Hide Menu

Wajib Tahu! Inilah 4 Cara Cek Aki Motor Masih Bagus atau Tidak, Simak Biar Paham!

Berikut Adalah Cara Mudah untuk Ngecek Aki Motor Masih Bagus atau Tidak. Simpel dan Gak Ribet!

Artikel Cara Cek Aki Motor Masih Bagus atau Tidak ini diposting diperbarui
14 Pembaca
Like
Cara Cek Aki Motor Masih Bagus atau Tidak 2024
© freepik.com/pressfoto

Ciri dan Tanda Aki Motor Sudah Soak dan Tekor

Ciri dan Tanda Aki Motor Sudah Soak dan Tekor
freepik.com/senivpetro

Pada dasarnya, aki motor itu terbagi menjadi tiga jenis, aki basah, aki kering, dan aki gel. Perbedaan antara ketiganya terletak pada bentuk cairan yang digunakan, namun ketiganya memiliki fungsi yang sama. Fungsi itu adalah sebagai sumber listrik untuk menyokong komponen motor yang membutuhkan arus listrik, seperti lampu, klakson, dan speedometer.

Karena fungsinya yang amat penting ini, maka Anda benar-benar perlu menjaga dan merawat aki motor Anda. Salah satu cara untuk menjaga kondisi aki motor adalah dengan memahami ciri-ciri aki yang sudah soak dan habis daya sekaligus tahu cara cek aki motor masih bagus atau tidak.

Nah, pertama-tama, mari pelajari ciri-ciri maupun tanda-tanda aki motor yang sudah soak dan tekor. Apa saja? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  • Mesin Motor Sulit untuk Dihidupkan

Jika mesin motor Anda sudah sulit untuk Anda nyalakan, maka itu adalah tanda bahwa aki di motor Anda sudah soak dan habis daya. Apa yang dimaksud di sini adalah sulitnya menghidupkan mesin motor itu menandakan bahwa daya pada aki motor Anda sudah menurun, sehingga Anda harus segera cas aki atau ganti dan pasang aki baru.

  • Starter Motor Tidak Berbunyi

Tanda aki motor yang sudah habis daya selanjutnya adalah starter motor yang tidak mau berbunyi ketika Anda menekannya. Hal ini menandakan bahwa aki sudah tidak bisa lagi menyediakan daya listrik yang cukup untuk menghidupkan starter motor.

  • Cahaya Lampu Motor Mulai Redup

Biasanya, ketika aki sudah soak dan butuh diganti secepatnya, maka cahaya pada lampu motor terlihat lebih redup dari biasanya. 

  • Suara Klakson Motor yang Pelan

Tanda selanjutnya bahwa aki sudah soak adalah suara klakson yang pelan dan tidak nyaring. Bagaimanapun, aki yang sudah soak dan habis daya tidak dapat lagi menyediakan cukup daya listrik untuk membunyikan klakson motor dengan nyaring.

  • Tampilan Speedometer yang Berkedip-kedip

Tanda aki sudah soak berikutnya adalah tampilan speedometer yang mulai meredup dan berkedip-kedip. Saat ini, sudah banyak jenis sepeda motor yang dilengkapi dengan fitur speedometer digital. Nah, jika tampilan di speedometer kian hari kian meredup, maka itu pertanda bahwa aki motor Anda sudah perlu diganti.

  • Umur Aki yang Sudah Lebih dari 2 Tahun

Ciri terakhir adalah usia pakai aki yang sudah berumur lebih dari 2 tahun. Meski tanda ini tidak bisa Anda cek secara teknis, namun Anda bisa mengetahuinya dengan mengingat kapan terakhir kali Anda mengisi aki dengan air aki atau melakukan ganti aki.

Cara Memilih Aki Motor yang Tepat

Cara Memilih Aki Motor yang Tepat
freepik.com/wayhomestudio

Bagaimanapun, aki atau accu merupakan salah satu komponen penting pada semua kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor, mobil, truk, dan lain-lainnya. Hal ini pun sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Kosasih D. P. (2018) berjudul Pengaruh Variasi Larutan Elektrolite pada Accumulator terhadap Arus dan Tegangan.

Dalam penelitiannya, dijelaskan bahwa aki atau accumulator (accu) merupakan jenis baterai yang banyak digunakan pada kendaraan bermotor sebagai sumber listrik. Singkatnya, aki merupakan sebuah batre yang akan memberikan energi listrik ke komponen-komponen kendaraan yang membutuhkan arus listrik, entah itu lampu maupun klakson.

Semisal Anda menemukan aki motor Anda sudah soak, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, entah itu mengisinya dengan air aki, melakukan jumping aki, atau menggantinya dengan membeli aki baru. Jika Anda adalah orang yang lebih memilih untuk membeli aki baru, berikut adalah tips memilih aki motor yang tepat.

  • Sesuaikan dengan Spesifikasi Motor

Pertama-tama, Anda perlu membeli aki yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membaca buku manual atau bertanya pada mekanik bengkel resmi. Hal ini penting karena setiap motor menggunakan spesifikasi aki yang berbeda tergantung dari kapasitas, tegangan watt atau volt, dan jenis aki.

Dalam kata lain, baik motor bebek maupun motor matic injeksi membutuhkan aki yang berbeda. Jadi, jika Anda adalah pemilik motor Honda Beat Fi, Scoopy, atau Vario, carilah aki yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Begitupun jika Anda adalah pemilik motor Yamaha Mio, Nmax, atau Aerox, maka pilihlah aki yang sesuai.

  • Pilih Tipe Aki yang Sesuai

Secara umum, aki motor itu tersedia dalam beberapa jenis yang meliputi aki lead acid, aki gel, dan aki AGM atau Absorbent Glass Mat. Setiap jenis aki ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah jenis aki yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Perhatikan Kapasitas Aki

Selain tipe aki, Anda pun juga harus mempertimbangkan kapasitas aki saat memilih aki motor. Kapasitas aki biasanya diukur dengan satuan ampere-hour (Ah) yang menunjukkan seberapa banyak daya listrik yang dapat disimpan. Jadi, saat Anda membeli aki motor, pilihlah aki dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan motor Anda.

  • Pilih Merek Aki yang Terpercaya

Ini tentu sudah menjadi tips umum yang harus Anda lakukan saat membeli aki motor. Yup, memilih aki dari merek yang terpercaya bisa jadi sebuah keharusan. Jika Anda bingung, Anda bisa mempertimbangkan beberapa merek aki tahan banting seperti GS Astra, Aspira, Yuasa, Motobatt, Federal, dan Zeus.

  • Perhatikan Garansi

Tips memilih aki motor yang terakhir adalah perhatikan garansi. Hal ini penting untuk Anda lakukan demi menjamin perlindungan jika terjadi masalah atau kerusakan pada aki yang baru Anda beli.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Cek Aki Motor Masih Bagus atau Tidak - Terbaru 2024

Setelah Anda mengetahui tanda-tanda aki soak dan tekor, maka kini saatnya bagi Anda untuk memahami bagaimana cara cek aki motor masih bagus atau tidak. Apa tips dan triknya? Simak terus untuk mengetahuinya!

1
Pahami Tanda-Tanda Aki Motor Soak

Ada Banyak Tandanya, Coba Cek Satu Persatu

Pahami Tanda-Tanda Aki Motor Soak

2
Cek Indikator Aki Motor di Speedometer

Cari Tahu Indikator di Speedometer Kedip-Kedip atau Tidak

Cek Indikator Aki Motor di Speedometer

3
Amati Kondisi Fisik Aki Motor

Aki Soak Kondisi Fisiknya Menggelembung, Retak, dan Bocor

Amati Kondisi Fisik Aki Motor

4
Gunakan Alat Voltmeter

Gak Mahal, Mulai dari 10 Ribuan Aja dan Dapatkan Voltmeter untuk Ngecek Tegangan Aki

Gunakan Alat Voltmeter

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ada Banyak Tandanya, Coba Cek Satu Persatu
© unsplash.com/belart84
1
Ada Banyak Tandanya, Coba Cek Satu Persatu

Pahami Tanda-Tanda Aki Motor Soak

Rekomendasi kami

Tentu saja! Ketika Anda sudah paham perihal tanda-tanda aki soak atau tekor, maka Anda bisa memastikannya langsung. Cobalah cek apakah mesin motor Anda masih mudah untuk dinyalakan atau tidak, apakah starter motor bisa segera nyala ketika Anda menekannya, dan apakah klakson motor Anda masih berbunyi kencang atau tidak.

Jika semuanya masih normal, maka itu pertanda bahwa accu Anda masih berfungsi dengan baik dan normal. Sebaliknya jika Anda mendapati starter motor Anda sulit menyala atau suara klakson Anda mulai pelan, kemungkinan aki Anda sudah mulai soak. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Sudah pasti, caranya adalah dengan cas aki atau ganti aki.

Cari Tahu Indikator di Speedometer Kedip-Kedip atau Tidak
© unsplash.com/kumpan_electric
2
Cari Tahu Indikator di Speedometer Kedip-Kedip atau Tidak

Cek Indikator Aki Motor di Speedometer

Cara cek aki motor masih bagus atau tidak yang selanjutnya adalah dengan melihat indikator pada speedometer. Saat ini, sudah banyak pabrikan motor yang melengkapi produk sepeda motornya dengan fitur speedometer. Dengan fitur ini, mengecek apakah kondisi accu motor Anda masih bagus atau tidak akan jauh lebih mudah.

Bagaimana caranya? Cukup perhatikan hal-hal ini. Jika indikator pada speedometer terus menyala dan berkedip-kedip, maka itu berarti kondisi aki motor Anda sedang tidak bagus. Semisal sudah begini, Anda bisa segera mengisi aki Anda dengan accu zuur atau air aki atau mungkin menggantinya dengan aki yang baru.

Aki Soak Kondisi Fisiknya Menggelembung, Retak, dan Bocor
© freepik.com/arthurhidden
3
Aki Soak Kondisi Fisiknya Menggelembung, Retak, dan Bocor

Amati Kondisi Fisik Aki Motor

Rekomendasi kami

Ada cara mudah lainnya yang bisa Anda terapkan untuk mengecek apakah aki motor Anda masih bagus atau tidak. Cara tersebut adalah dengan mengecek kondisi fisik dari aki tersebut. Cukup perhatikan apakah aki Anda menggelembung, retak, atau mungkin bocor. Jika Anda menemukan salah satu kondisi di atas, dipastikan bahwa aki motor Anda sudah perlu diganti.

Perlu untuk Volties ketahui bahwa accu sepeda motor yang menggelembung, retak, maupun bocor adalah pertanda bahwa aki tersebut sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Bagaimanapun, saat aki motor Anda sudah menggelembung, itu berarti elemen-elemen di dalam aki sudah mulai rusak. Jika Anda biarkan, kemungkinan aki motor Anda bisa saja meledak.

Gak Mahal, Mulai dari 10 Ribuan Aja dan Dapatkan Voltmeter untuk Ngecek Tegangan Aki
© unsplash.com/dark_matter_09
4
Gak Mahal, Mulai dari 10 Ribuan Aja dan Dapatkan Voltmeter untuk Ngecek Tegangan Aki

Gunakan Alat Voltmeter

Rekomendasi kami

Jika cara-cara sebelumnya tidak perlu menggunakan alat, maka cara yang terakhir ini membutuhkan sebuah alat bernama voltmeter. Apa fungsi dari alat ini? Singkatnya, voltmeter merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur tegangan yang ada pada aki motor Anda.

Lalu, bagaimana cara menentukan tegangan aki motor itu normal? Cukup mudah, kok. Aki motor yang sehat biasanya memiliki tegangan sekitar 12.4 volt sampai 13.6 volt. Jadi, jika Anda mendapati angka tegangan aki motor Anda di bawah 12.4 volt, maka Anda perlu mengecasnya untuk menaikkan tegangan volt.

Apakah Volties masih awam dengan voltmeter? Bingung cara menggunakan alat pengukur tegangan aki ini? Kalau begitu, biar kami membantu Anda. Untuk menggunakan voltmeter sebenarnya cukup mudah karena Anda hanya perlu mengatur tegangan menjadi DC. Kemudian, hubungkan kabel positif berwarna merah ke kutub positif aki dan kabel negatif berwarna hitam ke kutub negatif aki.

Jika sudah, maka voltmeter akan secara otomatis akan menunjukkan berapa tegangan dari aki motor Anda. Bagaimana? Mudah, kan? Jika Volties tertarik untuk memiliki alat ini, Anda tidak perlu khawatir karena harga dari alat ini amat terjangkau. Mulai dari 10 ribuan saja! Murah, kan?

Tanya Jawab Seputar Cara Cek Aki Motor Masih Bagus atau Tidak

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan seputar cara cek kondisi aki yang paling sering ditanyakan oleh para Otopaps. Apa saja? Silakan cek untuk mengetahuinya!

Bagaimana cara mengetahui aki motor harus diganti?

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah aki motor Anda harus diganti atau tidak adalah dengan mengecek indikator speedometer. Jika tegangan pada speedometer menunjukkan angka di bawah 12 volt dan sudah berkedip-kedip, maka itu tanda bahwa aki motor Anda sudah harus diganti.

Apa ciri ciri aki motor lemah?

Ada banyak, antara lain:

  • Sulit dinyalakan
  • Starter motor tidak bisa langsung berfungsi
  • Suara klakson pelan
  • Cahaya lampu yang mulai redup
  • Tampilan speedometer berkedip-kedip

Dimana tempat terbaik untuk membeli aki motor?

Selain online marketplace, Anda bisa membeli aki motor yang baru dengan harga murah di bengkel resmi ataupun toko ritel terpercaya, seperti Shop & Drive, Planet Ban, dan sebagainya.

Kesimpulan: Cara Cek Aki Motor Masih Bagus atau Tidak

Sekian pembahasan tim Otopapa seputar cara cek aki motor masih bagus atau tidak. Sebagai kesimpulan, ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk cek kondisi aki motor apakah masih bagus atau tidak, seperti memahami tanda-tanda aki soak, cek indikator speedometer, mengamati kondisi fisik aki, dan menggunakan alat voltmeter.

Bagaimana Otopaps? Ingin segera melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa aki motor Anda masih dalam kondisi yang baik dan normal? Jika begitu, segeralah lakukan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo