Hide Menu

Ban Sepeda Kenda vs Maxxis Bagus Mana? Perhatikan 3 Perbedaannya dan Pilih yang Sesuai!

Perbandingan Ban Sepeda Kenda vs Maxxis Berdasarkan 3 Aspek: Pilihan Ban Sepeda, Ketahanan, dan Harga

Artikel Ban Sepeda Kenda vs Maxxis ini diposting diperbarui
35 Pembaca
Like
Ban Sepeda Kenda vs Maxxis 2024
© freepik.com

Ban Sepeda Kenda vs Maxxis, Bagus Mana?

Ban Sepeda Kenda vs Maxxis, Bagus Mana?
freepik.com

Di luar sana, ada banyak sekali merk terbaik yang menawarkan berbagai ban berkualitas, contohnya saja IRC, Maxxis, Kenda, Swallow, CST, dan Kingland. Dari semua merek ini, nama Maxxis dan Kenda adalah dua merek yang paling banyak dicari karena kualitasnya tinggi dan bagus.

Kedua merek ini pun sama-sama menghadirkan beragam ban berkualitas untuk berbagai jenis sepeda. Sebut saja sepeda gunung atau MTB, sepeda ontel, sepeda BMX, sepeda fixie, sepeda kota atau roadbike, sepeda lipat, sepeda anak, sampai sepeda balap alias sepeda racing.

Lantas, lebih bagus mana antara ban sepeda Kenda vs Maxxis? Jika Anda ingin tahu jawabannya, baca saja artikel ini sampai habis. Pasalnya, tim Otopapa akan menunjukkan perbandingan antara ban sepeda dari merek Kenda dan Maxxis berdasarkan 3 aspek. So, mulailah baca!

Mengenal Merek Kenda

Mengenal Merek Kenda
freepik.com

Kenda merupakan merek ban asal Taiwan yang telah eksis di industri ban sejak 6 dekade yang lalu, tepatnya pada tahun 1962. Sejak 60 tahun keberadaannya di industri ban, perusahaan besar ini telah menghadirkan berbagai jenis bahan untuk beragam macam kendaraan dari sepeda, motor matic, mobil, alat turf, sampai kursi roda.

Dengan banyaknya jenis ban yang merek ini sediakan, Kenda tetap menomorsatukan kualitas di setiap produknya. Artinya, semua produk ban dari Kenda sudah terjamin kualitasnya, baik dari segi material, daya tahan, maupun kemampuan cengkeraman untuk melewati berbagai medan jalanan. Jadi, Anda tidak perlu lagi ragu dengan kualias ban Kenda.

Khusus untuk ban sepeda, Kenda menawarkan banyak model ban untuk berbagai jenis sepeda. Sebut saja sepeda mountain bike (MTB) atau sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda cross country, sampai roadbike. Bahkan, Anda bisa juga memilih ban berdasarkan kondisi jalan yang ingin Anda taklukkan, entah itu trotoar, lumpur, bebatuan, maupun salju.

Mengenal Merek Maxxis

Mengenal Merek Maxxis
freepik.com

Sama seperti Kenda, Maxxis juga merupakan merek asal Taiwan yang menawarkan berbagai macam produk ban berkualitas tinggi. Kualitas ban dari merek ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Itu dibuktikan dengan bagaimana ban Maxxis sudah banyak digunakan di berbagai kejuaraan balapan dunia.

Pada awal berdirinya Maxxis 50 tahun yang lalu, perusahaan ini hanya menghadirkan ban sepeda. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, merek ini telah menciptakan banyak produk ban untuk berbagai macam kendaraan. Saat ini, Maxxis telah menawarkan produk ban untuk sepeda, ATV, motor, mobil matic, truk, alat turf, sampai mobil kart.

Nah, khusus untuk ban sepeda, Maxxis menawarkan produk untuk banyak jenis sepeda, mulai dari sepeda gunung atau MTB, BMX, roadbike, sepeda hybrid, sepeda gravel, dan masih banyak lagi. Jadi, entah Otopaps sedang mencari ban berkualitas untuk sepeda gunung maupun BMX, Maxxis bisa jadi pilihan yang bagus.

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Ban Sepeda Kenda vs Maxxis - Terbaru 2024

Berikut adalah 3 aspek perbandingan ban sepeda Kenda vs Maxxis yang meliputi pilihan model ban sepeda, performa, dan harga. Untuk penjelasannya, silakan baca poin-poin di bawah.

1
Pilihan Model Ban Sepeda

Merek Kenda Punya Pilihan Ban Sepeda yang Lebih Banyak Ketimbang Merek Maxxis

Pilihan Model Ban Sepeda

2
Performa

Butuh Performa Offroad? Pilih Maxxis. Jika Butuh Kenyamanan, Ambil Kenda

Performa

3
Harga

Harga Dua Merek Ini Tidak Jauh Berbeda, Tergantung dari Jenis Ban Sepeda yang Anda Pilih

Harga

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Merek Kenda Punya Pilihan Ban Sepeda yang Lebih Banyak Ketimbang Merek Maxxis
© freepik.com
1
Merek Kenda Punya Pilihan Ban Sepeda yang Lebih Banyak Ketimbang Merek Maxxis

Pilihan Model Ban Sepeda

Rekomendasi kami

Perbedaan pertama antara ban sepeda Kenda vs Maxxis terletak pada pilihan produknya. Seperti yang sudah Anda baca di awal artikel, kedua merek ini sama-sama menawarkan berbagai produk ban untuk bermacam-macam jenis sepeda.

Hanya saja, dalam hal ini, Kenda lebih unggul karena menghadirkan 80 macam produk ban sepeda. Kedelapan puluh ban sepeda ini pun terbagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jenis sepedanya. Berikut adalah kategori ban dari merek Kenda.

Kategori Produk Ban Sepeda Kenda

All Mountain – TrailBMXCity – Trekking
Cross Country – DowncountryDirt Jump – Park – SlopestyleDownhill – Gravity
E-bikeFat – Plus TiresGravel – Adventure
Legacy – ArchivePreferredRoad

Selain itu, produk ban sepeda Kenda juga tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran 20×2.40, 24×1.75, 26×1.95, 27.5×2.80, sampai 29×2.60. Semua produknya pun sudah hadir dalam bentuk ban tubeless dengan diameter ring yang berbeda, seperti ring 12, ring 14, ring 16, ring 17, dan ring 19.

Di sisi lainnya, merek Maxxis hanya menghadirkan sekitar 44 jenis produk ban sepeda. Keempat puluh produk ini terbagi menjadi 5 kategori seperti road, hybrid, gravel, mountain, dan BMX. Lalu, dari lima kategori ini, produk ban Maxxis terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti yang ditunjukkan tabel di bawah.

Kategori Produk Ban Sepeda Maxxis

KategoriModelJumlah
RoadRace, Sport, Training4
Hybrid10
GravelDirt Road, Cyclocross6
MountainWet, Cross Country (XC), Trail, Enduro, Downhill19
BMXFreestyle, Race, Modified Trials5

Sama seperti merek Kenda, ban sepeda buatan Maxxis juga tersedia dalam berbagai macam ukuran, seperti 20×1.75, 24×1.85, 26×1.25, 26×1.95, 27.5×1.50, dan masih banyak lagi. Diameter dari produk ban sepeda Maxxis pun juga tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari ring 12, ring 14, ring 16, maupun ring 17.

Butuh Performa Offroad? Pilih Maxxis. Jika Butuh Kenyamanan, Ambil Kenda
© freepik.com
2
Butuh Performa Offroad? Pilih Maxxis. Jika Butuh Kenyamanan, Ambil Kenda

Performa

Aspek kedua yang membedakan ban sepeda Kenda vs Maxxis ada pada performanya. Mari ambil contoh dua ban sepeda trail alias mountain bike dari kedua merek ini, yaitu Maxxis Aggressor dan Kenda Nevegal 2. Bagaimana performa dari kedua ban sepeda MTB ini? Mari temukan jawabannya di bawah.

Pertama, Maxxis Aggressor. Ini adalah ban sepeda MTB buatan Maxxis yang dibuat dari bahan EXO, sebuah bahan ringan dan fleksibel untuk meningkatkan daya tahan ban di berbagai jalanan berkerikil dan berbatuan. Lebih dari itu, ban ini juga dilengkapi dengan fitur DoubleDown (DD) untuk melindungi ban pada jalanan downhill yang menurun.

Tidak hanya itu, ban sepeda trail Maxxis Aggressor juga menggunakan konstruksi Wide Trail (WT) untuk kemampuan anti-slip. Penggunaan konstruksi WT ini berguna untuk mengoptimalkan tata letak serta profil tapak ban sehingga sepeda MTB Anda dapat melewati jalanan-jalanan gunung maupun jalanan downhill yang licin.

Di sisi lainnya, ban sepeda MTB Kenda Nevegal 2 dibuat dengan konstruksi Advanced Trail Casing (ATC) dan bahan K-Armor, memastikan ketahanannya di berbagai jalanan gunung dan trail. Dalam kata lain, adanya konstruksi ATC dan K-Armor membuat Kenda Nevagal 2 punya bobot yang ringan sekaligus fleksibel.

Lebih dari itu, ban sepeda trail Nevegal 2 ini juga telah menggunakan karet tapak ganda EN-DTC untuk memberikan keseimbangan pada keausan dan daya cengkeram ban. Karet EN-DTC ini pun membuat ban buatan Kenda memiliki performa kontrol dan pengereman yang bagus pada permukaan tanah.

Lantas, dari segi daya tahan, mana yang lebih bagus di antara ban sepeda Kenda vs Maxxis? Bisa dibilang itu tergantung dari preferensi dan kebutuhan Anda. Jika Anda butuh ban trail dengan kemampuan melintasi jalanan offroad yang menanjak dan menurun, maka pilihannya adalah Maxxis Aggressor.

Sebaliknya, jika Anda lebih suka menggunakan ban trail dengan tingkat kenyamanan yang baik dan kemampuan menikung yang baik, maka Anda bisa memilih Kenda Nevegal 2. Pada akhirnya, pilihan kembali pada diri Anda. Jadi, silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Dua Merek Ini Tidak Jauh Berbeda, Tergantung dari Jenis Ban Sepeda yang Anda Pilih
© freepik.com
3
Harga Dua Merek Ini Tidak Jauh Berbeda, Tergantung dari Jenis Ban Sepeda yang Anda Pilih

Harga

Rekomendasi kami

Berbicara tentang harga, tim Otopapa menemukan bahwa harga ban sepeda dari merek Kenda dan Maxxis itu berbeda. Ban mana yang lebih mahal dan mana yang lebih murah? Jawabannya tergantung dari jenis ban sepeda apa yang Anda pilih.

Untuk ban BMX, ban Kenda memiliki harga yang lebih mahal daripada ban buatan Maxxis. Di masing-masing situs resminya, ban BMX Maxxis memiliki harga sekitar 500 ribu sampai 550 ribu. Sementara harga ban BMX Kenda ada di angka 550 ribu rupiah sampai 650 ribu rupiah.

Namun untuk sepeda roadbike, ban dari merek Maxxis punya harga yang lebih mahal ketimbang ban buatan Kenda. Pasalnya, harga rata-rata dari ban sepeda roadbike Maxxis itu ada di angka 550 ribu rupiah sampai 1.5 juta rupiah. Di sisi lainnya, ban sepeda roadbike buatan Kenda punya harga sekitar 300 ribu rupiah sampai 1.1 juta rupiah.

Tanya Jawab Seputar Ban Sepeda Kenda vs Maxxis

Ban merupakan sebuah komponen penting pada semua kendaraan yang mempengaruhi kenyamanan, keselamatan, dan kecepatan (Alexander. W & Ivan. H, 2023). Karena itu, banyak pertanyaan seputar perbedaan ban sepeda Kenda vs Maxxis yang muncul di internet. Berikut adalah pertanyaan dan jawabannya, silakan cek!

Apa keunggulan ban Kenda?

Keunggulan dari ban sepeda Kenda ada pada kenyamanannya dan kemampuan di tikungan.

Ban luar sepeda yang bagus merk apa?

Ada banyak merek ban luar MTB terbaik yang tersedia di e-commerce Indonesia, seperti Maxxis, Kenda, Kingland, dan masih banyak lagi.

Dari mana asal ban Maxxis?

Maxxis merupakan merek ban terkenal yang berasal dari Taiwan. Merek ini menjual berbagai ban berkualitas untuk beragam jenis kendaraan seperti sepeda, motor, dan mobil.

Apa fungsi ban Maxxis?

Fungsi dari ban Maxxis adalah untuk memberikan traksi dan handling yang luar biasa di berbagai medan jalanan. Karena ini, merek Maxxis sangat cocok untuk Anda pertimbangkan jika Anda butuh ban sepeda gunung, ban sepeda roadbike, ban motor, dan ban mobil.

Kesimpulan: Ban Sepeda Kenda vs Maxxis

Itulah 3 aspek yang membedakan ban sepeda Kenda vs Maxxis yang meliputi pilihan model, performa, dan harga. Masing-masing dari merek ban sepeda ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dalam aspek performa, Maxxis adalah pilihan yang tepat jika Anda butuh ban sepeda berkualitas untuk melintasi berbagai medan jalanan offroad maupun aspal.

Sementara jika Anda lebih suka ban sepeda dengan tingkat kenyamanan yang baik, maka pilihan terbaik ada pada merek Kenda. Jadi, di antara ban sepeda Kenda dan Maxxis, manakah yang akan Otopaps pilih? Apakah itu ban sepeda dari merek Kenda atau justru dari merek Maxxis? Coba kasih tahu tim Otopapa dengan komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo