Hide Menu

Ternyata Gak Susah, Begini 3 Cara Membaca Odometer Motor di Speedometer Digital dan Analog

Panduan Tentang Pengertian, Fungsi, dan Arti Angka di Odometer Beserta 3 Cara Membaca Odometer Motor

Artikel Cara Membaca Odometer Motor ini diposting diperbarui
86 Pembaca
Like
Cara Membaca Odometer Motor 2024
© freepik.com

Pengertian Odometer dan Fungsinya

Pengertian Odometer dan Fungsinya
freepik.com

Secara garis besar, setiap kendaraan seperti sepeda motor, mobil, dan bus dilengkapi dengan alat yang bernama odometer. Bagi Otopaps yang masih belum tahu, odometer sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur jarak yang sudah ditempuh oleh sebuah kendaraan bermotor.

Biasanya, alat odometer ini terletak di dekat speedometer, tachometer, serta indikator tangki bensin yang ada di dashboard motor Anda. Dengan adanya odometer, ini akan membantu merencanakan perawatan, servis, maupun penggantian suku cadang motor seperti oli, aki, dan baterai listrik motor.

Dalam kata lain, odometer berfungsi sebagai acuan apakah motor Anda dalam keadaan normal atau butuh diservis. Para mekanik-mekanik di bengkel resmi pun sering menggunakan odometer sebagai acuan dalam mengecek dan memutuskan part motor apa saja yang harus diperbaiki maupun diganti.

Melihat fungsinya, tentu penting untuk mengetahui cara baca odometer motor yang benar. Lantas, bagaimana cara membaca odometer motor? Adakah tips-tipsnya? Tentu saja ada. Lewat artikel ini, tim Otopapa akan tunjukkan cara membaca kilometer motor lewat odometer. Jadi, teruslah membaca!

Arti Angka di Odometer dan Cara Menghitungnya

Arti Angka di Odometer dan Cara Menghitungnya
freepik.com

Seperti yang diungkapkan oleh Jaja. W. G (2004) bahwa odometer berfungsi untuk membantu pemilik kendaraan menentukan jadwal perawatan serta servis kendaraannya. Odometer sendiri terbagi menjadi dua berdasarkan jenisnya, yaitu odometer analog atau mekanik dan odometer digital.

Biasanya, odometer analog digunakan oleh kendaraan-kendaraan lama. Sementara itu, odometer digital sudah digunakan oleh model-model motor terbaru seperti Vario 150cc 2017, BeAT 110cc 2023, Vario 125cc Techno FI, Scoopy Stylish 125cc, maupun Yamaha New Fino 125cc Bluecore.

Meski begitu, baik odometer analog maupun odometer digital, keduanya sama-sama memiliki enam (6) digit angka yang berfungsi untuk menunjukkan jarak tempuh motor. Untuk 5 angka di depan, itu menunjukkan jarak tempuh dari sepeda motor Anda dalam satuan kilometer (KM).

Sementara untuk angka keenam, itu berfungsi untuk menunjukkan jarak tempuh dalam satuan meter (M). Biasanya, angka keenam ini berwarna hitam dan selalu berubah seiring dengan kecepatan dan jarak tempuh motor Anda. Selain itu, angka terakhir ini umumnya akan berubah per 100 meter.

Dengan penjelasan di atas, jika Anda nantinya melihat angka terakhir di odometer adalah 7, itu berarti motor Anda sudah menempuh jarak 700 meter. Lebih jelasnya lagi, misalkan odometer di motor Anda menampilkan angka sebesar 29.250, itu artinya sepeda motor tersebut sudah menempuh jarak 29.250 kilometer atau 29.250.000 meter.

Sebagai informasi tambahan, alat odometer umumnya memiliki batas maksimal di angka 99.999 km. Dalam kata lain, jika odometer di motor Anda sudah mentok di angka 99.999, nantinya angka tersebut akan reset kembali ke angka nol atau satu tergantung model motor Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membaca Odometer Motor - Terbaru 2024

Apakah Otopaps sudah tahu pengertian, fungsi, dan cara kerja odometer beserta arti angka yang ada di sana? Jika sudah, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui 4 cara membaca odometer motor. Seperti apa caranya? Silakan cek poin-poin di bawah!

1
Perhatikan Posisi Odometer

Coba Cek Posisi Odometer di Motor Anda, Bisa di Samping atau di Bawah Speedometer

Perhatikan Posisi Odometer

2
Pastikan Motor dalam Keadaan Diam

Jangan Menghitung Odometer Pas Sepeda Motor Masih Menyala

Pastikan Motor dalam Keadaan Diam

3
Baca Angka-Angka di Odometer

Langkah Terakhir, Baca Angka-Angka yang Tercantum di Odometer

Baca Angka-Angka di Odometer

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Coba Cek Posisi Odometer di Motor Anda, Bisa di Samping atau di Bawah Speedometer
© freepik.com
1
Coba Cek Posisi Odometer di Motor Anda, Bisa di Samping atau di Bawah Speedometer

Perhatikan Posisi Odometer

Rekomendasi kami

Sama halnya dengan cara membaca speedometer, cara baca odometer motor yang pertama adalah dengan memerhatikan posisi odometer. Biasanya, posisi dari odometer ini terletak di tengah atau di bawah indikator speedometer tergantung dari model dari sepeda motor Anda.

Ukuran dari odometer sendiri biasanya kecil dan terdiri dari enam digit angka. Jadi, silakan cek gambar indikator yang ada di speedometer sepeda motor Anda. Jika Otopaps sudah menemukan indikator dengan enam digit angka, itu adalah odometer.

Jangan Menghitung Odometer Pas Sepeda Motor Masih Menyala
© freepik.com
2
Jangan Menghitung Odometer Pas Sepeda Motor Masih Menyala

Pastikan Motor dalam Keadaan Diam

Cara membaca odometer motor yang kedua adalah dengan memastikan motor Anda dalam keadaan diam atau berhenti. Hal ini perlu Anda lakukan supaya perhitungan angka odometer yang Anda lakukan ini tepat dan tidak salah. Dalam kata lain, lewat langkah ini, Anda dapat menghitung jarak tempuh motor secara akurat.

Karena bagaimanapun, jika Anda membaca odometer saat motor sedang berjalan, hasil perhitungannya mungkin tidak terlalu akurat. Pasalnya, digit angka pada odometer akan terus berubah dan bertambah seiring dengan berjalannya motor. Jadi, bacalah odometer saat sepeda motor Anda sudah diam atau berhenti.

Langkah Terakhir, Baca Angka-Angka yang Tercantum di Odometer
© freepik.com
3
Langkah Terakhir, Baca Angka-Angka yang Tercantum di Odometer

Baca Angka-Angka di Odometer

Rekomendasi kami

Cara baca odometer motor yang terakhir adalah membaca digit angka yang tercantum di odometer. Seperti yang sudah Anda ketahui, angka-angka di odometer menampilkan jarak tempuh motor dalam satuan kilometer. Mudahnya, digit angka pada odometer menunjukkan jumlah kilometer yang sudah ditempuh oleh sepeda motor.

Sebagai contoh, jika odometer di sepeda motor Anda tercantum angka 22.760, itu berarti motor Anda sudah menempuh jarak sebesar 22.760 kilometer. Atau misalkan odometer menunjukkan angka 15.980, artinya jarak tempuh sepeda motor Anda sudah mencapai 15.980 kilometer.

Tanya Jawab Seputar Cara Membaca Odometer Motor

Jika merajuk pada cara di atas, bisa tim Otopapa pastikan membaca odometer di motor itu sangat mudah. Otopaps hanya perlu mempraktikkan 3 metode, dan hasilnya segera terlihat. Tidak susah sama sekali, bukan? 

Sebelum Anda menuju ke bagian akhir dari artikel ini, silakan cek pertanyaan-pertanyaan di bawah. Semua pertanyaan berikut adalah pertanyaan populer tentang cara membaca odometer motor yang banyak ditanyakan orang-orang.

Bagaimana cara membaca KM motor?

Cara membaca KM atau kilometer motor cukuplah mudah. Jika indikator odometer di kepala motor menunjukkan angka 10.950 berarti sepeda motor Anda sudah menempuh setting jarak sekitar 10.950 kilometer (KM).

Bagaimana cara menggunakan odometer?

Cara menggunakan atau membaca odometer motor ini berlaku untuk semua jenis sepeda motor, baik itu Vario, Scoopy, BeAT, Fino, dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara membaca odometer BeAT, Vario, Scoopy, Fino, dan lainnya? Silakan cek poin-poin di bawah.

  1. Perhatikan posisi odometer.
  2. Pastikan sepeda motor dalam keadaan diam dan berhenti.
  3. Baca angka-angka yang tercantum di odometer.

Dimana letak odometer?

Letak odometer tergantung dari model sepeda motor Anda, terkadang ada di samping atau di bawah speedometer.

Apa nama KM di motor?

Indikator KM yang ada di sepeda motor disebut dengan nama odometer atau odograf.

Kesimpulan: Cara Membaca Odometer Motor

Demikian akhir pembahasan tim Otopapa tentang cara membaca odometer motor. Ada 3 langkah yang bisa Anda ikuti, pertama adalah memerhatikan posisi odometer, memastikan sepeda motor dalam keadaan diam, dan terakhir membaca angka-angka yang ada di odometer.

Di samping itu, digit angka yang ada di odometer menunjukkan jarak yang sudah ditempuh oleh sepeda motor dalam satuan kilometer. Yang artinya, odometer dengan angka 23.450 artinya sepeda motor sudah menempuh jarak sekitar 23.450 kilometer. Jadi, apakah Anda sudah paham cara baca ondometer motor? Jika sudah, beritahu tim Otopapa dengan komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo