Hide Menu

Merantau dan Butuh Kendaraan? Catat 5 Cara Kirim Motor ke Luar Pulau di Sini, Lengkap!

Pembahasan Seputar Cara Kirim Motor ke Luar Pulau, Syarat Kirim Motor, dan Jenis-Jenis Jasa Pengiriman Motor

Artikel Cara Kirim Motor ke Luar Pulau ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Cara Kirim Motor ke Luar Pulau 2024
© freepik.com

Mau Kirim Motor ke Luar Pulau? Gimana Caranya?

Mau Kirim Motor ke Luar Pulau? Gimana Caranya?
freepik.com

Ada banyak alasan kenapa orang-orang mengirimkan motor dari satu pulau ke pulau lain. Entah karena orang tersebut adalah pemilik usaha otomotif atau mungkin karena orang tersebut adalah perantau yang butuh sebuah kendaraan untuk menunjang aktivitas sehari-harinya di perantauan. Kira-kira, Otopaps yang mana?

Apapun alasan Anda paketin motor dari satu pulau ke pulau lain, satu yang pasti, Anda butuh yang namanya jasa pengiriman motor antar pulau. Ada banyak sekali perusahaan ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman motor antar pulau, sebut saja Indah Cargo Logistik, Pos Indonesia, JNE, J&T, KAI, TIKI, dan Rosalia Express.

Namun sebelum Anda mengirim motor Anda ke luar pulau, Anda harus memiliki informasi yang cukup terlebih dahulu. Mulai dari syarat-syarat yang harus Anda penuhi, jenis pengiriman yang akan Anda gunakan, sampai langkah-langkah kirim motor ke luar pulau yang benar.

Nah, artikel ini pun dibuat untuk membantu Anda. Lewat artikel ini, tim Otopapa akan menampilkan cara kirim motor ke luar pulau yang lengkap termasuk syarat-syarat kirim motor yang harus Anda penuhi beserta jenis-jenis ekspedisi yang bisa Anda gunakan. Tanpa basa-basi lagi, silakan baca!

Jenis Pengiriman Motor ke Luar Pulau

Jenis Pengiriman Motor ke Luar Pulau
freepik.com

Ada dua jenis layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk mengirim motor ke luar pulau, yaitu jalur laut dan jalur udara. Bagaimana dengan jalur darat? Khusus untuk jalur darat, ini adalah jenis pengiriman yang cocok untuk Anda yang mau kirim paket motor atau barang antar kota saja, entah dari Jakarta ke Surabaya maupun dari Bandung ke Jogja.

Biasanya, layanan pengiriman sepeda motor jalur darat ini menggunakan transportasi besar seperti kereta api KAI, truk kargo, mobil angkutan JNE, maupun kendaraan-kendaraan ekspedisi lainnya. Lantas, bagaimana layanan pengiriman jalur laut dan udara? Transportasi apa yang digunakan? Mari ketahui lewat poin-poin di bawah.

  • Pengiriman Jalur Laut

Pengiriman jalur laut menggunakan kapal cargo atau kapal tongkang merupakan jenis pengiriman paling umum yang sering digunakan di berbagai aktivitas logistik dan ekspedisi yang ada di Indonesia. Alasan kenapa jalur laut sering dipilih adalah karena tarif pengirimannya lebih murah daripada pengiriman jalur udara.

Lalu, berapa biaya umum untuk melakukan pengiriman jalur laut? Biasanya, penentuan tarif pengiriman ini dihitung berdasarkan berat kg motor, jenis motor, tipe motor, kapasitas mesin, serta jarak tujuan pengiriman. Namun umumnya, ongkos kirim alias ongkir dari pengiriman jalur laut ada di angka 1.5 juta rupiah sampai 3 juta rupiah.

Selain biaya pengiriman yang murah, kelebihan pengiriman jalur laut yang lainnya adalah besar dan luasnya kapasitas tempat di kapal. Dengan ini, Anda tidak perlu lama-lama mengantri untuk mengirim sepeda motor Anda ke luar pulau, entah itu Bali, Batam, Lampung, maupun Palembang.

  • Pengiriman Jalur Udara

Selain pengiriman jalur laut, ada juga layanan pengiriman jalur udara yang bisa Anda manfaatkan untuk mengirim sepeda motor ke luar pulau. Kalau berbicara tentang jalur udara, sudah jelas bahwa transportasi yang digunakan untuk mengirim motor Anda adalah pesawat, entah itu dari maskapai Garuda Indonesia, Air Asia, Citilink, dan sejenisnya.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan maskapai penerbangan sebagai transportasi untuk mengirim sepeda motor ke luar pulau. Keuntungan yang dimaksud ini adalah motor sampai lebih cepat, adanya asuransi, risiko motor rusak sangatlah kecil, dan jangkauan wilayah pulau yang luas.

Hanya saja, dengan semua keuntungan di atas, ini berpengaruh pada tarif pengirimannya yang lebih mahal ketimbang pengiriman menggunakan kapal. Jika Anda memilih pengiriman jalur udara untuk paketin motor ke luar pulau, maka ongkos kirim atau ongkir yang harus Anda keluarkan sekitar 2 juta rupiah sampai 6 juta rupiah.

Syarat-Syarat Kirim Motor ke Luar Pulau

Syarat-Syarat Kirim Motor ke Luar Pulau
freepik.com

Sebelum Anda memahami cara kirim motor ke luar pulau, Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai syarat-syarat wajib kirim motor ke luar pulau. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut.

  1. STNK asli dan masih aktif sebagai bukti kepemilikan dan legalitas dari sepeda motor yang mau Anda kirim
  2. Fotokopi KTP sebagai identifikasi dari pemilik sepeda motor
  3. Surat jalan dari kepolisian dan fotokopi BPKB sebagai bukti administrasi dan keamanan saat motor dikirim melintasi beberapa pulau
  4. Kunci motor dari sepeda motor Anda
  5. Tangki bahan bakar yang kosong dan kabel-kabel aki yang sudah lepas untuk mencegah terjadinya kebakaran

Inilah 5 syarat wajib yang harus Anda penuhi ketika akan kirim motor ke luar pulau.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Kirim Motor ke Luar Pulau - Terbaru 2024

Sepeda motor merupakan jenis kendaraan pribadi yang umumnya digunakan oleh banyak orang di kota-kota di Indonesia karena harga belinya yang terjangkau serta kelincahannya untuk mobilitas (Lovely. L. et al, 2020). Karena fungsinya ini, tidak heran jika beberapa orang mengirim motor dari satu pulau ke pulau lain untuk keperluan pribadi ataupun bisnis.

Lantas, bagaimana cara kirim motor ke luar pulau? Jika Anda sudah kepalang penasaran, scroll saja ke bawah untuk mengetahui cara-caranya!

1
Persiapkan Semua Kelengkapan Surat-Surat Penting

Siapkan Semua Surat-Surat Penting, STNK, Fotokopi KTP, Fotokopi BPKB, dan Surat Keterangan Jalan

Persiapkan Semua Kelengkapan Surat-Surat Penting

2
Cek Kondisi Mesin dan Bodi Motor

Pastikan Motor dalam Kondisi Prima, Lakukan Service Kalau Bisa!

Cek Kondisi Mesin dan Bodi Motor

3
Packing Motor Anda dengan Benar dan Aman

Pastikan Motor Terpacking dengan Rapi dan Pas

Packing Motor Anda dengan Benar dan Aman

4
Gunakan dan Manfaatkan Asuransi Pengiriman

Untuk Mencegah Hal-Hal Buruk, Gunakan Asuransi Pengiriman

Gunakan dan Manfaatkan Asuransi Pengiriman

5
Selalu Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Ada Pos Indonesia, KAI, Indah Cargo Logistik, TIKI, JNE, J&T, dan Rosalia Express

Selalu Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Siapkan Semua Surat-Surat Penting, STNK, Fotokopi KTP, Fotokopi BPKB, dan Surat Keterangan Jalan
© freepik.com
1
Siapkan Semua Surat-Surat Penting, STNK, Fotokopi KTP, Fotokopi BPKB, dan Surat Keterangan Jalan

Persiapkan Semua Kelengkapan Surat-Surat Penting

Cara kirim motor antar pulau yang pertama adalah dengan menyiapkan semua surat-surat penting yang dibutuhkan. Karena bagaimanapun, kelengkapan surat ini berfungsi sebagai identitas dari motor yang Anda kirim.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, untuk mengirim motor ke pulau, Anda harus menyiapkan surat-surat seperti STNK asli, fotokopi KTP, fotokopi BPKB, dan surat jalan dari kepolisian. Semua surat ini perlu Anda siapkan supaya pengiriman motor ke luar pulau dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Pastikan Motor dalam Kondisi Prima, Lakukan Service Kalau Bisa!
© freepik.com
2
Pastikan Motor dalam Kondisi Prima, Lakukan Service Kalau Bisa!

Cek Kondisi Mesin dan Bodi Motor

Rekomendasi kami

Jika semua surat sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi mesin dan bodi motor yang akan Anda kirim. Bahkan jika perlu, Anda bisa melakukan service terlebih dahulu sebelum paketin motor Anda ke luar pulau. Hal ini perlu Anda lakukan supaya motor ada di kondisi prima saat sampai di pulau tujuan.

Selain itu, Anda juga perlu mengosongkan tangki bahan bakar di motor Anda. Pasalnya, jika masih ada sisa bensin, ditakutkan itu nantinya akan menimbulkan bahaya saat proses pengiriman motor berlangsung. Jadi, pastikan untuk mengosongkan tangki bahan bakar di motor Otopaps, ya!

Pastikan Motor Terpacking dengan Rapi dan Pas
© freepik.com
3
Pastikan Motor Terpacking dengan Rapi dan Pas

Packing Motor Anda dengan Benar dan Aman

Setelah melakukan pengecekan kondisi motor, cara kirim motor ke luar pulau yang selanjutnya adalah dengan melakukan packing. Faktanya, pengiriman motor membutuhkan waktu berhari-hari dan mungkin berminggu-minggu. Ditambah lagi, motor yang dikirim pasti akan mengalami guncangan saat berada di kapal maupun pesawat.

Mempertimbangkan fakta di atas, maka penting untuk melakukan packing atau pengemasan supaya motor terlindungi selama proses pengiriman. Ada banyak cara packing yang bisa Anda manfaatkan, seperti menggunakan bubble wrap, kardus, karung hingga kayu.

Di samping itu, saat packing motor, pastikan semua bodi motor sudah tertutupi dengan baik. Hal ini penting untuk Anda perhatikan untuk melindungi motor Anda dari baret maupun lecet.

Untuk Mencegah Hal-Hal Buruk, Gunakan Asuransi Pengiriman
© freepik.com
4
Untuk Mencegah Hal-Hal Buruk, Gunakan Asuransi Pengiriman

Gunakan dan Manfaatkan Asuransi Pengiriman

Rekomendasi kami

Meski sudah merencanakan dan mengusahakan sebaik mungkin, hal-hal buruk itu tetap saja bisa terjadi. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan asuransi pengiriman sebagai tindakan pencegahan atas hal-hal buruk yang tidak diinginkan ini, entah itu motor rusak atau hilang. Inilah cara kirim motor antar pulau yang keempat.

Dengan adanya asuransi pengiriman, ini dapat memberikan rasa tenang pada Anda saat mengirim motor ke luar pulau. Jadi, jika motor Anda mengalami kerusakan atau mungkin hilang selama pengiriman motor antar pulau, pihak asuransi akan bertanggung jawab mengganti semua kerugian yang Anda alami.

Ada Pos Indonesia, KAI, Indah Cargo Logistik, TIKI, JNE, J&T, dan Rosalia Express
© freepik.com
5
Ada Pos Indonesia, KAI, Indah Cargo Logistik, TIKI, JNE, J&T, dan Rosalia Express

Selalu Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Cara kirim motor ke luar pulau yang terakhir adalah menggunakan jasa pengiriman motor terpercaya. Meskipun Anda bisa melakukannya sendiri, namun proses pengiriman motor antar pulau akan sangat melelahkan dan ribet. Jadi, ada baiknya Anda mempercayakan pengiriman motor Anda ke perusahaan ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman kendaraan.

Prosesnya pun juga lebih mudah, Anda hanya perlu menyerahkan motor yang Anda kirim, menyiapkan semua surat-surat penting, dan pihak ekspedisi akan segera memproses semuanya. Ada banyak perusahaan ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman motor, seperti Pos Indonesia, Indah Cargo Logistik, Rosalia Express, JNE, J&T, TIKI, dan KAI.

Tanya Jawab Seputar Cara Kirim Motor ke Luar Pulau

Masuk ke sesi tanya jawab, di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh orang-orang seputar cara kirim motor antar pulau. Silakan cek!

Kirim motor pake ekspedisi apa?

Ada beberapa perusahaan ekspedisi terkenal yang menawarkan jasa pengiriman motor, seperti Indah Cargo Logistik, Pos Indonesia, TIKI, Rosalia Express, JNE, dan KAI.

Apakah motor bisa dikirim lewat J&T?

Jawabannya bisa. Anda bisa mengirim sepeda motor antar kota maupun antar pulau menggunakan J&T via layanan motor J&T cargo.

Apa saja syarat pengiriman motor?

Berikut adalah beberapa syarat pengiriman motor yang harus Anda penuhi seperti STNK asli, fotokopi KTP, fotokopi BPKB, dan surat jalan dari kepolisian.

Apakah motor bisa dikirim lewat JNE?

Sama seperti J&T, Anda juga bisa mengirim sepeda motor menggunakan JNE via layanan motor JNE cargo yang tersedia.

Bagaimana cara kirim motor ke luar kota?

Entah dekat ataupun jauh, silakan cek cara mengirim motor ke luar kota di bawah ini.

  1. Persiapkan semua kelengkapan surat
  2. Cek kondisi mesin dan bodi motor
  3. Pack atau kemas motor Anda dengan benar
  4. Gunakan asuransi pengiriman motor
  5. Gunakan jasa pengiriman terpercaya

Kesimpulan: Cara Kirim Motor ke Luar Pulau

Sebagai penutup dari artikel ini, ada 5 cara kirim motor ke luar pulau yang harus Anda ikuti. Cara-cara tersebut adalah menyiapkan kelengkapan surat, mengecek kondisi mesin dan bodi motor, melakukan packing motor, menggunakan asuransi pengiriman, dan terakhir menggunakan jasa pengiriman motor via perusahaan eskpedisi.

Perlu diperhatikan Anda tetap harus menjaga keadaan motor agar tidak membahayakan kurir yang mengantar. Jadi, pilih jalur paling aman agar aset Anda sampai tujuan dengan selamat. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo