untuk mengetahui ukuran roda sepeda menggunakan metode ISO. 

  1. Pertama-tama, pastikan sepeda sudah bersandar di dinding. Anda juga bisa menggunakan standar atau jagang untuk membuatnya ada di posisi tegak.
  2. Selanjutnya, ambil meteran dan ukur diameter ban sepeda Anda dari permukaan tanah sampai ke bagian tengah velg ban.
  3. Jika sudah, kalikan dua hasil pengukuran tadi untuk mengetahui berapa ukuran diameter ban sepeda. Misalkan hasilnya adalah 12 inch, segera kalikan 2 yang mana hasilnya 24 inch. Selanjutnya, kalikan 24 inch ini dengan 25.4 yang hasilnya adalah 609,6 mm. Berarti, diameter ban sepeda Anda adalah 609,6 mm.
  4. Setelah mengukur diameter ban sepeda, Anda bisa lanjut mengukur lebar ban. Caranya sama seperti pada metode standar, yaitu menggunakan meteran dan mengukurnya dengan cara memotong tapak ban dari satu sisi ke sisi lainnya.
  5. Misalkan pengukuran lebar ban menunjukkan angka 1.5 inch, Anda cukup mengalikan 1.5 inch dengan 25,4. Setelah dihitung, bisa disimpulkan bahwa ukuran lebar dari ban sepeda Anda adalah 38,1 mm.
  6. Selesai, berarti ukuran ban sepeda Anda berdasarkan metode ISO adalah 609,6 mm untuk diameter dan 38,1 mm untuk lebarnya.

Misalkan Anda sudah tahu ukuran ban sepeda setelah mengaplikasikan metode ISO, Anda bisa cek tabel konversi sebelumnya. Cari ban sepeda dengan ukuran 28 inch × 1.5 inch, dan cek konversinya ke ISO atau ETRTO yang mana hasilnya adalah 40-622. Jadi, silakan pilih dan beli ban sepeda yang punya kode ISO 40-622.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda

Di bawah ini adalah pertanyaan tentang cara melihat ukuran ban sepeda yang banyak orang-orang tanyakan. Silakan cek!

Ukuran ban lihat dimana?

Anda bisa mengetahui ukuran ban sepeda dengan melihat sisi dari ban sepeda, entah itu pada sepeda onthel, sepeda BMX, sepeda fixie, sepeda MTB, dan jenis-jenis sepeda lainnya.

Berapa ukuran ban sepeda saya?

Untuk mengetahuinya, silakan cek bagian samping dari ban sepeda Anda. Di sana, Anda akan melihat angka-angka yang menunjukkan ukuran dari ban sepeda yang Anda miliki.

Ban ukuran 80 90 17 artinya apa?

Ban dengan angka 80 90 17 berarti lebar bannya sebesar 80 mm. Kemudian, tinggi bannya sekitar 90% x 80 mm yang mana jika dihitung hasilnya adalah 72 mm. Sementara untuk angka 17 di akhir, tandanya ban sepeda memiliki lingkar ban sekitar 17 inci.

Ban ukuran 2.75 sama dengan ukuran berapa?

Ban sepeda yang memiliki ukuran 2.75 inch sama dengan ukuran 80/90 untuk metrik seri 90% atau ukuran 80/80 dan 90/80 untuk metrik seri 80%.

Berapa harga rata-rata ban sepeda?

Tidak seperi harga ban motor ataupun ban mobil, harga ban sepeda tidaklah mahal. Untuk produksi tahun 2024 ini saja, harga ban sepeda ada di kisaran angka 15 ribuan sampai 200 ribuan tergantung dari size atau ukuran dan merek ban sepeda tersebut.

Bagaimana cara mengetahui ukuran velg sepeda?

Cara mengetahui size atau ukuran velg sepeda sebenarnya sama dengan cara mengetahui ukuran ban sepeda. Artinya, Anda cukup melihat dan membaca kode atau angka yang tertulis di velg sepeda Anda. Kode-kode di sana menunjukkan diameter dan lebar velg.

Kesimpulan: Cara Mengetahui Ukuran Ban Sepeda

Demikian akhir pembahasan tim Otopapa tentang cara mengetahui ukuran ban sepeda menggunakan metode standar dan metode ISO. Nah, dari dua metode ini, manakah yang akan Anda gunakan untuk mengukur ban sepeda? Entah itu metode standar atau ISO, pastikan untuk selalu mengecek tabel konversi ukuran ban sepeda, ya.

Dengan mengecek tabel konversi ini, Anda nantinya bisa mengetahui berapa ukuran ban sepeda Anda berdasarkan standar inch atau traditional, ISO atau ETRTO, dan French. Terakhir, silakan pilih dan beli ban sepeda yang sesuai dengan hasil pengukuran Anda. Akhir kata, semoga artikel ini membantu.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo