Hide Menu

Ini Dia 6 Cara Melihat Ukuran Ban Mobil yang Mudah, Pemilik Mobil Wajib Banget Tahu!

Panduan Lengkap tentang 3 Cara Melihat Ukuran Ban Mobil, Temukan Juga Arti Kode yang Ada pada Sebuah Ban Mobil

Artikel Cara Melihat Ukuran Ban Mobil ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Melihat Ukuran Ban Mobil 2024
© freepik.com

Bagaimana Cara Baca Ukuran Ban Mobil?

Bagaimana Cara Baca Ukuran Ban Mobil?
freepik.com

Sama seperti ban sepeda ataupun ban motor, ban mobil juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk model mobil tertentu meskipun pabrikan dan tahun produksinya sama. Dalam kata lain, mobil Suzuki Ertiga dengan mobil Suzuki APV maupun mobil Carry juga memiliki perbedaan standar spesifikasi ban.

Lantas, bagaimana cara mengetahui ukuran ban mobil? Tenang saja Otopaps! Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menunjukkan 3 cara membaca ukuran ban mobil yang mudah. Anda juga akan mempelajari arti dari kode-kode yang tertera di setiap ban mobil.

Selain itu, artikel ini menampilkan daftar rekomendasi ban mobil terbaik beserta harganya untuk Suzuki Grand Max, Suzuki Splash, Honda Brio, Mitsubishi Pajero, Suzuki Karimun, sampai Wuling Confero. Jadi, mulailah membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Melihat Ukuran Ban Mobil - Terbaru 2024

Menurut Yopi. H (2014), ban merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan yang berfungsi untuk meningkatkan daya dorong dan pengereman. Ban mobil sendiri memiliki ukuran dan spesifikasi berbeda yang umumnya dibedakan berdasarkan kode-kode. Adapun cara baca ukuran ban mobil adalah sebagai berikut:

1
Periksa Bagian Luar Ban Mobil

Cara Paling Mudah dan Gak Berat, Cek Sisi Bagian Luar Ban Mobil

Periksa Bagian Luar Ban Mobil

2
Pahami Kode-Kode yang Tertulis pada Ban Mobil

Ada 6 Kode di Sebuah Ban, Pelajari Cara Membacanya untuk Mengetahui Lebar, Rasio, maupun Speed Rating Ban

Pahami Kode-Kode yang Tertulis pada Ban Mobil

3
Cek Kode Huruf Tread Wear Indicator dan Traction Rating

Terakhir, Periksa Kode Tread Wear Indicator dan Traction Rating yang Tercantum di Ban Mobil

Cek Kode Huruf Tread Wear Indicator dan Traction Rating

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cara Paling Mudah dan Gak Berat, Cek Sisi Bagian Luar Ban Mobil
© freepik.com
1
Cara Paling Mudah dan Gak Berat, Cek Sisi Bagian Luar Ban Mobil

Periksa Bagian Luar Ban Mobil

Rekomendasi kami

Cara melihat ukuran ban mobil yang pertama adalah dengan memeriksa bagian luar dari ban mobil. Pasalnya, kebanyakan produsen ban mobil selalu mencantumkan ukuran serta detail lainnya di tapak ban mobil dalam bentuk kode. Kode-kode ini biasanya berupa huruf dan angka yang menunjukkan lebar ban, rasio ban, sampai speed rating.

Jadi, jika Otopaps berencana ganti ban mobil Suzuki Karimun atau Wuling Confero, cek segera bagian luar ban mobil tersebut. Setelah itu, cari kode yang tertulis di sana dan pilihlah produk ban mobil dengan spesifikasi yang sama. 

Ada 6 Kode di Sebuah Ban, Pelajari Cara Membacanya untuk Mengetahui Lebar, Rasio, maupun Speed Rating Ban
© freepik.com
2
Ada 6 Kode di Sebuah Ban, Pelajari Cara Membacanya untuk Mengetahui Lebar, Rasio, maupun Speed Rating Ban

Pahami Kode-Kode yang Tertulis pada Ban Mobil

Cara kedua dalam membaca ukuran ban mobil adalah dengan memahami kode-kode yang tertera di ban mobil. Seperti yang sudah tim Otopapa katakan sebelumnya bahwa setiap ban mobil itu pasti memiliki kode di bagian luarnya. Karena itu, penting untuk memahami kode-kode ban mobil tersebut.

Berikut tim Otopapa tunjukkan kode-kode yang biasanya ada di bagian luar ban mobil beserta artinya. Silakan cek poin-poin di bawah!

  • 3 Digit Angka di Depan adalah Lebar Ban

Di bagian depan kode, Anda biasanya akan mendapati tiga digit angka yang menunjukkan lebar ban alias tingkat ketebalan dinding ban. Selain itu, satuan yang digunakan untuk menghitung lebar ban ini biasanya adalah milimeter (mm). Jika Otopaps menemukan ban mobil dengan kode 215/60 R17, itu artinya ban mobil tersebut memiliki lebar atau ketebalan ban sebesar 215 milimeter (mm).

  • 2 Digit Angka Setelah Garis Miring adalah Rasio Ban

Setelah tiga digit angka di depan, Anda biasanya akan mendapati garis miring dan dua digit angka di sebelahnya. Dua digit angka setelah garis miring itu mengacu pada rasio ban mobil. Aspek rasio ban sendiri merupakan perbandingan atau persentase antara tinggi penampang ban dengan lebar ban.

Sebagai contoh, misalkan ban mobil yang Anda pilih tertulis kode 185/70 R15, itu berarti ban tersebut memiliki rasio ban 65 alias tinggi penampangnya sebesar 65% dari lebar ban. Angka 65 didapat dari 185-70. 

  • Huruf yang Ada di Tengah adalah Kontruksi Ban

Seperti yang Anda lihat di contoh sebelumnya, setelah series rasio ban ada hurus R di sana. Apa artinya? Pada dasarnya, huruf R yang tertulis di sebuah ban mobil itu mengacu pada kontruksi dari ban tersebut. R di sini merupakan singkatan dari kata Radial. 

  • 2 Angka Setelah Huruf adalah Lebar Diameter Ban

Lanjut ke arti dua digit angka setelah huruf R yang mana dua angka ini digunakan untuk menghitung lebar diameter velg ban dalam satuan inch. Jadi, jika Otopaps ingin tahu ukuran diameter velg atau ring ban, Anda cukup memperhatikan angka setelah huruf R.

Misalkan di sana tertulis R13, R14, R15, R16 atau R17, artinya ban tersebut memiliki diameter velg atau ring sebesar 13-inch, 14-inch, 15-inch, 16-inch, dan 17-inch.

  • 2 Digit Angka Terakhir adalah Batas Beban Tumpuan Ban

Belum selesai sampai di situ, ban mobil juga memiliki kode yang berfungsi untuk menunjukkan tingkat batas beban tumpuan dalam satuan kilogram (kg). Biasanya, batas beban tumpuan ban dihitung dengan menggunakan dua digit angka. Mari ambil contoh ban mobil dengan kode 205/65 R16 95H.

Dari contoh di atas, Anda pastinya melihat ada angka 95 setelah kode R15. Nah, angka 95 di sini menunjukkan bahwa ban mobil ini memiliki batas beban tumpuan sekitar 690 kg. Berikut adalah tabel yang menampilkan detail kode batas beban tumpuan ban dalam satuan kilogram.

Kode Angka 70335 kg
Kode Angka 75387 kg
Kode Angka 80450 kg
Kode Angka 90600 kg
Kode Angka 95690 kg
Kode Angka 100800 kg
  • Huruf Terakhir adalah Speed Rating

Nah, kode terakhir yang ada pada sebuah ban mobil biasanya tertulis satu huruf. Di contoh sebelumnya, yaitu 205/65 R16 95H yang mana kode huruf H di sini mengacu pada speed rating alias kode kecepatan dari ban mobil. Selain huruf H, ada juga kode huruf speed rating lainnya seperti J, Q, S, T, U, V, W, dan Y.

Kode huruf H sendiri berarti ban mobil tersebut memiliki batas kecepatan maksimal sampai 210 km/jam. Sementara kode huruf J adalah kode kecepatan paling rendah sekitar 100 km/jam dan kode huruf Y adalah kode kecepatan paling tinggi sekitar 300 km/jam.

Terakhir, Periksa Kode Tread Wear Indicator dan Traction Rating yang Tercantum di Ban Mobil
© freepik.com
3
Terakhir, Periksa Kode Tread Wear Indicator dan Traction Rating yang Tercantum di Ban Mobil

Cek Kode Huruf Tread Wear Indicator dan Traction Rating

Rekomendasi kami

Langkah terakhir dari cara melihat ukuran ban mobil adalah dengan mengecek tread wear indicator dan traction rating. Untuk Anda yang belum tahu, tread wear indicator menunjukkan tingkat keawetan atau daya tahan dari ban mobil. Biasanya, semakin besar nilainya, maka semakin lama masa pakai dari ban mobil tersebut.

Sebagai contoh, misalkan ada dua ban mobil yang mana ban A punya tread wear 220 dan ban B memiliki tread wear 320, artinya ban mobil B lebih awet daripada ban mobil A.

Selain tread wear indicator, sebuah ban mobil juga umumnya memiliki kode traction rating. Traction rating sendiri menunjukkan ketahanan atau kekuatan ban dalam mencengkram permukaan jalanan yang basah. Umumnya, nilai dari traction rating terbagi menjadi empat, yaitu AA (Sangat Baik), A (Baik), B (Sedang), dan C (Buruk).

Tanya Jawab Seputar Cara Melihat Ukuran Ban Mobil

Di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan populer yang biasanya ditanyakan orang-orang tentang cara melihat ukuran ban mobil. Silakan cek!

Apa arti ban 205 55 R16?

Arti dari ban mobil dengan kode 205/55 R16 adalah sebagai berikut:

  • 205 menunjukkan ukuran lebar tapak ban dalam satuan milimeter
  • 55 menunujukkan rasio aspek dari ban mobil
  • R16 menunjukkan diameter velg atau pelek dalam satuan inci

Apa arti ukuran ban 185 65 R15?

Jika Anda membeli ban ceper dengan kode 185/65 R15, artinya ban ceper tersebut memiliki lebar tapak atau ketebalan sebesar 185 mm dengan rasio ban sebesar 65. Lalu, R15 di sini mengacu pada diameter velg dari ban mobil yang berukuran 15-inch.

Apa arti ukuran ban 205 65 R16?

Ukuran ban mobil 205/65 R16 menunjukkan bahwa ban tersebut memiliki lebar tapak 205 mm, rasio ban 65, dan diameter velg sebesar 16-inch.

Ukuran ban dilihat dimana?

Anda bisa melihat atau baca ukuran ban mobil Pick Up maupun GrandMax dengan mengecek bagian luarnya. Di sana, Anda nanti akan menemukan kode-kode yang menunjukkan lebar ban, rasio ban, diameter velg, sampai speed rating dari ban mobil tersebut.

Kesimpulan: Cara Melihat Ukuran Ban Mobil

Itulah 3 cara melihat ukuran ban mobil yang bisa Anda coba lakukan. Pertama, silakan cek bagian luar dari ban mobil dan baca kode-kode yang tertulis di sana. Setelah itu, pahami saja kode-kode yang tertulis di ban mobil, mulai dari tiga digit angka, dua digit angka setelah garis miring, sampai huruf terakhirnya. Yang terakhir, periksa kode tread wear indicator ataupun traction rating.

Jadi, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara membaca ukuran ban mobil? Jika sudah, segera praktikkan dan temukan spesifikasi ban mobil terbaik yang sesuai dengan model mobil Anda. Semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo