Hide Menu

Kenali 3 Arti Kode pada Oli Mesin Kendaraan dan Cara Membacanya, Ternyata Mudah!

Penjelasan Seputar Arti Kode pada Oli, Mulai dari SAE, API, dan JASO Beserta Cara Mudah Membacanya

Artikel Arti Kode pada Oli ini diposting diperbarui
12 Pembaca
Like
Arti Kode pada Oli 2024
© freepik.com

Pentingnya Mengetahui Arti Kode pada Oli

Pentingnya Mengetahui Arti Kode pada Oli
freepik.com

Sudah menjadi hal yang umum bahwasanya oli terbagi menjadi beberapa jenis tergantung tingkat viskositasnya atau kekentalannya. Karena hal ini, maka penting untuk memiliki wawasan yang cukup dalam memilih oli paling ideal agar performa kendaraan Otopaps tetap optimal.

Karena bagaimanapun, jika Anda menggunakan oli yang tidak sesuai spesifikasi motor atau mobil Anda, kemungkinan terburuknya adalah performa mesin kendaraan Anda berpotensi turun dan bahkan rusak. Lalu, untuk menemukan jenis oli yang paling cocok, Anda bisa mengetahuinya dengan membaca kode pada kemasan oli.

Apakah Anda belum tahu arti kode pada oli? Kalau begitu, artikel ini akan membantu menjelaskannya. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah membaca Otopaps!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Arti Kode pada Oli - Terbaru 2024

Ada tiga kode yang umumnya tercantum pada kemasan produk oli mesin, baik mobil maupun sepeda motor. Tiga kode tersebut adalah SAE, API, dan JASO. Seperti apa arti dari ketiga kode ini dan bagaimana cara membacanya? Terus scroll ke bawah untuk mengetahui jawabannya.

1
Arti Kode SAE

Ada Kode SAE 5W-30, 10W-30, 15W-40, dan 20W-50

Arti Kode SAE

2
Arti Kode API

API SN untuk Kendaraan Bensin dan API CJ untuk Kendaraan Bermesin Diesel

Arti Kode API

3
Arti Kode JASO

Kode untuk Oli Motor, JASO MA untuk Motor Bebek dan JASO MB untuk Motor Matic

Arti Kode JASO

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ada Kode SAE 5W-30, 10W-30, 15W-40, dan 20W-50
© freepik.com
1
Ada Kode SAE 5W-30, 10W-30, 15W-40, dan 20W-50

Arti Kode SAE

Rekomendasi kami

Mari mulai dari kode oli yang paling umum ditanyakan, yaitu SAE. Kode SAE merupakan singkatan yang berasal dari Society of Automotive Engineer. Ini merupakan sebuah organisasi internasional yang bertugas untuk menetapkan standarisasi kekentalan sebuah oli mesin kendaraan.

Biasanya, kode SAE pada kemasan oli bertuliskan 5W, 10W, 15W, 20W di depan yang kemudian diikuti oleh angka 30, 40, dan 50. Contoh-contoh kode SAE pada oli adalah 5W-30, 10W-30, 10W-40, 15W-40, dan 20W-50. Anda tentunya tidak asing dengan kode-kode ini, bukan? Lalu bagaimana cara membaca kode SAE?

Huruf W yang ada di belakang angka depan merupakan singkatan dari kata Winter. Jadi, angka dan huruf W di sini merujuk ke tingkat kekentalan oli pada suhu rendah alias dingin. Sementara itu, dua angka puluhan yang ada setelah huruf W berfungsi untuk indikasi tingkat kekentalan atau viskositas sebuah oli pada suhu tinggi alias panas.

Biasanya, semakin besar angkanya, maka semakin kental pula olinya. Masih bingung? Mari ambil contoh oli SAE 10W-30. Nah, oli dengan kode SAE 10W-30, artinya oli ini memiliki tingkat kekentalan 10 saat ada di suhu rendah, entah itu karena iklim yang dingin atau mesin kendaraan yang baru dinyalakan.

Sementara itu, angka 30 di belakangnya menunjukkan bahwa oli berkode SAE ini memiliki tingkat kekentalan 30 saat berada di suhu yang panas. Karena tingkat kekentalannya yang normal, tidak encer dan tidak terlalu kental, maka oli SAE 10W-30 menjadi jenis oli yang umumnya digunakan oleh kendaraan bermotor di Indonesia.

API SN untuk Kendaraan Bensin dan API CJ untuk Kendaraan Bermesin Diesel
© freepik.com
2
API SN untuk Kendaraan Bensin dan API CJ untuk Kendaraan Bermesin Diesel

Arti Kode API

Rekomendasi kami

Setelah kode oli SAE, ada juga kode oli API yang merupakan singkatan dari American Petroleum Institute. Kode API adalah kode standar yang berfungsi untuk menentukan kualitas oli sekaligus menunjukkan jenis kendaraan seperti apa yang cocok dengan oli tersebut.

Kode API umumnya memiki dua kode huruf tambahan di belakangnya, seperti API SN atau API CH. Nah, huruf pertama dari kode API berfungsi untuk menunjukkan jenis kendaraan yang cocok dengan oli ini. Huruf S mengacu ke jenis kendaraan bensin atau gasoline sementara huruf C merujuk ke kendaraan dengan mesin diesel.

Kemudian, huruf atau alfabet kedua dikhususkan untuk menentukan kualitas dari sebuah oli. Secara umum, semakin dekat huruf tersebut dengan huruf Z, maka semakin bagus pula kualitas oli tersebut. Mudahnya, oli API SN punya kualitas yang lebih bagus daripada oli API SG.

Kode untuk Oli Motor, JASO MA untuk Motor Bebek dan JASO MB untuk Motor Matic
© freepik.com
3
Kode untuk Oli Motor, JASO MA untuk Motor Bebek dan JASO MB untuk Motor Matic

Arti Kode JASO

Rekomendasi kami

Kode terakhir yang umumnya Anda temukan pada kemasan oli adalah JASO. JASO sendiri adalah singkatan Japanese Automotive Standart Association, sebuah organisasi Jepang yang bertugas untuk mengecek standar kualitas sebuah oli.

Oh ya, kode oli JASO hanya khusus untuk sepeda motor saja. Jadi, jika Anda menemukan oli dengan kode JASO, tandanya oli tersebut khusus untuk sepeda motor. Biasanya, oli dengan kode JASO selalu diikuti dengan huruf MA dan MB.

Lalu, apa fungsi dari dua huruf ini? Keduanya berfungsi untuk menentukan jenis sepeda motor yang cocok dengan sebuah oli. Oli dengan kode JASO MA cocok untuk motor dengan kopling basah, seperti motor bebek dan motor sport.

Sebaliknya, oli JASO MB adalah jenis oli mesin motor yang ideal untuk penggunaan motor dengan mesin kopling kering atau motor matic dan skutik (skuter matik). 

Tanya Jawab Seputar Arti Kode pada Oli

Sebelum Anda menutup artikel ini dan pergi membeli oli di online marketplace, ada baiknya Anda meluangkan sedikit waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah.

Oli SAE 10W-40 apa artinya?

Arti dari oli SAE 10W-40 adalah oli ini memiliki tingkat kekentalan 10 pada suhu dingin dan tingkat kekentalan 40 pada suhu panas.

Apa beda oli 5W-30 dengan 10W-40?

Perbedaan paling menonjol antara oli 5W-30 dengan 10W-40 terletak pada tingkat kekentalannya. Oli dengan SAE 5W-30 memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah alias encer daripada oli dengan spesifikasi SAE 10W-40. Untuk penjelasan yang lebih jelas, cek artikel kami tentang beda Oli 5W dan 10W.

Oli 10W-40 untuk apa?

Oli dengan spesifikasi SAE 10W-40 sangat cocok untuk kendaraan yang beroperasi di daerah dengan iklim yang panas.

Apa beda oli 2T dengan oli 4T?

Perlu untuk Anda ketahui bahwa huruf T di sini mengacu kepada kata “Tak”. Dalam kata lain, oli dengan spesifikasi 2T adalah oli yang penggunaannya cocok untuk motor 2 tak. Sementara oli 4T cocok untuk digunakan oleh motor yang punya kapasitas mesin 4 tak.

Kesimpulan: Arti Kode pada Oli

Bagaimanapun, oli memiliki fungsi yang amat penting untuk kendaraan. Menurut M. Arisandi et al (2012), fungsi oli atau pelumas adalah untuk mengurangi keausan serta gesekan dan fungsi lainnya seperti pendingin dan pembersih endapan kotoran pada mesin kendaraan.

Nah, fungsi ini bisa berjalan dengan baik jika Anda berhasil memilih dan menggunakan oli yang tepat sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Kemudian, untuk mengetahui jenis oli mana yang cocok dengan kendaraan Anda, Otopaps harus memahami kode-kode pada kemasan oli, seperti kode SAE, API, dan JASO.

Jadi, bagaimana sobat Otopaps? Apakah sudah tahu arti kode pada oli dan cara membacanya setelah membaca artikel ini? Jika sudah, Anda kini tidak perlu bingung lagi dalam memilih oli paling ideal untuk kendaraan Anda. Kalau Anda masih bingung memilih oli terbaik, klik saja produk yang sudah tim Otopapa sediakan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo