Hide Menu

Aki GS vs Yuasa Bagus Mana? Inilah Kelebihan dan Kekurangan dari Kedua Aki Terkenal Ini!

Di Bawah Ini adalah Penjelasan Seputar Perbedaan Aki GS vs Yuasa. Mana yang Punya Kualitas Lebih Bagus?

Artikel Aki GS vs Yuasa Bagus Mana ini diposting diperbarui
227 Pembaca
Like
Aki GS vs Yuasa Bagus Mana 2024
© istockphoto.com/Tomas_Mina

GS Astra dan Yuasa, Dua Merek Aki Paling Banyak Digunakan di Indonesia

GS Astra dan Yuasa, Dua Merek Aki Paling Banyak Digunakan di Indonesia
freepik.com/senivpetro

Kalau sudah berbicara masalah aki atau batre motor, maka GS Astra dan Yuasa adalah juaranya. Keduanya merupakan merek aki yang paling populer di Indonesia. Bukan hal yang mengherankan sebenarnya, pasalnya kedua aki ini sering dijadikan sebagai aki bawaan untuk motor matic maupun bebek dari pabrikan Honda ataupun Yamaha.

Aki Yuasa biasanya digunakan pada motor dari pabrikan Yamaha, seperti Aerox, Mio Sporty, X-Ride 125, Soul GT, Nmax. Jupiter, dan sebagainya. Sementara itu, Aki GS Astra umumnya digunakan pada motor dari pabrikan Honda, seperti Vario 125, Beat Fi, Scoopy, Genio, PCX, ADV, dan lain-lainnya.

Dengan popularitas dari kedua merk aki ini, kira-kira aki GS vs Yuasa bagus mana ya? Ingin tahu jawabannya? Baca artikel ini sampai habis!

A. Ulinnuha
Writer
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Otopapa. Meski Otopapa terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Otopapa. Silakan baca kebijakan editorial Otopapa untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Aki GS vs Yuasa Bagus Mana - Terbaru 2024

Jika dilihat dari gambar spare part motor, pertanyaan Aki GS vs Yuasa bagus mana jawabannya pasti sama saja. Namun, apa benar begitu? Kalau begitu, jangan buang waktu Anda dan segera baca section ini! Lewat section ini, tim Otopapa kami akan menampilkan keunggulan dan kekurangan dari kedua aki ini secara lengkap.

1
GS Astra

Aki Terpercaya dengan Kualitas yang Sudah Terbukti. Penyimpanan Listrik Besar dan Tahan Lama

GS Astra

2
Yuasa

Aki Berkualitas dengan Harga Lebih Terjangkau, Daya Tahan Sampai 7 Tahun

Yuasa

3
Aki GS vs Yuasa Bagus Mana?

Mana yang Paling Bagus? GS Astra atau Yuasa?

Aki GS vs Yuasa Bagus Mana?

Anda bisa percaya Otopapa. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Otopapa meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Aki Terpercaya dengan Kualitas yang Sudah Terbukti. Penyimpanan Listrik Besar dan Tahan Lama
© facebook.com/photo/GSAstraID
1
Aki Terpercaya dengan Kualitas yang Sudah Terbukti. Penyimpanan Listrik Besar dan Tahan Lama

GS Astra

Rekomendasi kami

Mari mulai dari aki GS Astra. Kelebihan utama dari aki buatan PT GS Battery ini terletak pada segi kelistrikan di mana arus listrik yang mengalir dari aki ini ke komponen-komponen kelistrikan motor terbilang besar. Dengan ini, maka komponen motor Anda yang membutuhkan aliran listrik seperti starter, lampu, dan klakson bakal punya performa yang maksimal.

Pilihan tipe aki yang tersedia di merek ini pun beragam dengan puluhan model, mulai dari aki kering, aki basah, dan aki hybrid. Dalam kata lain, itu berarti Anda punya banyak pilihan untuk memilih tipe aki yang paling cocok dengan spesifikasi motor Anda, entah itu motor matic maupun motor bebek.

Daya tahan juga menjadi keunggulan dari aki motor GS Astra. Saat Anda mengganti aki motor Anda dengan aki GS Astra, maka Anda sudah tidak perlu mengganti aki motor Anda selama 4 sampai 5 tahun. Meski begitu, Anda tetap harus melakukan perawatan terhadap aki GS Astra Anda agar umurnya bisa lama.

Sementara untuk kekurangan dari aki ini ada pada harganya. Jika dibandingkan dengan produk aki dari merk lainnya, entah itu Motobatt, Amaron, atau Federal, aki GS Astra ini punya harga yang lebih mahal sekitar 180 ribu sampai 280 ribu.

Aki Berkualitas dengan Harga Lebih Terjangkau, Daya Tahan Sampai 7 Tahun
© openkerja.id/pt-yuasa-battery-indonesia
2
Aki Berkualitas dengan Harga Lebih Terjangkau, Daya Tahan Sampai 7 Tahun

Yuasa

Rekomendasi kami

Mari berpindah ke aki Yuasa yang mana punya performa  sebelas dua belas dengan GS Astra dalam hal daya tahan. Benar sekali! Perihal daya tahan, aki Yuasa ini sudah terkenal karena ketahanannya untuk terus menerus dipakai dalam jangka waktu 5 sampai 7 tahun jika Anda melakukan perawatan secara rutin.

Pilihan jenis aki motor yang tersedia pun juga beragam. Ada tiga pilihan yang bisa Anda pilih, aki konvensional, aki Yumicron, dan aki maintenance free. Yang paling laris di pasaran adalah aki dengan jenis maintenance free alias aki kering. Di samping itu, masing-masing dari jenis aki Yuasa di atas punya model yang berbeda-beda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Jika harga menjadi kekurangan dari aki GS Astra, maka sebaliknya, harga justru menjadi keunggulan dari aki Yuasa. Jika dibandingkan dengan aki GS Astra, aki Yuasa justru punya harga yang lebih murah. Memangnya berapa harganya? Secara rata-rata, harga dari aki Yuasa berkisar antara 120 ribu sampai 260 ribu.

Meski punya daya tahan pemakaian yang lama serta harga yang terjangkau, sayangnya aki Yuasa ini dikenal punya daya penyimpanan listrik yang kurang stabil. Dalam kata lain, ketika Anda menggunakan aki ini untuk menyalakan mesin motor di pagi hari, Anda mungkin harus menggunakan starter kaki terlebih dahulu. Sedikit kurang efisien, ya? 

Mana yang Paling Bagus? GS Astra atau Yuasa?
© freepik.com/jcomp
3
Mana yang Paling Bagus? GS Astra atau Yuasa?

Aki GS vs Yuasa Bagus Mana?

Section ini dibuat untuk menyimpulkan pembahasan dari dua section sebelumnya. Sederhananya, aki GS Astra dan aki Yuasa punya kualitas yang hampir sama. Yang membedakan antara keduanya hanya terletak pada daya tahan pemakaian, daya penyimpanan kelistrikan, serta harga.

Jadi, jika Anda sedang mencari aki motor berkualitas dengan daya tahan sekitar 4 sampai 5 tahun serta performa penyimpanan listrik yang besar dan tidak masalah dengan harga yang mahal, maka aki GS Astra cocok untuk Anda.

Sebaliknya, jika Anda mencari aki motor dengan harga yang lebih terjangkau namun dengan kualitas yang hampir mirip dengan aki GS Astra, maka aki Yuasa bisa menjadi alternatif yang bagus.

Selain itu, perlu untuk Anda ketahui bahwasanya kedua aki ini cocok untuk jenis motor matic maupun bebek dari berbagai pabrikan motor. Dalam kata lain, Anda bisa menggunakan aki GS Astra dan Yuasa untuk pabrikan motor Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki, dan lainnya.

Tanya Jawab Seputar Aki GS vs Yuasa Bagus Mana

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang banyak orang-orang tanyakan berkaitan dengan topik aki GS vs Yuasa bagus mana. Silakan cek!

Apakah aki merek GS bagus?

Bagus, aki motor maupun mobil dari merek GS Astra sudah terjamin kualitasnya dalam aspek daya tahan dan performa.

Apakah merek aki Yuasa bagus?

Sama seperti aki dari merek GS Astra, aki Yuasa juga merupakan jenis aki motor dan mobil yang sudah terkenal karena kualitasnya yang bagus.

Apakah aki GS ada yang palsu?

Sayangnya, ada. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa membedakan aki GS Astra asli dan palsu hanya dengan melihat kemasan atau kardus aki dan badan aki. Aki GS Astra palsu biasanya tidak ada tulisan Astra Otoparts, sedangkan aki GS Astra ada.

Aki apa yang bagus untuk motor?

Ada banyak merek aki yang bagus untuk motor Anda, seperti GS Astra, Yuasa, Incoe, Motobatt, Aspira, Amaron, Nagoya, Federal, Alkaline, dan Toyo.

Berapa pilihan ampere aki GS Astra?

Untuk pilihan ukuran ampere, aki GS Astra tersedia dalam kapasitas ampere mulai dari 3.5Ah, 7Ah, 10Ah, sampai 60Ah, tergantung dari jenis aki yang akan Anda beli.

Kesimpulan: Aki GS vs Yuasa Bagus Mana

Menurut Leonandi Agustian (2015), aki atau baterai merupakan komponen penting yang diperlukan oleh setiap kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, untuk menghidupkan lampu, klakson, maupun sistem starter. Nah, mempertimbangkan pentingnya sebuah aki, maka penting juga bagi Anda untuk selalu menggantinya aki lama Anda dengan aki yang baru.

Dari semua merek aki yang ada di luar sana, nama GS Astra dan Yuasa adalah yang paling laris di pasaran. Lalu, aki GS vs Yuasa bagus mana? Sebagai kesimpulan, jawaban review atas pertanyaan tersebut adalah tidak ada. Sebab, keduanya punya kualitas yang hampir sama.

Tergantung dari preferensi Anda, GS Astra mungkin bisa jadi pilihan bagus jika Anda mencari aki premium dengan penyimpanan listrik yang besar. Sebaliknya, aki Yuasa bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang butuh aki dengan harga terjangkau namun tetap punya kualitas bagus.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Otopapa adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Otopapa mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo