Hide Menu

Aki Tekor Bukan Masalah Lagi, Begini 6 Cara Cas Aki Basah. Yuk, Simak!

Terbaik. Berikut adalah Panduan Mengenai Cara Charger Aki Basah yang Benar. Gak Ribet Kok!

Artikel Cara Cas Aki Basah ini diposting diperbarui
117 Pembaca
Like
Cara Cas Aki Basah 2024
© unsplash.com/dapperprofessional

Kenapa Aki Harus Dicas? Seberapa Penting Itu?

Kenapa Aki Harus Dicas? Seberapa Penting Itu?
pixabay.com/kaboompics

Aki adalah salah satu komponen penting untuk sebuah kendaran, baik motor, mobil, maupun truk. Lalu, apa itu aki? Aki atau accu merupakan sebuah baterai yang berperan sebagai sumber listrik untuk menjalankan mesin mobil dan menghidupkan sistem-sistem elektronik, seperti lampu, AC, radio, dan lain-lainnya.

Karena fungsinya yang teramat penting untuk mobil, maka sangat penting bagi Anda untuk rutin menjaga dan merawat aki mobil Anda. Bagaimanapun, seiring dengan seringnya penggunaan mobil, aki pun akan secara berkala kehilangan daya dan menjadi lemah. Lalu, salah satu cara untuk mengatasi aki yang sudah habis daya atau tekor adalah dengan mengecasnya.

Selain itu, aki sendiri umumnya terbagi menjadi dua (2) jenis yang meliputi aki basah atau wet battery dan aki kering atau dry battery. Kedua jenis aki pun dapat dicas untuk mengembalikan dayanya. Apakah mobil Anda adalah mobil lama yang menggunakan aki basah? Ingin tahu cara cas aki basah yang mudah dipahami?

Lewat artikel ini, kami akan menampilkan tips cas aki serta rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda beli untuk mendukung proses charging aki, mulai dari casan aki dengan indikator, aki mobil MF, portable charger aki, dan lainnya. Yuk, simak! 

Penyebab Aki Tekor dan Soak. Pahami Biar Gak Salah

Penyebab Aki Tekor dan Soak. Pahami Biar Gak Salah
freepik.com/jcomp

Otopaps mungkin penasaran bagaimana aki mobil bisa tekor ataupun soak. Berikut kami sajikan penjelasannya.

  • Usia Aki

Sudah menjadi hal yang umum bahwa setiap jenis aki memiliki umur yang berbeda-beda. Biasanya, umur aki mobil ini berkisar antara dua sampai tiga tahun tergantung dari kualitas dan intensitas penggunaannya. Jika nantinya aki mobil Anda sudah dekat atau mencapai batas umurnya, maka aki tersebut akan jauh lebih mudah kehabisan daya.

  • Sistem Pengisian

Ketidakfungsian sistem pengisian juga menjadi penyebab tekornya aki mobil. Hal ini biasanya terjadi ketika alternator atau regulator tegangan tidak berfungsi dengan maksimal dan optimal. Jika sistem pengisian rusak, maka aki mobil tidak terisi penuh serta mudah kehabisan daya.

  • Penggunaan Aki yang Berlebihan

Penggunaan aki yang berlebihan juga menjadi faktor yang dapat membuat aki mobil lebih cepat kehabisan daya. Penyebab-penyebab ini biasanya meliputi lampu atau penerangan mobil yang terus menyala, penggunaan radio yang berlebihan, maupun penggunaan air conditioner atau AC yang berlebihan dalam waktu yang lama.

  • Terminal Aki yang Rusak Karena Korosi

Otopaps, korosi yang terjadi pada terminal aki juga dapat membuat performa dari aki mobil Anda. Kenapa? Adanya korosi pada terminal aki dapat menyebabkan arus listrik atau setrum tidak mengalir dengan baik. Untuk itu, cek dan pastikan terminal aki selalu ada dalam kondisi bersih.

Sesuai dengan penelitian dari Imam Prasetyo dan Iwan Saputro (2018) berjudul Perbaikan Dan Perawatan Aki Basah, dijelaskan bahwa aki yang airnya kurang dan terminalnya berkarat dapat menyebabkan kesulitan untuk menstarter mesin mobil dan menyalakan sistem aksesoris kendaraan.

  • Tidak Digunakan dalam Waktu yang Lama

Percaya gak kalau mobil yang tidak digunakan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan aki tekor? Itu benar Otopaps. Oleh karena itu, sering-seringlah memanaskan mobil Anda meski tidak Anda pakai agar aki Anda tidak cepat tekor.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Cas Aki Basah - Terbaru 2024

Pada dasarnya, charging atau ngecas aki mobil basah maupun kering adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Otopaps bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu memanggil seorang mekanik bengkel. Lantas, bagaimana cara ngecas aki? Baca penjelasan mengenai cara charger aki basah yang benar di bawah untuk mengetahuinya!

1
Lepaskan Aki dari Mobil

Lepasin Dulu Aki Mobil Sebelum Ngecas Aki

Lepaskan Aki dari Mobil

2
Buka Tutup Aki

Buka Tutup Aki Biar Gak Terjadi Hal-Hal yang Gak Diinginkan

Buka Tutup Aki

3
Pasang Kabel Charger ke Aki

Mulailah Memasang Kabel Charger Aki. Pastikan Rapat, Ya!

Pasang Kabel Charger ke Aki

4
Hidupkan Charger Aki dan Atur Saklar ke Posisi yang Tepat

Nyalakan Charger Aki dan Atur Saklar dengan Tepat

Hidupkan Charger Aki dan Atur Saklar ke Posisi yang Tepat

5
Tunggu Sampai Proses Charging Aki Selesai

Tunggu Aja Proses Mengecasnya. Sambil Nyemil atau Tidur

Tunggu Sampai Proses Charging Aki Selesai

6
Matikan Charger Aki dan Pasang Kembali Aki ke Mobil

Proses Charging Selesai, Tinggal Matiin Charger Aki dan Pasang Kembali Aki ke Mobil

Matikan Charger Aki dan Pasang Kembali Aki ke Mobil

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lepasin Dulu Aki Mobil Sebelum Ngecas Aki
© freepik.com/standret
1
Lepasin Dulu Aki Mobil Sebelum Ngecas Aki

Lepaskan Aki dari Mobil

Rekomendasi kami

Panduan pertama cara cas aki basah adalah melepas aki mobil Anda terlebih dahulu dengan mengeluarkannya dari mobil. Saat proses melepas aki, Anda harus berhati-hati karena ada beberapa tipe mobil yang memerlukan reset ECU yang jika Anda salah langkah saja, itu dapat membuat performa mobil menurun.

Lalu, kenapa saya harus melepas aki saat ingin mengecasnya? Kenapa tidak langsung mengecasnya saat akinya masih terpasang dalam mobil? Nyatanya, melepaskan aki sebelum dicas merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan Anda dan mobil Anda saat proses charging berlangsung.

Pasalnya, saat proses charging berjalan, air aki mobil Anda biasanya akan mendidih. Nah, air aki yang mendidih ini nantinya dapat menghasilkan gelembung-gelembung air yang keluar lewat ventilasi accu dan terciprat keluar.  Cipratan-cipratan air aki ini jika mengenai mobil dapat menyebabkan korosi sedangkan jika terkena kulit dapat menyebabkan rasa gatal.

Dengan mempertimbangkan risiko-risiko di atas, maka penting bagi Anda untuk selalu melepas aki dari mobil Anda sebelum melakukan charging. Ini semua demi keamanan Anda!

Buka Tutup Aki Biar Gak Terjadi Hal-Hal yang Gak Diinginkan
© freepik.com/aopsan
2
Buka Tutup Aki Biar Gak Terjadi Hal-Hal yang Gak Diinginkan

Buka Tutup Aki

Rekomendasi kami

Jika Anda sudah melepas aki dan mengeluarkannya dari mobil, maka langkah selanjutnya adalah membuka tutup ventilasi pada aki yang sudah Anda keluarkan tadi. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengeluarkan gas bertekanan tinggi yang bisa saja menyebabkan penggelembungan dan ledakan pada baterai aki Anda.

Selain itu, membuka tutup ventilasi aki juga bertujuan untuk mengecek isi air aki sebelum Anda mengecasnya. Semisal air aki yang ada di dalamnya kurang, Anda bisa menambahnya dengan air aki. Saat mengisi aki dengan air aki, usahakan untuk tidak mengisinya sampai penuh. Sebaliknya, isilah hingga hanya menyisakan 1/3 bagian dari batas maksimum ketinggian air aki.

Jika sobat Otopaps bertanya kenapa, maka jawabannya adalah karena saat proses pengisian aki berlangsung, elemen dan sel dalam aki akan mengembang yang dapat mempengaruhi volume air aki. Mengacu pada hal ini, jika Anda mengisi aki Anda dengan air yang terlalu penuh, maka air aki tersebut akan meluber dan mengenai bodi aki Anda.

Mulailah Memasang Kabel Charger Aki. Pastikan Rapat, Ya!
© freepik.com/standret
3
Mulailah Memasang Kabel Charger Aki. Pastikan Rapat, Ya!

Pasang Kabel Charger ke Aki

Rekomendasi kami

Tutup ventilasi aki sudah terbuka? Air aki juga sudah terisi 1/3 dari volume aki? Kalau begitu, sekarang saatnya untuk memasang kabel charger ke aki basah mobil Anda. Saat proses pemasangan, pastikan untuk memasang kabel charger dengan urutan yang benar, dimulai dengan memasang kabel positif baru kabel negatif.

Selain itu, Otopaps juga harus memastikan jika posisi jepit pada kabel charger yang terpasang di kutub aki sudah kuat dan pas. Pasalnya, jika pemasangan kabel charger kurang kuat, itu dapat menimbulkan adanya percikan api. Jadi, pastikan kabel charger terpasang dengan kuat, ya!

Nyalakan Charger Aki dan Atur Saklar dengan Tepat
© freepik.com/peoplecreations
4
Nyalakan Charger Aki dan Atur Saklar dengan Tepat

Hidupkan Charger Aki dan Atur Saklar ke Posisi yang Tepat

Rekomendasi kami

Jika Anda sudah yakin kabel charger sudah terpasang dengan kuat dan pas, maka Anda bisa mulai menghidupkan alat charger aki. Setelah itu, aturlah saklar pengisi daya ke posisi yang tepat. Biasanya, dalam sebuah alat charger aki, ada tiga saklar yang bisa Anda atur yang meliputi saklar pengatur arus tegangan, saklar tegangan, dan saklar pengatur waktu pengisian daya.

Lalu, bagaimana cara mengatur saklar di posisi yang tepat? Anda bisa mengikuti panduan penggunaan yang ada di buku petunjuk alat charger aki Anda. Baca dan aturlah posisi saklar sesuai dengan yang sudah tertulis di buku panduan.

Tunggu Aja Proses Mengecasnya. Sambil Nyemil atau Tidur
© freepik.com/jcomp
5
Tunggu Aja Proses Mengecasnya. Sambil Nyemil atau Tidur

Tunggu Sampai Proses Charging Aki Selesai

Misalkan semua proses persiapan untuk charging aki sudah siap, mulai dari air aki yang sudah terisi, kabel charger yang sudah terpasang dengan pas, dan saklar yang sudah ada di posisi yang tepat. Maka, kini Anda hanya perlu menunggu proses pengisian aki basah mobil Anda sampai selesai. Proses pengisian ini berlangsung secara otomatis, jadi Anda hanya perlu menunggunya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ngecas aki basah sampai penuh? Untuk durasi pengisiannya, itu tergantung kapasitas aki dan pengaturan alat cas aki yang Anda gunakan. Biasanya, setiap aki memiliki dua mode pengisian, slow charging dan fast charging

Nah, semisal Otopaps menggunakan mode slow charging, aki Anda mungkin akan terisi penuh sekitar 7 jam pengisian. Sebab arus listrik atau stroom maksimal yang digunakan pada mode ini hanya sekitar 10%. Sebaliknya, saat Anda memilih mode fast charging, maka aki Anda sudah bisa terisi dalam waktu 3 jam karena arus strum yang digunakan sampai 40%.

Proses Charging Selesai, Tinggal Matiin Charger Aki dan Pasang Kembali Aki ke Mobil
© freepik.com/drazenzigic
6
Proses Charging Selesai, Tinggal Matiin Charger Aki dan Pasang Kembali Aki ke Mobil

Matikan Charger Aki dan Pasang Kembali Aki ke Mobil

Lanjut ke cara charger aki basah yang benar yang terakhir adalah mematikan saklar charger dan mencabut stop kontak alat charger aki dari arus listrik atau setrum. Jika sudah, Anda bisa kembali memasang aki basah Anda ke tempat semula di mobil. Oh iya, jangan lupa untuk kembali memasang tutup ventilasi aki dan pastikan sudah tertutup dengan rapat, ya.

Saat memasang kembali aki ke mobil, Anda juga harus memperhatikan urutan pemasangan yang benar. Mulailah dari terminal positif terlebih dahulu kemudian baru terminal negatif.

Tanya Jawab Seputar Cara Cas Aki Basah

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang paling banyak ditanyakan seputar cara cas aki basah. Silakan cek!

Cas aki basah apakah harus dibuka tutupnya?

Sangat harus, sebelum memulai proses charging aki, Anda harus membuka tutup aki.

Apakah aki basah bisa di cas?

Tentu saja. Syaratnya adalah aki yang akan Anda charge tidak dalam kondisi rusak.

Berapa lama cas aki basah baru?

Tergantung dari tegangan volt dan kapasitas ampere dari aki mobil Anda, waktu pengecasan akan berbeda. Dalam kata lain, aki dengan 12V-10Ah, 12V-40Ah, 12V-60Ah, 24V-200Ah memiliki waktu pengecasan yang berbeda, entah itu 20 menit, 30 menit, 1 jam, 7 jam, maupun 12 jam.

Berapa lama cas aki 12 volt?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengecas aki 12 volt dengan kapasitas 3 sampai 7 ampere biasanya sekitar 30 menit sampai satu jam.

Kesimpulan: Cara Cas Aki Basah

Demikianlah sedikit panduan mengenai cara cas aki basah yang baik dan benar. Bisa dibilang cara ini mirip dengan charging HP, namun Anda lakukan di sebuah kendaraan.

Bagaimanapun, aki merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Oleh karena itu, menjaga dan merawat aki dengan rutin mengecasnya menjadi hal yang penting harus Anda lakukan secara rutin. Karena Otopaps sudah paham tentang tips ngecas aki basah, jadi jangan lupa untuk selalu charging aki mobil Anda, ya. Semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo